Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah sering mendengar tentang salmonela, kan? Ya, bakteri yang menjadi salah satu penyebab keracunan makanan paling berbahaya ini kerap kita waspadai pada olahan telur. Namun sebenarnya salmonela tidak hanya ada pada telur saja lho.

Bukan Hanya Telur, Salmonela Juga Ada Di 3 Makanan Ini

Salmonela merupakan bakteri yang bisa ada pada banyak jenis makanan yang berisiko kontak langsung dengan feses binatang. Hal inilah yang menyebabkan telur menjadi bahan makanan paling berisiko terkena salmonela.

Makanan yang terkontaminasi salmonela jika dikonsumsi akan menyebabkan gangguan pada perut, demam dan diare pada 12-72 jam dan kondisi tersebut bisa terjadi selama 4-7 hari.

Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi kita mengetahui apa saja bahan makanan lain yang juga rentan terkontaminasi salmonela, diantaranya:

1. Bahan makanan segar

Sayuran segar seperti tomat, cabai, sayur berdaun untuk salad, pepaya dan beberapa jenis kecambah memiliki risiko terpapar salmonela, karena umumnya ditanam di media yang hangat dan lembab serta lazim dikonsumsi langsung dalam bentuk segar atau dengan sedikit saja pengolahan. Untuk menghindarinya usahakan selalu membersihkan bahan makanan segar dengan tepat dan disimpan pada suhu kulkas.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Makanan olahan yang melalui pemrosesan

Keripik, kue kering, selai kacang dan makanan olahan lain berisiko mengalami kontaminasi salmonela. Hal ini bisa terjadi karena adanya paparan dari bahan makanan mentah yang digunakan sebagai bahan baku. Untuk menghindarinya usahakan untuk memastikan kualitas makanan, jika makanan dapat dipanaskan kembali maka kita dianjurkan memanaskan pada suhu di atas 70 derajat celsius.

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

3. Daging mentah

Olahan daging mentah, utamanya yang digiling, sangat rentan terkontaminasi bakteri salmonela. Hal ini tentu sulit dikenali, utamanya jika daging giling telah dicampur dengan bahan makanan lain. Sama seperti makanan olahan, pencegahan kontaminasi dilakukan dengan pemanasan bahan makanan di atas 70 derajat celsius.

Nah, itu dia bahan makanan yang rentan terkontaminasi salmonela. Kini saat kita mengolah ketiga bahan makanan di atas harus lebih ekstra hati-hati, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi