Bolehkah Buka Puasa dengan Es Teh Manis?

doktersehat-es-teh

DokterSehat.Com– Salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa adalah es teh manis. Rasanya yang manis dan dingin bisa menyegarkan mulut dan kerongkongan yang tak mendapatkan asupan cairan apapun seharian. Hanya saja, apakah tidak apa-apa jika kita langsung minum es teh manis untuk membatalkan puasa?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa minum es teh manis untuk berbuka puasa boleh untuk dilakukan. Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh rasa manis di dalam es teh didapatkan dari kandungan gula sukrosa yang jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu kenaikan gula darah dengan cepat dan kemudian diikuti dengan penurunan kadar gula darah dengan drastis. Hal ini akan membuat tubuh terasa lemas, tidak segar, dan mudah mengantuk setelah berbuka puasa.

Selain es teh manis, makanan berkarbohidrat seperti nasi juga bisa meningkatkan kadar gula darah. Hanya saja, proses penyerapannya cenderung tidak secepat jika kita mengonsumsi es teh manis sehingga efek lemas dan mengantuk saat berbuka tidak begitu terasa.

Es teh termasuk dalam minuman yang kaya akan kandungan kafein. Padahal, kandungan ini bersifat diuretik atau menguras cairan tubuh. Padahal, selama seharian kita tidak mendapatkan asupan cairan apapun sehingga sangat rentan terkena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Minuman lain yang bisa memicu efek diuretik adalah kopi dan minuman bersoda. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak terlalu banyak mengonsumsinya setelah berbuka puasa.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi air putih saat berbuka puasa. Tak hanya ampuh menghilangkan rasa haus, air putih juga efektif menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. Andai kita ingin mengonsumsi minuman dengan rasa yang segar, air kelapa muda bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena kaya akan elektrolit. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan sirup atau gula pada air kelapa muda karena bisa membuatnya menjadi kurang sehat.