Bukan Hanya Zat Besi, Ini Gizi Yang Juga Penting Atasi Anemia

doktersehat-vitamin-C-buah-jeruk
Photo Credit: Flickr.com/Robynlou Kavanagh

DokterSehat.Com– Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata anemia zat besi? Umumnya akan terbersit bahwa gizi yang penting dalam anemia ini adalah zat besi, ya. Padahal ada juga lho zat gizi lain juga mendukung fungsi zat besi dalam mengatasi anemia.

Seperti yang kita ketahui, zat besi memang penting saat mengalami anemia. Hal ini dapat dipenuhi dari konsumsi makanan sumber zat besi atau konsumsi tablet tambah darah. Keduanya merupakan hal vital yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

Vitamin C juga mendukung pemenuhan zat besi tubuh

Selain zat besi, salah satu zat gizi yang kerap luput padahal sangat penting dalam mengatasi anemia adalah vitamin C. Pemenuhan kebutuhan zat besi dan vitamin C secara beriringan akan sangat baik untuk mencegah ataupun menangani anemia.

Fungsi vitamin C dalam mengatasi anemia

Kira-kira, mengapa vitamin C sangat penting untuk penanganan anemia? Ternyata vitamin C merupakan salah satu zat yang mendukung penyerapan zat besi dalam tubuh menjadi lebih baik.

Vitamin C juga membantu penyimpanan zat besi pada organ hati, hal ini yang kemudian dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah karena ketersediaan dan penyerapan zat besi yang sangat baik dalam darah.

Dosis vitamin C untuk cegah dan atasi anemia

Konsumsi vitamin C sesuai dengan kebutuhan, 75 mg untuk orang dewasa wanita dan 90 mg untuk pria, disebut sudah mampu mendukung fungsi zat besi hingga mencegah anemia.

Angka ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 3-4 porsi buah tinggi vitamin C misalnya jeruk, stroberi atau jambu.

Sedangkan, para pakar menganjurkan konsumsi suplemen vitamin C sebesar 250 mg pada penderita anemia zat besi. Hal ini disebabkan vitamin C pada dosis tersebut mampu meningkatkan penyerapan zat besi lima kali lebih baik.

Selain itu, dosis tersebut merupakan dosis yang sesuai agar asupan vitamin C tubuh tidak berlebihan.

Nah, jadi kini bukan hanya zat besi saja yang perlu diperhatikan dalam mengatasi anemia, vitamin C juga perlu, ya.