10 Buah untuk Diabetes Wajib Anda Konsumsi!

buah-untuk-diabetes-doktersehat

DokterSehat.Com – Menderita diabetes memang membuat Anda jadi tidak ‘bebas’ untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Akan tetapi, Anda masih bisa—bahkan disarankan—untuk mengonsumsi buah-buahan yang menyehatkan. Apa saja buah untuk diabetes yang sebaiknya Anda konsumsi?

Diabetes Makan Buah, Bolehkah?

Diabetes adalah jenis penyakit di mana gula darah di dalam tubuh berada pada level yang tinggi akibat tidak mampunya sel tubuh untuk mengolah glukosa yang didapat dari makanan maupun minuman. Kondisi ini lantas berdampak pada terbatasnya jenis makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, terutama makanan yang mengandung gula.

Akan tetapi, tidak demikian dengan buah (dan juga sayuran). Alih-alih dilarang, penderita diabetes justru disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan. Pasalnya, buah-buahan diperkaya dengan zat-zat yang beberapa di antaranya memiliki peran penting dalam mengontrol kadar gula darah.

Pilihan Buah untuk Diabetes

Lantas, apa saja pilihan buah untuk penderita diabetes? Simak informasinya berikut ini!

1. Stroberi

Buah untuk diabetes yang pertama adalah stroberi.

Menurut  American Diabetes Association (ADA), stroberi adalah jenis buah yang tergolong aman dan bahkan disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Pasalnya, buah berwarna merah dan memiliki rasa asam ini memiliki indeks glikemik yang rendah.

Selain itu, stroberi juga diperkaya dengan sejumlah zat penting lainnya seperti antioksidan, karbohidrat, dan serat yang tentunya sangat baik bagi tubuh.

2. Blueberry

Selain stroberi, buah untuk penderita diabetes lainnya yang berasal dari keluarga beri-berian adalah blueberry.

Sama seperti stroberi, blueberry menurut ADA juga merupakan buah yang baik untuk diabetes dikarenakan indeks glikemiknya yang terbilang rendah. Pun demikian dengan kandungan zat lainnya yang meliputi serat, karbohidrat, dan zat antioksidan.

3. Ceri

Buah ceri yang kerap dijadikan topping kue tart ini juga ternyata merupakan buah yang baik untuk diabetes, lho.

Kadar glikemik yang rendah lagi-lagi menjadi alasan mengapa ceri dimasukkan ke dalam daftar buah untuk diabetes.

Selain untuk diabetes, buah ceri yang memiliki nama ilmiah Cerasus ini juga berkhasiat untuk mencegah berbagai jenis penyakit lainnya seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Apel

Para penderita diabetes juga disarankan untuk rutin mengonsumsi apel guna menjaga agar kadar gula darahnya tetap terkontrol.

Pasalnya, apel adalah buah yang baik untuk diabetes dikarenakan indeks glikemiknya yang juga terbilang rendah. Menurut ADA, apel masuk ke dalam kelompok buah dengan indeks glikemik rendah yakni kurang atau sama dengan 55.

Kandungan serat pada apel semakin menambah efektivitas buah ini dalam membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya.

Mengonsumsi apel juga sebaiknya tanpa harus dikupas terlebih dahulu kulitnya. Pasalnya, kulit apel mengandung nutrisi yang tak disangka-sangka, salah satunya antioksidan.

5. Persik

Buah untuk diabetes lainnya adalah buah persik.

Manfaat buah persik untuk menjaga agar kadar gula darah tetap terkendali dikarenakan buah yang secara bentuk mirip-mirip dengan apel ini diperkaya oleh kandungan serat.

Sebagaimana diketahui, salah manfaat dari serat adalah untuk menurunkan kadar gula darah yang sudah melebihi batas normal pada penderita diabetes.

Bagi Anda yang belum terserang diabetes, mengonsumsi buah persik juga dianjurkan untuk meminimalisir risiko penyakit ini di kemudian hari, terutama diabetes tipe 2 (diabetes mellitus).

6. Aprikot

Buah untuk penderita diabetes lainnya yang juga sama seperti persik yakni diperkaya oleh kandungan serat adalah aprikot.

