Setelah Minum Obat, Jangan Konsumsi 3 Jenis Buah Ini

doktersehat-aple-buah-beracun

DokterSehat.Com– Saat tubuh merasa kurang fit atau merasakan gejala timbulnya suatu penyakit, tentu saja Anda akan segera mengonsumsi obat untuk mencegah dan mengobatinya. Obat memang akan memberikan efek yang sangat manjur untuk menyembuhkan suatu penyakit, namun obat juga tidak akan berguna jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan tertentu, salah satunya adalah buah-buahan.

Buah memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi ada beberapa jenis buah yang tidak selamanya memberikan manfaat baik. Sebab, ketika seseorang sedang mengonsumsi obat-obatan, beberapa jenis buah ini juga harus dihindari agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatan. Berikut adalah 5 buah yang harus dihindari saat mengonsumsi obat.

1. Apel

Apel sebaiknya dihindari saat sedang mengonsumsi obat dikarenakan bisa menghambat penyerapan obat di dalam tubuh. Namun, jika Anda sudah sangat ingin makan apel, sebaiknya makan empat jam setelah minum obat. Jadi, hindarilah apel ketika minum obat, termasuk olahannya seperti jus atau salad apel.

2. Jeruk

Jeruk hampir sama dengan apel. Banyak orang yang membawanya ketika sedang menjenguk orang sakit. Jeruk memang memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi sebaiknya buah ini dihindari ketika Anda sedang mengonsumsi obat. Hal ini dikarenakan ketika jeruk bercampur dengan obat, maka bisa membuat kerja otot terganggu. Selain itu, Anda juga bisa merasa pusing dan berhalusinasi.

3. Anggur

Anggur merupakan buah selanjutnya yang harus dihindari ketika sedang mengonsumsi obat. Alasannya, jika Anda mengonsumsi anggur setelah minum obat, maka obat yang Anda minum tidaklah berguna atau bisa dibilang Anda tidak meminum obat. Hal ini disebabkan karena anggur bisa menghancurkan kandungan yang ada di dalam obat, sehingga obat tidak bisa di serap oleh tubuh.