Terbit: 6 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ketahui apa saja makanan dan buah untuk darah rendah, tips kesehatan, dll. Tekanan darah rendah menyebabkan Anda merasa lemah, letih, lesu , pusing, hingga pingsan.

10 Buah untuk Darah Rendah yang Paling Baik

Buah untuk Darah Rendah

Tekanan darah rendah adalah kondisi dimana Anda memiliki tekanan darah rendah yaitu kurang dari 90/60 mmHg, tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg.

Bila Anda memiliki tekanan darah rendah, itu berarti jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya tidak mendapat suplai darah yang cukup sehingga dapat menyebabkan beberapa gangguan tubuh seperti lemah, lesu, mual, pusing, penglihatan buram, pingsan, dll.

Penyebab tekanan darah rendah adalah karena tubuh kekurangan folat dan vitamin B12 yang merupakan faktor risiko anemia serta dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Untuk mengatasinya, Anda harus memenuhi asupan buah dan sayur yang mengandung folat dan B12 dalam sayur dan buah.

Bila Anda memiliki tekanan darah rendah, berikut ini adalah daftar buah untuk darah rendah, yaitu:

1. Lemon

Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah dehidrasi. Buah yang bagus untuk darah rendah yang disebabkan karena dehidrasi adalah lemon karena mengandung antioksidan yang juga berperan untuk mengatur dan menjaga sirkulasi darah agar tetap normal.

Jus lemon dengan campuran sedikit gula dan garam sangat cocok diminum saat Anda mengalami dehidrasi yang terkait dengan tekanan darah rendah.

2. Pepaya

Buah yang bagus untuk darah rendah selanjutnya adalah pepaya. Pepaya mengandung folat yang sangat tinggi, dimana kandungan ini sangat diperlukan untuk penderita tekanan darah rendah.

Bila Anda mengalami gejala tekanan darah rendah karena hamil, sebaiknya hindari memakan pepaya mentah karena menurut penelitian pepaya mentah dapat memicu risiko kontraksi dini pada ibu hamil.

3. Pisang

Penyebab tekanan darah rendah yang paling umum adalah karena kekurangan asam folat. Anda dianjurkan untuk makan pisang bila mengalami gejala tekanan rendah karena pisang mengandung asam folat yang tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung potasium, vitamin B6, dan mangan untuk mengontrol tekanan darah.

Baca Juga: 6 Hal Ini Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Rendah

4. Alpukat

Buah yang bagus untuk darah rendah adalah buah yang mengandung folat dan vitamin B12 seperti buah alpukat. Setengah buah alpukat mentah mengandung sekitar 82 mikrogram folat atau sekitar 21% dari asupan folat yang dibutuhkan setiap hari. Jadi, alpukat termasuk dalam buah untuk darah rendah.

5. Buah yang Rendah Karbohidrat

Buah untuk darah rendah adalah buah dengan kandungan karbohidrat yang rendah seperti buah apel, blueberry, dan stroberi.

Makan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi seperti nasi, kentang, dan mie dapat meningkatkan kadar gula darah yang berpengaruh pada tekanan darah. Sementara makanan dengan karbohidrat rendah dapat membantu menormalkan tekanan darah darah.

6. Buah Sitrus

Buah untuk penderita darah rendah selanjutnya adalah buah sitrus seperti jeruk, lemon, limau, dan grapefruit atau jeruk bali merah. Buah sitrus mengandung folat dan vitamin C yang tinggi untuk mengatur tekanan darah, mengurangi risiko kanker payudara, dll.

Selain itu, manfaat buah jeruk juga untuk mengatasi dehidrasi yang dapat dikaitkan dengan gejala tekanan darah rendah.

Baca Juga: Awas, Kadar Gula Darah Rendah Juga Berbahaya

Sayur untuk Penderita Darah Rendah

Setelah mengetahui buah untuk darah rendah, berikut ini adalah daftar sayur yang baik untuk penderita darah rendah, yaitu:

1. Brokoli

Terdapat banyak manfaat brokoli untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengontrol tekanan darah karena brokoli mengandung sekitar 57 mikrogram folat dalam 91 gram brokoli.

