Inilah Buah yang Baik untuk Penyakit Jantung

Doktersehat-buah-yang-baik-untuk-jantung

DokterSehat.Com – Penyakit jantung adalah penyakit kardiovaskular yang paling mematikan di dunia. Penyakit ini sering disebut sebagai ‘silent killer’ karena Anda tidak tahu kapan terjadi dan apa gejalanya. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan organ yang mempunyai fungsi memopa darah ke seluruh tubuh ini.

Salah satu cara mudah yang mudah bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Berikut ini adalah beberapa jenis buah untuk penyakit jantung yang dapat menjadi pilihan, di antaranya:

  1. Buah manggis

Sejumlah penelitian mengatakan, bahwa yang paling berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung adalah kulit manggis bukan dagingnya. Akan tetapi tidak gampang untuk mendapatkan zat Xanthones yang terdapat di dalam kulit manggis ini.

Perlu proses ekstrak di pabrik dengan alat yang mutakhir untuk memisahkannya. Zat Xanthone ini mengandung antioksidan super yang sangat bagus untuk obat penyakit jantung. Zat ini mampu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan lemak.

baca juga: Jangan Percaya, Ini 3 Mitos Penyakit Jantung yang Tak Terbukti!

  1. Buah bengkudu (pace)

Buah bengkudu terkenal karena kemampuannya menjaga tekanan darah tetap stabil. Karena itu buah ini sering dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi. Dengan turunnya tekanan darah, tentu hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Buah bengkudu memiliki kandungan xeronin, kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki fungsi tubuh sehingga bisa digunakan untuk terapi penyakit jantung dan stroke.

Meski begitu, buah bengkudu ini memiliki aroma yang sangat menyengat. Meskipun buah bengkudu tidak menarik dari segi bentuk dan aroma, namun buah bengkudu adalah salah satu buah dengan sumber antioksidan yang cukup besar.

Antioksidan ini dapat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan demikian jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah dan tekanan darah dapat kembali normal.

  1. Tomat

Kandungan kalium pada tomat yang cukup tinggi dipercaya dapat menjaga jantung tetap sehat. Selain itu, tomat memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah. Buah yang umumnya berwarna merah ini juga merupakan sumber salah satu senyawa antioksidan, yaitu likopen. Likopen adalah karotenoid yang bisa membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, dan mengurangi risiko serangan jantung.

  1. Alpukat

Alpukat tergolong buah untuk penyakit jantung karena diperkaya lemak tak jenuh tunggal yang memiliki potensi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol. Buah ini juga tinggi kandungan kalium yang berguna bagi kesehatan jantung dan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

  1. Anggur

Anggur mengandung resveratrol yakni senyawa polifenol yang banyak terdapat pada bagian biji dan buahnya. Resveratrol bertindak sebagai antioksidan, yang juga membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Manfaat anggur yang sama bisa diperoleh dari minuman red wine. Namun, red wine tergolong minuman beralkohol yang dibatasi konsumsinya. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

baca juga: Cek Kesehatan Jantung itu Mudah, Lakukan Cara ini!

  1. Pisang

Buah berwarna kuning ini merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah sehingga dapat mengurangi risiko peningkatan kadar kolesterol. Selain itu, buah ini juga diperkaya kandungan kalium yang dipercaya membantu menurunkan tekanan darah, sehingga berfungsi menghindari risiko hipertensi yang merupakan salah satu faktor risiko serangan jantung.

  1. Delima

Penelitian menunjukkan, konsumsi jus delima secara rutin selama tiga bulan, bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di jantung. Buah yang baik untuk jantung ini mengandung banyak antioksidan termasuk antosianin dan polifenol yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah. Jika sulit mencari buah delima, Anda dapat menggantinya dengan apel yang memiliki kandungan dan manfaat yang hampir sama.