15 Buah Berkhasiat untuk Penyakit Jantung

solusi-anemia-buah-penambah-darah-doktersehat

DokterSehat.Com – Penyakit jantung adalah penyakit kardiovaskular yang paling mematikan di dunia. Penyakit jantung sering disebut sebagai ‘silent killer’ karena Anda tidak tahu kapan terjadi dan apa gejalanya. Maka dari itu, cegahlah dengan mengonsumsi berbagai macam buah untuk penyakit jantung, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. Cara mudah dan sederhana ini penting untuk menjaga kesehatan organ yang mempunyai fungsi memopa darah ke seluruh tubuh.

15 Jenis Buah Bermanfaat untuk Penyakit Jantung

Salah satu cara mudah ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah untuk penyakit jantung. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis buah untuk jantung yang bisa menjadi pilihan, di antaranya:

1. Buah manggis

Sejumlah penelitian mengatakan, buah obat penyakit jantung yang paling berkhasiat adalah kulit manggis bukan dagingnya. Akan tetapi tidak gampang untuk mendapatkan zat Xanthones yang terdapat di dalam kulit manggis ini.

Perlu proses ekstrak di pabrik dengan alat yang mutakhir untuk memisahkannya. Zat Xanthone ini mengandung antioksidan super yang sangat bagus untuk obat penyakit jantung. Zat ini mampu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan lemak. Namun, saat ini sudah banyak beredar ekstrak kulit manggis yang bisa Anda dapatkan di toko obat.

baca juga: Jangan Percaya, Ini 3 Mitos Penyakit Jantung yang Tak Terbukti!

2. Buah mengkudu

Buah untuk jantung berikutnya adalah mengkudu, buah ini terkenal karena kemampuannya menjaga tekanan darah tetap stabil. Karena itu buah mengkudu sering dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi. Dengan turunnya tekanan darah, tentu hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Buah bengkudu memiliki kandungan xeronin, kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki fungsi tubuh sehingga bisa digunakan untuk terapi penyakit jantung dan stroke.

Meski begitu, buah obat penyakit jantung ini memiliki aroma yang sangat menyengat. Meskipun buah mengkudu tidak menarik dari segi bentuk dan aroma, namun buah mengkudu adalah salah satu buah dengan sumber antioksidan yang cukup besar.

Antioksidan ini dapat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan demikian jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah dan tekanan darah dapat kembali normal.

3. Tomat

Kandungan kalium pada tomat yang cukup tinggi dipercaya dapat menjaga jantung tetap sehat. Selain itu, tomat memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah. Buah obat penyakit jantung umumnya berwarna merah ini juga merupakan sumber salah satu senyawa antioksidan, yaitu likopen. Likopen adalah karotenoid yang bisa membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, dan mengurangi risiko serangan jantung.

4. Alpukat

Alpukat tergolong buah untuk penyakit jantung karena diperkaya lemak tak jenuh tunggal yang memiliki potensi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol. Buah ini juga tinggi kandungan kalium yang berguna bagi kesehatan jantung dan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

5. Anggur

Buah yang baik untuk jantung selanjutnya anggur. Buah ini mengandung resveratrol yakni senyawa polifenol yang banyak terdapat pada bagian biji dan buahnya. Resveratrol bertindak sebagai antioksidan, yang juga membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Manfaat anggur yang sama bisa diperoleh dari minuman red wine. Namun, red wine tergolong minuman beralkohol yang dibatasi konsumsinya. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

6. Pisang

Buah berwarna kuning ini merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah sehingga dapat mengurangi risiko peningkatan kadar kolesterol. Selain itu, buah ini juga diperkaya kandungan kalium yang dipercaya membantu menurunkan tekanan darah, sehingga berfungsi menghindari risiko hipertensi yang merupakan salah satu faktor risiko serangan jantung. Buah obat penyakit jantung ini sangat mudah ditemukan, bahkan diolah menjadi berbagai macam makanan. Namun, buah utuh atau dibuat smoothie jauh lebih sehat.