Brokoli juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan mangan yang berkhasiat untuk memelihara kesehatan secara umum.

2. Asparagus

Asparagus juga termasuk dalam daftar sayur yang mengandung folat tinggi. Dalam 90 gram asparagus mengandung 134 mikrogram folat atau sekitar 34% dalam rekomendasi asupan harian. Selain itu, asparagus juga mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk kesehatan.

3. Buah Bit Merah

Buah bit merah juga merupakan sumber makanan yang kaya akan folat. Dalam 136 gram buah bit merah mengandung sekitar 148 mikrogram folat atau memenuhi 37% rekomendasi asupan harian.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Penderita tekanan darah rendah dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung folat seperti yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau. Contoh sayuran berdaun hijau adalah bayam, kangkung, selada air, kubis, selada, dll.

Sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin K dan vitamin A yang kemudian dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Penelitian juga membuktikan bahwa manfaat sayuran hijau dapat mengatasi inflamasi serta mengurangi risiko kanker.

Nah, itulah buah untuk darah rendah dan sayuran yang baik dikonsumsi penderita darah rendah. Memakan jenis makan tersebut dapat membantu Anda untuk menaikan tekanan darah sembari Anda menekan risiko terjadinya penurunan kadar gula darah.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Penderita Darah Rendah untuk Bantu Tingkatkan Tekanan Darah

Tips Kesehatan untuk Penderita Darah

Berikut ini adalah tips untuk penderita darah rendah, yaitu:

  • Tetap terhidrasi karena dehidrasi akan menurunkan tekanan darah. Minumlah banyak air putih dan hindari minuman beralkohol.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 dan folat seperti buah yang bagus untuk darah rendah yang sudah disebutkan.
  • Perbanyak konsumsi daging, telur, kacang-kacangan, dan hati.
  • Konsumsi makanan asin untuk menaikan tekanan darah seperti keju, ikan asap, minyak zaitun, dll.
  • Minum teh licorice dan kafein juga dapat membantu untuk merangsang detak jantung dan sistem kardiovaskular untuk menaikkan tekanan darah.
  • Rajin olahraga untuk melancarkan aliran darah.
  • Jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba, seperti dari berbaring ke duduk atau duduk ke berdiri.
  • Hindari berdiri dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama, terutama di bawah terik matahari.
  • Hindari mengangkat beban berat.
  • Jangan mengejan terlalu keras di toilet.
  • Hindari mandi air panas atau spa terlalu lama.
  • Dianjurkan untuk makan dalam porsi sedikit namun lebih sering.
  • Segera duduk bila mulai merasa gejala tekanan darah seperti pusing atau lemas.
  • Beristirahat yang cukup.

Umumnya tekanan darah rendah dapat diatasi dengan mengubah pola makan dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Anda juga dianjurkan untuk menerapkan tips untuk penderita darah rendah tersebut saat mengalami gejala darah rendah.

Itulah pembahasan tentang buah untuk penderita darah rendah. Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu Anda dalam cara mengatasi darah rendah.

 

  1. Cunha, John, DO, FACOEP. 2019. What Foods Are Good for Low Blood Pressure?. https://www.emedicinehealth.com/ask_what_foods_are_good_for_low_blood_pressure/article_em.htm#ask_a_doctor. (Diakses pada 6 November 2019).
  2. Chilukoti, Bhavyajyoti. 2015. 9 must-have foods for people with hypotension or low blood pressure. https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/9-must-have-foods-for-people-with-hypotension-or-low-blood-pressure-175949/. (Diakses pada 6 November 2019).
  3. Fletcher, Jenna. 2017. Nine ways to raise blood pressure. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319506.php. (Diakses pada 6 November 2019).
  4. Link, Rachael MS, RD. 2018. 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid). https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-folate-folic-acid. (Diakses pada 6 November 2019).
  5. WebMD. 2019. Understanding Low Blood Pressure — Diagnosis and Treatment. https://www.webmd.com/heart/understanding-low-blood-pressure-treatment#1. (Diakses pada 6 November 2019).
  6. Whelan, Corey. 2017. Raise Low Blood Pressure Naturally Through Diet. https://www.healthline.com/health/low-blood-pressure-diet. (Diakses pada 6 November 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi