DokterSehat.Com– Tidak semua orang cukup beruntung untuk bisa berbuka puasa di rumah bersama dengan keluarganya. Karena berbagai keperluan, mereka pun harus berbuka di jalan. Sebagian memilih untuk pergi ke tempat makan terdekat, namun ada juga yang memilih untuk mengonsumsi minuman atau camilan yang memang sengaja dibawa sebagai bekal.

doktersehat-cara-atur-minum-puasa

Jika kita termasuk dalam orang yang kerap berbuka puasa di jalan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak membeli gorengan. Meskipun memang sangat menggoda karena rasa dan aromanya yang sangat nikmat, gorengan sangat tidak sehat bagi kesehatan tubuh kita. Tak hanya kaya akan minyak dan kandungan lemak jahat yang bisa memicu dampak buruk bagi berat badan dan kesehatan jantung, gorengan juga kaya akan kalori.

Hanya saja, jika memang tidak ada pilihan selain gorengan di sekitar kita, ada baiknya kita menghindari gorengan yang dicampur dengan tepung.

Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk membeli air putih botolan yang bisa didapatkan di mini market atau warung terdekat, bukannya air es yang dijual di pinggir jalan dengan rasa yang manis. Sebagai contoh, es buah memang dibuat dari bahan yang sehat, namun, kandungan gula dari sirup yang dipakai dalam minuman ini sangat tinggi sehingga bisa memicu kenaikan berat badan atau bahkan meningkatkan risiko diabetes.

Jika memang kita terbiasa berbuka puasa di perjalanan, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk membawa bekal sendiri yang tentu jauh lebih sehat. Tak harus bekal berupa makanan berat, satu botol air putih, beberapa kurma, atau beberapa biskuit bisa menjadi hidangan pengganjal perut saat berbuka puasa. Mengonsumsi buah juga bisa menjadi pilihan yang sehat untuk berbuka puasa.

Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat ini saat berbuka, maka kita pun bisa kembali mendapatkan energi yang hilang setelah tidak mengonsumsi apapun seharian.