15 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Bukan Cuma Jeruk!

buah-yang-mengandung-vitamin-c-doktersehat
photo credit: flickr/mavericks

DokterSehat.Com –  Kalau selama ini Anda mengira buah jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C paling banyak, maka hal tersebut sepenuhnya salah. Ya, ternyata masih ada buah tinggi vitamin C lainnya yang kadarnya bahkan melebihi jeruk. Wah, buah apakah itu?

Manfaat Buah yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk menjaga kesehatan, maupun mencegah serta mengatasi berbagai macam penyakit, dari yang ringan hingga berat sekalipun. Beberapa contoh manfaat vitamin C bagi tubuh di antaranya mengobati sariawan, memperbaiki sel-sel yang rusak, mengoptimalkan penyerapan zat besi, mengobati infeksi, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Vitamin C umumnya banyak terdapat di dalam buah-buahan, dan berbicara tentang buah yang mengandung vitamin C, alih-alih menjadikan jeruk sebagai pilihan utama, Anda bisa mengonsumsi buah lainnya yang bahkan memiliki kadar vitamin C lebih banyak daripada buah berbentuk bulat tersebut!

15 Pilihan Buah yang Mengandung Vitamin C

Lalu, buah apa saja yang memiliki kandungan vitamin C dengan kadar tinggi? Simak terus artikel ini, ya!

1. Kiwi

Buah dengan daging berwarna hijau ini ternyata merupakan buah tinggi vitamin C, lho! Bahkan, kandungan vitamin C pada kiwi lebih besar ketimbang jeruk. Sebagai informasi, satu buah jeruk mengandung 71 mg vitamin C, sedangkan kandungan vitamin pada buah kiwi mencapai 92,7 mg per buahnya.

Selain vitamin C, kiwi juga mengandung zat bergizi lainnya seperti vitamin A, vitamin E, dan Vitamin K. Mineral dan asam lemak omega-3 juga tidak luput dari kandungan buah kiwi, yang mana kedua zat tersebut penting sekali untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

2. Pepaya

Pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yakni 94 mg per buahnya. Sebagai buah yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh sangat banyak, seperti memperkuat tulang dan merawat kulit.

Buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan hingga mengendalikan tekanan darah.

3. Nanas

Sekitar 125 ml atau setengah gelas buah nanas mengandung 39-49 gram vitamin C, jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini.

Tidak hanya vitamin C, nanas juga mengandung zat bernama Bromelain. Bromelain adalah enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah protein pada makanan, pun mengurangi rasa kembung pada perut.

4. Stroberi

Buah dengan rasa manis asam ini memiliki kandungan 52 mg vitamin C per 125 ml-nya. Menurut sejumlah penelitian, buah stroberi memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, gangguan syaraf, peradangan, hingga kanker sekalipun. Ini karena selain vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, zat besi, fluor, dan iodium.

5. Mangga

Kadar vitamin C pada buah mangga memang tidak sebanyak buah-buah di atas, yakni hanya 29 mg. Namun, tetap saja buah mangga jadi salah satu sumber buah vitamin C yang patut untuk Anda konsumsi. Lagipula, mangga juga diperkaya dengan kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh lainnya, seperti polifenol yang merupakan antioksidan pencegah kanker payudara dan usus besar.

6. Paprika

Anda yang pernah mengonsumsi pizza pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, bukan? Nah, ternyata paprika, baik paprika merah maupun paprika kuning, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu 190 mg (paprika merah), dan 155 mg (paprika kuning).

7. Leci

Leci yang berasal dari Tiongkok juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C. Ini didasari kenyataan bahwa buat yang mirip dengan rambutan ini memiliki kandungan vitamin C yang banyak, yakni 132 mg per 100 gram-nya.

Kandungan lainnya yang terdapat di dalam buah leci yakni:

  • Polifenol, berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menyeimbangkan kadar cairan tubuh, dan mencegah infeksi.
  • Vitamin B kompleks dan flavonoid, berfungsi untuk melindungi tubuh dari risiko kanker dan tumor.

Tidak hanya itu, mengonsumsi buah leci secara rutin juga dipercaya mampu memperlambat proses penuaan, baik pada pria maupun wanita.

8. Markisa

Di balik rasanya yang menyegarkan, apalagi kalau disajikan dalam bentuk sirup, markisa menyimpan kandungan vitamin C yang cukup banyak, yakni 72 mg/100 gram. Ini menjadikan markisa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Menangkal radikal bebas
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker
  • Mengurangi risiko penyakit jantung

9. Belimbing

Belimbing adalah buah tropis yang juga kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Buah yang kalau dipotong-potong akan memiliki bentuk menyerupai bintang ini mengandung 46 mg vitamin C per 100 gram-nya. Selain itu, belimbing mempunyai kandungan serat sebanyak 4 gram dan 40 kalori.

Manfaat belimbing bagi kesehatan di antaranya bisa mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi, membantu metabolisme tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke. Jadi, jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C ini, ya!

10. Melon

Kandungan vitamin pada melon memang didominasi oleh vitamin A. Meskipun begitu, kita masih tetap bisa merasakan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh melalui buah berwarna hijau ini. Ya, melon memiliki kandungan 26.3 mg vitamin per potongnya.

Manfaat vitamin C pada melon antara lain untuk menangkal radikal bebas, mencegah infeksi, dan meningkatkan sistem imun pada tubuh.

11. Anggur Hijau

Anggur hijau juga merupakan buah yang mengandung vitamin C, kendati kadarnya tidak banyak, yakni hanya 15 mg per 100 gram. Selain vitamin C, anggur hijau juga diperkaya dengan antioksidan sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah risiko munculnya penyakit kanker.

Adanya kandungan zat resveratrol pun menjadikan anggur hijau sebagai penangkal serangan jantung dan pembakar lemak yang baik bagi tubuh.

12. Pisang

Suka makan pisang? Buah berkulit kuning ini menjadi buah vitamin C selanjutnya yang direkomendasikan. Kandungan vitamin C pada pisang bermanfaat untuk mencegah, pun mengobati gejala gangguan kesehatan pada tubuh kita, seperti asam lambung, sembelit, dan lain-lain.

13. Tomat

Buah tomat adalah buah vitamin C yang kadarnya mencapai 14,5 mg per 50 gram. Manfaat vitamin C pada tomat adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pun sejumlah fungsi penting lainnya. Selain itu, tomat juga diperkaya dengan kandungan lycopene yang berguna untuk melindungi otot jantung, mengendalikan kadar kolesterol, dan membakar lemak.

14. Alpukat

Satu alpukat kecil mengandung setidaknya 21 mg vitamin C. Adanya kandungan vitamin C ini memberikan sejumlah manfaat, seperti mengatasi gelaja penuaan dini yang ditandai dengan kulit mengkerut, bintik hitam, dan gejala-gejala lainnya.

15. Jambu Biji

Ini dia buah yang mengandung vitamin C paling tinggi di antara buah-buah lainnya. Kandungan vitamin C pada jambu biji mencapai lebih dari 200 gram per buahnya. Buah dengan daging berwarna merah muda ini juga kaya akan serat yang lagi-lagi, melebihi kadar serat yang dimiliki jeruk.

Banyaknya kandungan vitamin C pada buah jambu biji membuat buah tersebut dinilai ampuh dalam mencegah inflamasi tulang dan sejumlah gangguan kesehatan lainnya seperti penuaan dini.

Tips Menikmati Buah yang Mengandung Vitamin C

Setelah mengetahui macam-macam buah yang mengandung vitamin C, berikut ada sedikit tips bagaimana cara menikmati buah-buah tersebut sehingga bisa memicu Anda untuk rutin mengonsumsinya.

1. Dijadikan Sop Buah

Baik itu beli di pedagang sop buah atau buat sendiri, yang pasti sop buah jadi cara nikmat bagi Anda dalam mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah-buahan yang mengandung vitamin C. Campuran buah, susu, dan es tentunya lezat, menyegarkan, dan menyehatkan.

2. Dibuat menjadi Smoothies

Campurkan buah vitamin C, yogurt, kacang-kacangan, dan susu kemudian blend menggunakan blender untuk menghasilakn penganan bernama smoothies ini. Dijamin nikmat dan tentunya menyehatkan.

3. Dicampur dengan Sereal

Jika selama ini Anda sarapan sereal hanya ditemani susu, maka mulai sekarang cobalah untuk menambahkan buah-buahan, khususnya buah tinggi vitamin C. Buah seperti pisang dan stroberi sangat cocok untuk dijadikan ‘teman’ sarapan sereal bergizi Anda.

Itu dia informasi mengenai buah dengan kandungan vitamin C terbaik untuk Anda. Melihat sejumlah manfaat yang dihasilkan, masih malas untuk makan buah? Semoga tidak, ya!