Bukan Karena Makanan, Ini 5 Hal Yang Menyebabkan Berat Badan Naik

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

DokterSehat.Com– Anda sedang tidak dalam diet menaikkan berat badan, tapi kok berat badan tiba-tiba naik ya? Umumnya berat badan naik diakibatkan asupan makanan berlebihan dan aktivitas fisik yang kurang. Namun ada juga lho beberapa hal yang kerap kita lakukan yang ternyata bisa menaikkan berat badan.

Beberapa hal yang menyebabkan berat badan naik tanpa disadari umumnya berkaitan dengan kebiasaan harian atau mungkin kondisi fisik dan medis tertentu. Untuk itu kita harus menyadari apa saja hal yang bisa menyebabkan berat badan naik, agar saat kita mengalaminya kita bisa mengatur kondisi tubuh dengan baik.

Menurut pakar kesehatan William Blahd, MD, beberapa hal yang bisa menyebabkan berat badan naik, antara lain:

1. Tidur tidak teratur

Sering begadang, tidur tidak teratur atau bahkan terlalu banyak tidur, bisa menyebabkan tubuh mengalami kenaikan berat badan lo. Begadang kerap dikaitkan dengan berat badan yang naik karena dihubungkan dengan kebiasaan ngemil saat begadang. Tidur yang tidak teratur tentu membuat tubuh bisa jadi mendapatkan pola tidur yang baik, hal ini tentu memengaruhi pola makan dan pola hidup hingga kesehatan tubuh secara umum.

2. Stress

Meskipun efeknya pada beberapa orang berbeda , sebagian besar stress justru menyebabkan tubuh mengalami kenaikan berat badan. Tekanan pada fisik dan mental akan memegaruhi keinginan untuk makan menjadi lebih besar. Hal inilah yang menyebabkan berat badan menjadi naik.

3. Konsumsi obat antidepressan

Efek samping dari konsumsi obat anti depressan adalah terjadinya kenikan berat badan. Penggunaan obat ini pada awal pengobatan memang mendatangkan manfaat yang baik, namun konsumsinya terbukti meningkatkan berat badan.

4. Obat steroid

Selain obat antidepresan, obat steroid sebagai obat yang cukup sering dikonsumsi saat mengalami peradangan, bisa menyebabkan tubuh mengalami kenaikan berat badan karena meningkatkan nafsu makan. Namun umumnya konsumsi dalam jangka pendek tidak banyak memengaruhi berat badan.

5. Kondisi hipotiroid

Kondisi gangguan hormon tiroid ini terbukti memengaruhi cukup banyak hal, umumnya kondisi ini menyebabkan tubuh merasa lemah dan lemas, namun justru meningkatkan berat badan. Hal ini disebabkan metabolisme tubuh terkait tiroid yang terganggu.

Nah, coba Anda perhatikan lima hal diatas, adakah salah satunya yang menyebabkan berat badan Anda tiba-tiba naik?