Buah berwarna oranye ini umum disarankan oleh para praktisi medis untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes dengan tujuan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

7. Kiwi

Memiliki warna daging hijau dengan rasa yang asam, kiwi adalah buah untuk diabetes yang juga tak boleh dilewatkan oleh para penderita diabetes jika tak ingin kadar gula darah di dalam tubuhnya terus mengalami peningkatan.

Manfaat buah kiwi untuk penderita diabetes ini dihasilkan oleh air, serat, dan indeks glikemiknya yang masuk ke dalam kategori rendah. Hal ini lantas membantu tubuh untuk memperlambat proses penyerapan glukosa sehingga kadar gula darah bisa lebih terkontrol.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah kiwi juga bisa Anda olah menjadi minuman jus segar. Minumlah secara rutin dengan diimbangi dengan metode sehat lainnya agar gula darah dapat terkendali dengan baik.

8. Pir

Penderita diabetes juga jangan lupa untuk memasukkan buah pir ke dalam daftar menu sehat sehari-hari untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Dipilihnya pir sebagai salah satu buah untuk diabetes masih sama, yakni dikarenakan buah dengan kulit berwarna hijau ini mengandung serat di mana serat memang salah satu fungsinya adalah menurunkan kadar gula darah.

Anda bisa mengonsumsi buah pir secara langsung atau mengolahnya menjadi jus maupun salad buah yang segar.

9. Jeruk

Jeruk adalah salah satu sumber utama vitamin C sehingga mengonsumsi buah jeruk membuat Anda mendapatkan berbagai manfaat dari jenis vitamin yang satu ini.

Nah, salah satu manfaat vitamin C untuk kesehatan adalah mengatasi diabetes. Vitamin C bekerja untuk membantu tubuh dalam mengolah insulin dan glukosa. Tak hanya itu, buah jeruk juga ternyata masuk ke dalam kategori buah yang memiliki indeks glikemik rendah.

10. Alpukat

Jenis buah untuk diabetes terakhir yang kali ini dibahas adalah alpukat. Buah yang memiliki warna daging hijau kekuningan ini juga disebut sebagai buah yang baik untuk diabetes karena mengandung serat.

Anda bisa mengonsumsi alpukat secara langsung maupun mengolahnya menjadi minuman jus segar guna mendapatkan manfaatnya yang satu ini.

Selain Buah, Sayur Juga Bisa Mengatasi Diabetes, Lho!

Selain buah untuk penderita diabetes, ada juga sayur yang diklaim efektif dalam membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tumbuh. Beberapa contoh jenis sayur untuk diabetes adalah sebagai berikut:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Seledri
  • Asparagus
  • Buncis

Itu dia sayur dan buah untuk penderita diabetes yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat, pemanfaatan buah dan sayuran di atas tidak serta merta menyembuhkan diabetes. Keduanya hanya bersifat sebagai menu diet bagi penderita diabetes.

Sementara itu, penyakit diabetes perlu ditangani secara khusus  untuk mengontrolnya. Jika ragu, konsultasikan kepada dokter perihal makanan-makanan yang baik dikonsumsi selama terkena diabetes. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Anonim. Dietary Fiber: Essential for a Healthy Diet. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983 (Diakses pada 6 November 2019)
  2. Cervoni, B. 2019. What Fruit Can You Eat if You Have Diabetes. https://www.verywellhealth.com/you-can-eat-fruit-if-you-have-diabetes-1087514 (Diakses pada 6 November 2019)
  3. Galan, N. 2019. The Best Vegetables for Type 2 Diabetes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317225.php (Diakses pada 6 November 2019)
  4. Masters, M. 2017. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-fruits-for-diabetes/#what-fruit-is-good-for-high-blood-sugar (Diakses pada 6 November 2019)
  5. Rodriguez, D. 2015. 10 Fiber-Rich Foods for Your Diabetes Diet. https://www.everydayhealth.com/hs/type-2-diabetes-live-better-guide/fiber-rich-foods-pictures/ (Diakses pada 6 November 2019)