Terbit: 24 Mei 2021 | Diperbarui: 25 Mei 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Budaya hidup sehat merupakan konsep hidup yang berkelanjutan untuk mencapai hidup yang sehat secara fisik dan mental. Simak penjelasan selengkapnya mulai dari definisi, cara menerapkan, hingga manfaat dari hidup sehat!

9 Tips Budaya Hidup Sehat dan Manfaatnya untuk Tubuh

Apa yang Dimaksud dengan Budaya Hidup Sehat?

Budaya hidup sehat adalah perencanaan hidup yang bertujuan untuk menjadikan tubuh lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Ini dengan melakukan perubahan pola hidup yang tadinya buruk menjadi lebih baik, misalnya mulai makan makanan sehat, rajin olahraga, dan berfikir positif.      

Hidup sehat bagi kebanyakan orang berarti kesehatan fisik dan mental seimbang atau berfungsi bersama dengan baik. Kesehatan fisik dan mental sangat erat kaitannya, sehingga perubahan (baik atau buruk) salah satu secara langsung dapat memengaruhi yang lain. Oleh karenanya, fisik dan mental harus seimbang agar hidup tetap sehat.

Cara Menerapkan Budaya Hidup Sehat

Jika ingin mempertahankan gaya hidup sehat, Anda perlu melakukan beberapa perubahan dari yang kecil sekalipun. Awalnya mungkin terasa sulit untuk beradaptasi, tetapi ketika merasakan perbedaannya, Anda akan yakin bahwa itu sangat bermanfaat.

Berikut ini cara menerapkan budaya hidup sehat:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

1. Minum Air yang Cukup

Cukup minum air sangat baik untuk tubuh, karenanya pastikan tubuh terhidrasi dengan baik jika tidak ingin mengalami masalah kesehatan. Dehidrasi adalah salah satu faktor utama yang berdampak negatif pada kesehatan secara umum. Ketika tidak minum air yang cukup, ini akan menghambat organ dan sistem tubuh berfungsi sebagaimana mestinya.

Jumlah air minimum yang disarankan per hari adalah sebanyak delapan gelas. Hal yang penting adalah cukup minum air dan jangan terlalu banyak minum teh, kopi, atau minuman bersoda. Beberapa minuman ini bersifat diuretik, yang memperburuk dehidrasi. Sementara minuman dengan kandungan banyak gula dan nol kalori, dapat meningkatkan risiko hiperglikemia dan diabetes.

2. Makan Makanan Bergizi

Makanan sehat adalah makanan bernutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makan makanan sehat mancakup buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian adalah yang Anda butuhkan untuk mendapatkan energi yang optimal.

Bagaimanapun, Anda benar-benar adalah apa yang Anda makan. Untuk itu, makanlah berbagai makanan dari semua kelompok makanan untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dapat memberi energi sepanjang hari.

Pilihlah buah dan sayuran segar, terutama sayuran berdaun hijau dan brokoli yang tinggi nutrisi, serta sayuran oranye seperti wortel dan ubi jalar. Juga pilih jenis ikan dan kacang-kacangan sebagai protein yang sehat. Usahakan untuk makan sereal gandum, roti, nasi, atau pasta sebanyak 85 gram setiap hari.

3. Rajin Olahraga

Olahraga secara teratur tidak hanya membuat tubuh lebih kuat dan berenergi, tetapi juga dapat membantu pikiran tetap lebih fokus. Ini juga meningkatkan semangat dan membuat suasana hati lebih baik secara keseluruhan, merupakan hasil dari bahan kimia perasaan-nyaman alami (endorfin) yang diproduksi otak setelah olahraga secara teratur.

Selain pergi ke gym, Anda juga bisa melakukan latihan di rumah, jogging selama 20-30 saat pagi, atau melakukan yoga. Yoga adalah latihan yang sangat baik untuk membangun kekuatan fisik dan mental, stabilitas, dan meningkatkan fleksibilitas secara keseluruhan.

4. Mempertahankan Postur Tubuh dengan Baik

Postur tubuh yang buruk akan banyak merusak tulang belakang, ligamen, dan otot. Untuk itu, pastikan untuk fokus dalam postur tubuh dan bagaimana berjalan, duduk, membawa barang. Ini mungkin membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, tetapi pada akhirnya akan membangun kebiasaan tersebut.

Mempertahankan postur tubuh yang baik akan sangat membantu dalam menjaga tubuh. Hal ini sangat penting bagi lansia untuk mencegah kyphosis, kelengkungan tulang belakang yang tidak normal akibat osteoporosis (pengeroposan tulang).

