Jangan Pernah Membuang Jenis Sampah ini ke Lubang Saluran Air

doktersehat-cuci-tangan
Photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Saat sedang mencuci piring maupun perabotan dapur lainnya, terkadang Anda akan menjumpai sejumlah sampah sisa makanan. Tak jarang pula, Anda langsung membuang sampah sisa makanan tersebut ke dalam saluran air, bukan?

Padahal, seharusnya sampah sisa makanan tersebut dibuang ke tempat sampah. Sebab, ada beberapa jenis sampah atau bahan makanan yang tidak boleh dibuang di dalam saluran air karena akan membuat mampet dan berbau busuk. Tentunya hal tersebut dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa sampah atau bahan makanan yang tidak boleh dibuang di saluran air, diantaranya:

1. Nasi

Jenis makanan ini paling sering dibuang di saluran air. Sebab, nasi biasanya masih berada di piring setelah Anda makan. Karena rasa malas untuk membuangnya ke tempat sampah, lantas Anda membuangnya di saluran air. Padahal, nasi bisa mengembang jika terkena air. Hal tersebut dikarenakan nasi mengandung sari pati yang bisa mengembang setiap harinya ketika terkena air. Oleh karenanya, jika nasi dibuang di dalam saluran air, maka saluran air akan mampet karena nasi yang mengembang tersebut.

2. Ampas Kopi

Selain nasi, ampas kopi juga sering dibuang di dalam saluran air. Meskipun Anda menganggap bahwa ampas kopi memiliki tekstur halus dan kecil, namun jumlahnya yang banyak dan sifatnya yang mengendap bisa menjadi masalah jika Anda buang di dalam saluran air. Akibatnya, ampas kopi akan mengendap di dalam pipa saluran dan menyebabkan saluran mampet. Daripada Anda membuang ampas kopi di dalam lubang saluran air, sebaiknya Anda membuangnya ke tanah tanaman. Sebab, ampas kopi juga bisa menjadi salah satu alternatif sebagai pupuk alami yang dapat menyuburkan tanaman.

3. Minyak Goreng

Mungkin Anda berpikir bahwa minyak goreng merupakan salah satu cairan yang tidak bisa membuat saluran air mengalami masalah, seperti mampet. Namun, tahukah Anda bahwa minyak goreng yang dibuang di dalam saluran air akan menyebabkan pipa saluran air menjadi rusak. Hal ini dikarenakan minyak goreng merupakan bahan berlemak yang paling ampuh merusak pipa saluran air. Akan tetapi, jika tanpa sengaja Anda menumpahkan minyak goreng ke dalam lubang saluran air, Anda bisa mengatasinya dengan cara menuangkan cuka atau soda kue ke dalam saluran air untuk membersihkannya.