7. Delima

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi jus delima secara rutin selama tiga bulan, bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di jantung. Buah yang baik untuk jantung ini mengandung banyak antioksidan termasuk antosianin dan polifenol yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah. Jika sulit mencari buah delima, Anda dapat menggantinya dengan apel yang memiliki kandungan dan manfaat yang hampir sama.

8. Blueberry

Buah untuk sakit jantung bukan hanya blueberry, tetapi stroberi dan buah beri lainnya juga. Menurut studi 2013, wanita berusia 25 hingga 42 tahun yang mengonsumsi lebih dari tiga porsi blueberry dan stroberi seminggu memiliki risiko serangan jantung 32% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit. Para penulis studi mengaitkan manfaat dengan senyawa yang dikenal sebagai anthocyanin, flavonoid (yang merupakan antioksidan) yang dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Anthocyanin memberi warna merah dan biru pada tanaman.

9. Jeruk

Jeruk ternyata juga buah yang baik untuk jantung. Wanita yang mengonsumsi sejumlah besar flavonoid yang ditemukan dalam jeruk dan grapefruit (jeruk bali) memiliki risiko 19% lebih rendah dari stroke iskemik (yang disebabkan oleh gumpalan) dibandingkan wanita yang tidak mendapatkan sebanyak dari senyawa ini, sebuah studi 2012 menemukan. Buah jeruk juga kaya vitamin C, yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Waspadai jus jeruk yang mengandung tambahan gula. Dan ketahuilah bahwa produk grapefruit dapat mengganggu tindakan obat penurun kolesterol yang dikenal sebagai statin.

baca juga: Cek Kesehatan Jantung itu Mudah, Lakukan Cara ini!

10. Pepaya

Menurut situs kesehatan, Healthline, bahwa pepaya adalah buah untuk menyembuhkan penyakit jantung. Pepaya mengandung vitamin A, C dan E, magnesium, kalium, folat dan kalsium. Ini membantu meningkatkan kekebalan dan kesehatan jantung. Pepaya juga mengandung senyawa anti-inflamasi dan membantu mencegah kanker.

11. Aprikot

Aprikot adalah buah yang baik untuk jantung, karena buah yang memiliki rasa asam ini mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL) dan dapat mengatasi sembelit. Sehingga berguna untuk memperkuat jantung.

12. Apel

Klinik Cleveland – rumah sakit jantung terbesar di Amerika, merekomendasikan mengonsumsi apel segar pada pasien penyakit jantung. Apel kaya vitamin A, C, E dan K, dan karotenoid. Mereka membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga buah yang baik untuk jantung.

Scientific American pernah menekankan bahwa mengonsumsi 2 apel per hari benar-benar dapat menurunkan risiko penyakit arteri koroner.

13. Cantaloupe melon

Menurut hasil penelitian, The America Heart Association mengatakan bahwa cantaloupe melon atau melon yang dagingnya berwarna jingga memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya melon merupakan buah untuk penyakit jantung. Melon mengandung Vitamin A, C dan B6, serat folat dan kalium yang semuanya adalah nutrisi penting untuk jantung yang kuat dan sehat.

14. Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin A, C dan E yang melimpah. Vitamin C merupakan antioksidan yang larut dalam air dan mampu menjaga tubuh dari radikal bebas yang masuk melalui makanan dan udara. Selain mencegah kanker, kiwi juga buah untuk penyakit jantung. Vitamin E juga antioksidan untuk mengurangi oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat).

15. Persik

Buah persik atau peach mengandung vitamin C, E, dan K; serat; kalium, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Persik juga mengandung senyawa fenolik yang berkhasiat mengurangi kolesterol LDL yang terkait dengan penyakit jantung. Vitamin C dalam buah persik juga bisa membantu melawan kanker.

Nah, itulah berbagai jenis buah untuk menyembuhkan penyakit jantung dan mencegah penyakit jantung. Mulai sekarang, yuk tambahkan buah tersebut setiap jadwal makan Anda. Namun, sebaiknya konsultasikanlah kondisi tubuh Anda dengan dokter bila ingin mengonsumsi buah-buahan ini.