Baca Juga: Diet Sehat untuk Hidup Sehat, Bukan Sekadar Menurunkan Berat Badan!

5. Tidur yang Cukup

Manfaat tidur yang cukup (selama 7-9 jam) dapat membantu mengatasi stres, lebih fokus, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Sebaliknya, kurang tidur dapat memperburuk kondisi kesehatan yang serius, serta berdampak negatif pada suasana hati (mood), motivasi, dan tingkat energi.

Berdasarkan pengertian budaya hidup sehat, istirahat atau tidur yang cukup merupakan konsep yang tak kalah penting untuk mencapai hidup yang sehat. Perlu Anda ingat, tidur yang cukup adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan agar tubuh terasa segar, berenerg, dan semangat saat bangun pagi.

6. Meditasi atau Beribadah

Luangkan waktu untuk meditasi atau beribadah setidaknya 10-20 menit setiap hari. Meditasi baik untuk jiwa, yang membantu mengatasi tuntutan kehidupan sehari-hari, dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

7. Bekerja dengan Cerdas

Demi kesehatan mental dan perasaan sebagai individu, memiliki tujuan dan berusaha keras untuk mencapainya akan memberi hasil yang baik, yang merupakan penghargaan untuk diri sendiri. Bekerja cerdas dalam hal ini berarti mengoptimalkan waktu, melakukan pekerjaan dengan kreativitas, dan terus belajar serta meningkatkan metode kerja yang baik dan efisien.

8. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Ini karena kandungan nikotin dan tar (memiliki zat-zat yang bersifat korosif) yang sangat berbahaya pada tubuh. Oleh karenanya, bagi Anda perokok (aktif atau pasif), sebaiknya segera berhenti merokok atau hindari berada dalam lingkungan perokok.

9. Hindari Minuman Beralkohol

Minum minuman beralkohol dapat merusak organ hati dan memicu gangguan pada jantung, seperti gangguan irama jantung (aritmia), hipertensi, otot jantung melemah, dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Mulai sekarang, kurangi minum minuman beralkohol  dan menggantinya dengan minuman sehat, seperti jus buah atau minuman lainnya yang lebih sehat. 

Baca Juga: 6 Langkah Menciptakan Pola Hidup Sehat (Mudah Dilakukan)

Manfaat Budaya Hidup Sehat untuk Tubuh

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika sudah menerapkan pola hidup sehat seperti terhindar dari berbagai macam penyakit, tubuh dan kulit akan menjadi sehat, mencegah penuaan dini, memiliki mental positif, terhindar dari stres berlebih, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini manfaat menerapkan gaya hidup sehat:

  • Menyehatkan jantung. Budaya hidup sehat perlu kita lakukan sejak usia muda dan harus memikirkan kesehatan jantung. Menerapkan kebiasaan makan yang sehat bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.
  • Menguatkan tulang dan gigi. Pola makan yang sehat dapat membantu menguatkan tulang dan gigi untuk sekarang dan nanti, sehingga bisa mencegah kerusakan gigi dan osteoporosis.
  • Meningkatkan energi. Anda adalah apa yang Anda makan. Jika Anda makan makanan yang sehat dan seimbang, tubuh akan merasa lebih baik dan lebih berenergi. Selain itu, hidup sehat membuat tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya agar berfungsi dengan baik, yang akan meningkatkan energi.
  • Meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Makan sehat bisa meningkatkan aliran darah ke otak, yang membantu mencegah penyakit otak seperti Alzheimer, demensia, dan penurunan kognitif.
  • Menjaga berat badan. Salah satu motivasi utama orang makan makanan yang sehat adalah untuk menjaga berat badan yang sehat atau untuk menurunkan berat badan. Berat badan yang sehat memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

 

  1. Anonim. 2021. 5 power tips to maintain a healthy lifestyle. https://www.psychologies.co.uk/5-power-tips-maintain-healthy-lifestyle (Diakses pada 24 Mei 2021)
  2. Anonim. 2020. 7 tips to live a happier life. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/7-tips-to-live-a-happier-life (Diakses pada 24 Mei 2021)
  3. Crichton-Stuart, Cathleen. 2020. What are the benefits of eating healthy?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322268 (Diakses pada 24 Mei 2021)
  4. Wilson, James. Tanpa Tahun. 10 Ways to Maintain a Healthy Lifestyle. https://www.healthworkscollective.com/10-ways-to-maintain-a-healthy-lifestyle/ (Diakses pada 24 Mei 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi