Terbit: 1 April 2020 | Diperbarui: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Kalau selama ini Anda mengira buah jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C paling banyak, maka hal tersebut sepenuhnya salah. Ya, ternyata masih ada buah yang mengandung vitamin C lainnya dengan kadar melebihi jeruk. Wah, buah apa sajakah itu?

19 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi (Tidak Kalah Dengan Jeruk)

Manfaat Buah yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk menjaga kesehatan, maupun mencegah serta mengatasi berbagai macam penyakit. Contoh manfaat vitamin C bagi tubuh di antaranya:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengobati sariawan
  • Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak
  • Merawat kesehatan kulit
  • Merawat kesehatan mata
  • Mengoptimalkan penyerapan zat besi
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mengobati infeksi
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mencegah asam urat
  • Mencegah kanker
  • Meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular (jantung, stroke)

19 Pilihan Buah yang Mengandung Vitamin C

Tidak, kali ini kita tidak akan membahas jeruk sebagai buah yang memang identik dengan vitamin C. Faktanya, ada banyak jenis buah lainnya yang juga kaya akan vitamin tersebut. Apa saja buah yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi tersebut? Berikut informasinya!

1. Kiwi

Buah dengan daging berwarna hijau ini ternyata merupakan buah tinggi vitamin C, lho! Bahkan, kandungan vitamin C pada kiwi lebih besar ketimbang jeruk. Sebagai informasi, satu buah jeruk mengandung 71 mg vitamin C, sedangkan kandungan vitamin pada buah kiwi mencapai 92,7 mg per buahnya.

Selain vitamin C, kiwi juga mengandung zat bergizi lainnya seperti vitamin A, vitamin E, dan Vitamin K. Mineral dan asam lemak omega-3 juga tidak luput dari kandungan buah kiwi, yang mana kedua zat tersebut penting sekali untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

2. Pepaya

Pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yakni 94 mg per buahnya. Sebagai buah yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh sangat banyak, seperti memperkuat tulang dan merawat kulit.

Buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan hingga mengendalikan tekanan darah.

3. Nanas

Sekitar 125 ml atau setengah gelas buah nanas mengandung 39-49 gram vitamin C, jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini.

Tidak hanya vitamin C, nanas juga mengandung zat bernama Bromelain. Bromelain adalah enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah protein pada makanan, pun mengurangi rasa kembung pada perut.

4. Stroberi

Buah dengan rasa manis asam ini memiliki kandungan 52 mg vitamin C per 125 ml-nya. Menurut sejumlah penelitian, buah stroberi memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, gangguan syaraf, peradangan, hingga kanker sekalipun.

Ini karena selain vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, zat besi, fluor, dan iodium.

5. Mangga

Kadar vitamin C pada buah mangga memang tidak sebanyak buah-buah di atas, yakni hanya 29 mg. Namun, tetap saja buah mangga jadi salah satu sumber buah vitamin C yang patut untuk Anda konsumsi. Lagipula, mangga juga diperkaya dengan kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh lainnya, seperti polifenol yang merupakan antioksidan pencegah kanker payudara dan usus besar.

6. Paprika

Anda yang gemar mengonsumsi pizza pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, bukan? Nah, ternyata paprika, baik paprika merah maupun paprika kuning, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu 190 mg (paprika merah), dan 155 mg (paprika kuning).

7. Leci

Leci yang berasal dari Tiongkok juga merupakan salah satu buah vitamin C. Buah yang mirip dengan rambutan ini memiliki kandungan vitamin C yang tergolong tinggi, yakni sekitar 132 mg per 100 gram-nya.

Kandungan lainnya yang terdapat di dalam buah leci yakni:

  • Polifenol, berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menyeimbangkan kadar cairan tubuh, dan mencegah infeksi.
  • Vitamin B kompleks dan flavonoid, berfungsi untuk melindungi tubuh dari risiko kanker dan tumor.

Tidak hanya itu, mengonsumsi buah leci secara rutin juga dipercaya mampu memperlambat proses penuaan, baik pada pria maupun wanita.

8. Markisa

Di balik rasanya yang menyegarkan, apalagi kalau disajikan dalam bentuk sirup, markisa menyimpan kandungan vitamin C yang cukup banyak, yakni sekitar 72 mg/100 gram. Ini menjadikan markisa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Menangkal radikal bebas
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker
  • Mengurangi risiko penyakit jantung

9. Belimbing

Belimbing adalah buah tropis yang juga kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Buah yang kalau dipotong-potong akan memiliki bentuk menyerupai bintang ini mengandung 46 mg vitamin C per 100 gram-nya. Selain itu, belimbing mempunyai kandungan serat sebanyak 4 gram dan 40 kalori.

Manfaat belimbing bagi kesehatan di antaranya bisa mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi, membantu metabolisme tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke. Jadi, jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C ini, ya!

10. Melon

Kandungan vitamin pada melon memang didominasi oleh vitamin A. Meskipun begitu, kita masih tetap bisa merasakan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh melalui buah berwarna hijau ini. Ya, melon memiliki kandungan 26.3 mg vitamin per potongnya.

Manfaat vitamin C pada melon antara lain untuk menangkal radikal bebas, mencegah infeksi, dan meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Baca Juga: 8 Buah untuk Muntaber (Obat Alami paling Efektif)

11. Anggur Hijau

Anggur hijau juga merupakan buah yang mengandung vitamin C, kendati kadarnya tidak banyak, yakni hanya 15 mg per 100 gram. Selain vitamin C, anggur hijau juga diperkaya dengan zat antioksidan lainnya sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah risiko munculnya penyakit kanker.

Adanya kandungan zat resveratrol pun menjadikan anggur hijau sebagai penangkal serangan jantung dan pembakar lemak yang baik bagi tubuh.

12. Jambu Biji

Ini dia buah yang mengandung vitamin C paling tinggi di antara buah-buah lainnya. Kandungan vitamin C pada jambu biji mencapai lebih dari 200 gram per buahnya. Buah dengan daging berwarna merah muda ini juga kaya akan serat yang lagi-lagi, melebihi kadar serat yang dimiliki jeruk.

Banyaknya kandungan vitamin C pada buah jambu biji membuat buah tersebut dinilai ampuh dalam mencegah inflamasi tulang dan sejumlah gangguan kesehatan lainnya seperti penuaan dini.

13. Ceri

Ceri jenis acerola adalah buah yang tak disangka-sangka memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Tidak tanggung-tanggung, buah dengan nama ilmiah Malpighia emarginata ini mengandung 822 mg vitamin C untuk setiap 49 gram-nya.

Berdasarkan penelitian, buah ceri acerola ini dapat membantu meminimalisir risiko kanker, mencegah kerusakan kulit, serta membantu memperbaiki struktur DNA.

Kendati belum ada penelitian dengan objek manusia, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi buah ini guna mencukupi asupan vitamin C harian.

14. Pisang

Suka makan pisang? Buah berkulit kuning ini menjadi buah vitamin C selanjutnya yang direkomendasikan. Kandungan vitamin C pada pisang bermanfaat untuk mencegah, pun mengobati gejala gangguan kesehatan pada tubuh kita, seperti asam lambung, sembelit, dan lain-lain.

15. Tomat

Buah tomat adalah buah tinggi vitamin C yang kadarnya mencapai 14,5 mg per 50 gram. Manfaat vitamin C pada tomat adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pun sejumlah fungsi penting lainnya terkait vitamin C.

Selain itu, tomat juga diperkaya dengan kandungan lycopene yang berguna untuk melindungi otot jantung, mengendalikan kadar kolesterol, dan membakar lemak.

16. Alpukat

Satu alpukat kecil mengandung setidaknya 21 mg vitamin C. Adanya kandungan vitamin C ini memberikan sejumlah manfaat, seperti mengatasi gelaja penuaan dini yang ditandai dengan kulit mengkerut, bintik hitam, dan gejala-gejala lainnya.

17. Blackcurrant

Buah yang mengandung vitamin C lainnya adalah blackcurrant. Dilansir dari healthline, untuk setiap 56 gram blackcurrant mengandung sekitar 101 mg vitamin C.

Tak hanya itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan bernama anthocyanins. Senyawa inilah yang membuat buah blackcurrant tersebut berwarna hitam.

Mengonsumsi blackcurrant secara rutin menurut penelitian dapat membantu mencegah:

  • Penyakit jantung
  • Penyakit kanker
  • Penyakit saraf

18. Blewah

Buah yang biasa dikonsumsi saat bulan puasa ini juga ternyata termasuk ke dalam buah tinggi vitamin C, lho. Satu gelas blewah yang sudah dipotong-potong diklaim mengandung tak kurang dari 60 mg vitamin C.

Selain vitamin C, buah blewah juga diperkaya oleh sejumlah nutrisi penting lainnya seperti:

  • Niacin
  • vitamin A
  • Potasium

19. Kakadu Plum

Kakadu plum adalah sejenis buah plum yang berasal dari Australia. Di negeri kangguru tersebut, buah ini dianggap sebagai superfood oleh karena kandungan nutrisinya yang melimpah, salah satunya vitamin C.

Buah yang memiliki nama ilmiah Terminalia ferdinandiana ini diklaim mengandung 5,300 mg vitamin C untuk setiap 100 gram-nya. Tak hanya itu, buah Kakadu plum juga diperkaya oleh zat bergizi lainnya yakni potasium, lutein, dan vitamin E

Tips Menikmati Buah yang Mengandung Vitamin C

Setelah mengetahui macam-macam buah yang mengandung vitamin C, berikut ada sedikit tips bagaimana cara menikmati buah-buah tersebut sehingga bisa memicu Anda untuk mengonsumsinya secara rutin.

1. Dijadikan Sop Buah

Baik itu beli di pedagang sop buah atau buat sendiri, yang pasti sop buah jadi cara nikmat bagi Anda dalam mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah vitamin C. Campuran buah, susu, dan es tentunya lezat, menyegarkan, dan menyehatkan.

2Dibuat menjadi Smoothies

Campurkan buah tinggi vitamin C, yogurt, kacang-kacangan, dan susu kemudian blend menggunakan blender untuk menghasilkan penganan bernama smoothies ini. Dijamin nikmat dan tentunya menyehatkan.

3. Dicampur dengan Sereal

Jika selama ini Anda sarapan sereal hanya ditemani susu, maka mulai sekarang cobalah untuk menambahkan buah-buahan, khususnya buah yang mengandung vitamin C. Buah seperti pisang dan stroberi sangat cocok untuk dijadikan ‘teman’ sarapan sereal bergizi Anda.

Itu dia informasi mengenai buah dengan kandungan vitamin C terbaik untuk Anda. Melihat sejumlah manfaat yang dihasilkan, masih malas untuk makan buah? Semoga tidak, ya!

 

  1. Hill, C. 2018. 20 Foods That Are High in Vitamin C. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods (Diakses pada 1 April 2020)
  2. Raman, R. 2020. 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits (Diakses pada 1 April 2020)
  3. Wong, C. 2020. The Health Benefits of Vitamin C. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-vitamin-c-supplements-89083 (Diakses pada 1 April 2020)
  4. Zelman, K. The Benefits of Vitamin C. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1 (Diakses pada 1 April 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi