10 Buah untuk Menu Sahur (Sehat dan Enak)

buah-untuk-menu-sahur-doktersehat

DokterSehat.Com – Momen santap sahur menjadi hal yang tidak terlewatkan kala menjalani Ibadah puasa. Sahur, selain termasuk ke dalam rukun puasa, juga bertujuan untuk memasok tenaga bagi tubuh agar senantiasa bertenaga selama menjalani ibadah puasa. Guna mendukung hal tersebut, sahur hendaknya mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah. Apa saja buah untuk menu sahur yang baik dikonsumsi?

Pilihan Buah untuk Menu Sahur yang Sehat dan Enak

Mengkonsumsi buah saat sahur sangat dianjurkan. Pasalnya, buah-buahan mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang tak hanya berfungsi sebagai sumber tenaga, tapi juga tetap menjaga tubuh agar tetap sehat walaupun tidak makan dan minum hampir seharian.

Berikut ini adalah pilihan buah untuk menu sahur yang sehat dan enak.

1. Pisang

Aktivitas puasa acap kali menjadi momok bagi mereka yang memiliki masalah dengan lambung, mungkin termasuk Anda salah satunya. Namun, tidak usah khawatir. Anda bisa mengkonsumsi buah pisang saat sahur.

Buah pisang adalah buah yang cocok untuk sahur, terutama jika Anda mengidap penyakit asam lambung. Pasalnya, buah berkulit kuning ini diperkaya oleh sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C yang kesemua vitamin tersebut efektif mengontrol kadar asam lambung di dalam tubuh.

2. Mangga

Buah untuk sahur selanjutnya yang patut Anda konsumsi adalah mangga. Adanya kandungan sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E menjadikan buah dengan daging berwarna kuning keemasan ini membawa sejumlah manfaat, seperti sumber energi, hingga melancarkan proses detoks tubuh selama berpuasa.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang bagus untuk sahur dan sudah selayaknya buah ini masuk dalam daftar menu sahur Anda sekeluarga.

Bukannya tanpa alasan. Selain rasanya yang enak, buah alpukat mengandung banyak nutrisi dan vitamin di dalamnya guna mendukung aktivitas berpuasa Anda. Contohnya serat. Adanya kandungan serat pada alpukat bermanfaat untuk memberikan efek kenyang yang lama, sehingga tubuh tidak mudah lapar saat berpuasa.

Selain itu, serat juga berfungsi untuk merawat sistem pencernaan, sehingga walaupun berpuasa, risiko penyakit pencernaan seperti sembelit dapat diminimalisir. Kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki alpukat pun membantu tubuh untuk mengontrol kadar kolesterol.

4. Apel

Tak hanya alpukat, apel adalah buah untuk menu sahur yang wajib Anda konsumsi jika ingin puasa berjalan lancar. Pasalnya, apel adalah buah yang kaya akan kandungan zat kitin, yaitu zat yang termasuk ke dalam golongan serat. Oleh sebab itu, buah ini juga akan membuat Anda merasa kenyang dan tidak mudah lapar.

Konsumsilah buah apel bersama dengan kulitnya, mengingat zat kitin yang berfungsi sebagai serat banyak terdapat pada kulit apel.

5. Pepaya

Banyak dari Anda yang mungkin mengalami gangguan pencernaan saat berpuasa, seperti sembelit misalnya. Kurangnya asupan cairan dan serat menjadi penyebab sembelit saat puasa yang diderita. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan serat saat sahur guna menghindari Anda dari sembelit.

Pepaya adalah buah untuk menu sahur yang sudah selayaknya Anda konsumsi agar tubuh senantiasa mendapat asupan serat yang cukup. Pepaya sendiri sudah dikenal efektivitasnya dalam mengatasi pelbagai masalah pencernaan, termasuk sembelit.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Buka Puasa yang Sehat dan Enak

6. Pir

Berpuasa juga identik dengan rasa haus yang mendera, terutama di siang hari saat matahari sedang bersinar dengan teriknya. Namun, rasa haus sepertinya tidak akan terlalu ‘menyiksa’ jika Anda sudah mengantisipasinya dengan cara mengkonsumsi buah untuk sahur yang mengandung banyak air dan serat.

Adalah buah pir, buah yang cocok untuk sahur guna mencegah rasa haus berlebih saat puasa. Manfaat buah pir yang satu ini tak lepas dari kandungan air yang banyak di dalamnya.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C pada buah untuk menu sahur ini diklaim efektif untuk mencegah panas dalam akibat berpuasa yang berujung pada sariawan. Jangan lupa juga bahwa pir mengandung serat yang berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan.

7. Blewah

Tak hanya enak dikonsumsi saat berbuka puasa, buah blewah pun dapat Anda jadikan buah untuk sahur. Manfaat blewah bagi tubuh yang berpuasa antara lain untuk mencegah rasa mual akibat produksi gangguan lambung, pun membantu memaksimalkan kinerja usus agar dapat mencerna makanan dengan cepat dan aman.

8. Jeruk

Rasanya ada yang kurang jika Anda tidak memasukan jeruk ke dalam daftar buah untuk menu sahur. Bagaimana tidak? Buah berwarna oranye ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh oleh karena kandungan nutrisi dan vitamin yang dimilikinya.

Mengkonsumsi jeruk saat santap sahur akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa. Pasalnya, buah jeruk kaya akan kandungan air. Sementara itu, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C pada jeruk efektif menghasilkan energi bagi tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah sekalipun berpuasa.

9. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang bagus untuk sahur, oleh karena buah berbentuk bulat ini diperkaya oleh air yang berfungsi untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

Di samping itu, kandungan lycopene yang tinggi pada buah dengan daging berwarna merah ini merupakan sumber energi yang ideal bagi tubuh, sehingga membuat tubuh tidak mudah lelah meski seharian tidak makan dan minum.

10. Kurma

Salah satu yang identik dengan bulan Ramadan adalah buah kurma. Buah yang berasal dari daerah Timur Tengah ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari bulan puasa.

Selain sebagai menu takjil buka puasa, kurma juga buah yang cocok untuk sahur. Mengkonsumsi buah kurma saat sahur akan memberikan Anda cukup tenaga untuk berpuasa seharian. Ini karena kurma diperkaya oleh nutrisi dan vitamin yang berguna untuk memberikan energi bagi tubuh, sebut saja glukosa, mineral, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Buah untuk Menu Sahur: Sehat, Enak, dan Mengenyangkan

Itu dia daftar buah untuk menu sahur yang bisa Anda konsumsi. Tidak hanya menyehatkan, mengkonsumsi buah untuk sahur juga tak kalah enak dan mengenyangkan dibandingkan makanan-makanan lainnya, kendati konsumsi makanan non-buah tetap dianjurkan agar gizi yang masuk seimbang.

Jadi, selain makanan berat, tambahkan juga buah-buahan ke dalam menu sahur, ya. Anda bisa memakannya langsung atau diolah menjadi jus dan smoothies. Semoga puasa Anda  lancar!