Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sedang berencana memiliki buah hati dan sedang dalam program hamil? Jika iya, maka kesuburan atau fertilitas tentu menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan, ya.

4 Jenis  Buah yang Optimalkan Kesuburan Pasangan

Selain pola makan saat makan utama, camilan dan pilihan buah juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, lho. Buah sebagai salah satu makanan yang paling padat gizi, vitamin, mineral, serat serta zat fitonutrien, menjadikan buah sebagai salah satu bahan makanan yang tepat dipilih untuk mendukung asupan gizi yang maksimal, utamanya saat sedang mempersiapkan kehamilan.

Buah juga akan mendukung kondisi kesehatan, organ dan sistem tubuh menjadi lebih baik mengingat manfaat buah yang mampu mendukung lancarnya beberapa sistem dalam tubuh, misalnya pencernaan, menormalkan kadar darah, hingga meningkatkan imunitas tubuh. Buah juga akan mendukung pemenuhan kebutuhan gizi dan vitamin harian tubuh.

Lalu, buah apa saja yang bisa membantu meningkatkan kesuburan pasangan?

Buah yang mampu membantu meningkatkan kesuburan wanita adalah buah yang dapat memberikan asupan vitamin dan zat tertentu untuk meningkatkan fertilitas.

Beberapa jenis zat yang dapat memberikan efek pada kesuburan wanita adalah jenis vitamin yang kaya akan antioksidan serta jenis zat yang kaya akan fitonutrien.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Untuk lebih mengetahui jenisnya, yuk sama-sama kita simak buah apa saja yang mampu mendukung kesuburan di bawah ini!

1. Pisang

Pisang tentu menjadi salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia, ya. Hal ini wajar mengingat pisang menjadi khas di berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya rasanya yang manis dan cenderung mudah dikonsumsi, namun pisang ternyata mampu mendukung suksesnya kehamilan, lho.

Photo Credit : www.pexels.com

Buah pisang kaya akan vitamin yang mampu mendukung produksi sperma, yaitu vitamin A, B1 vitamin C, beberapa jenis vitamin dan mineral jenis magnesium.

Kombinasi kandungan vitamin dan zat yang ada pada buah pisang tersebut merupakan kombinasi yang tepat dipilih untuk mendukung meningkatknya kesuburan.

Pisang yang mudah diperoleh ini sebaiknya Anda jadikan bagian dari jenis buah yang perlu Anda konsumsi setiap hari sebanyak 80-100 gram per porsinya. Hal ini akan membuat asupan zat dan gizi di atas bisa rutin dan optimal.

2. Stroberi

Anda penggemar stroberi? Buah kecil yang warnanya menarik dengan rasa manis asam ini memang memiliki kandungan yang cukup padat. Stroberi memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk menfukung fertilitas yaitu vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, mangan, magnesium dan kalium.

buah-stroberi-strawberry-doktersehat

Photo Credit: pexels.com

Perpaduan kandungan zat dan vitamin tersebut dinilai mampu mendukung meningkatkan jumlah sperma serta melancarkan sirkulasi darah sehingga fungsi seksual lebih maksimal.

3. Jambu biji

Jika biasanya jambu biji merah hanya identik untuk pasien demam, maka kini Anda bisa memanfaatkan jambu biji untuk mendukung optimalisasi fertilitas.

Jus-jambu-biji-doktersehat

Source: Best Herbal Health

Jambu biji memiliki kandungan vitamin A dan C yang memberikan asupan antioksidan yang baik. Selain itu, jambu biji memiliki kandungan zat yaitu asam askorbat dan likopen alami yang bisa membantu meningkatkan kesuburan utamanya wanita.

4. Semangka

Semangka yang disajikan pada saat dingin dan dikonsumsi siang hari tentu super segar, ya. Tidak hanya nikmat, namun ternyata semangka juga dapat memberikan asupan vitamin dan antioksidan yang tinggi untuk dapat meningkatkan kesuburan pasangan.

doktersehat-khasiat-minyak-biji-semangka

Photo Credit: Pexels.com/rawpixel.com

Hal ini didukung dengan penelitian yang menyebutkan bahwa asupan likopen alami yang ada pada semangka mampu mendukung peningkatan jumlah sperma, struktur hingga pergerakan sperma.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi