7 Jenis Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

buah-untuk-diabetes-doktersehat

DokterSehat.Com – Seseorang yang mengalami diabetes biasanya tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang manis atau berbagai jenis karbohidrat sederhana seperti nasi. Mengonsumsi makanan itu akan membuat gula darah di dalam tubuh meningkat cukup signifikan sehingga kemungkinan terjadi masalah akan besar.

Nah, selain makanan manis dan aneka karbohidrat sederhana, ada baiknya menghindari beberapa jenis buah. Buah yang harus dihindari di bawah ini bisa menyebabkan gula darah di dalam tubuh meningkat dan penderita jadi lemas hingga berisiko alami komplikasi lainnya. Berikut beberapa buah yang harus dihindari penderita diabetes.

  1. Ceri

Satu buah ceri yang segar mengandung 1 gram karbohidrat. Kalau Anda memakan satu mangkuk kecil bisa saja jumlahnya meningkat. Oh ya, karbohidrat dari ceri sendiri juga meningkat kalau sudah dibuat dalam bentuk buah kaleng dan digunakan sebagai penghias kue tar.

  1. Anggur

Memakan anggur yang ukuran kecil mungkin akan membuat Anda tidak sadar sudah menyantap banyak butirnya dalam sekali jalan. Padahal satu butir anggur mengandung setidaknya 1 gram karbohidrat. Nah, kalau makan setengah tanda atau satu tandan kecik, jumlah karbohidrat yang masuk juga akan banyak.

  1. Nanas

Nanas memiliki rasa asam dan manis. Meski buah ini baik untuk mengatasi dehidrasi dan menambah asupan vitamin pada tubuh, mengonsumsi dalam jumlah banyak akan berbahaya. Oleh karena itu pembatasan harus dilakukan agar gula darah tidak meningkat dengan instan.

Nanas juga lebih baik dimakan saat segar setelah dipotong. Jangan dicampur dengan bahan lain apalagi gula atau sirop agar rasanya lebih manis.

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang kerap digunakan sebagai alternatif sumber karbohidrat. Dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, buah ini tidak disarankan untuk penderita diabetes. Makan sedikit saja bisa menaikkan gula darah dengan cepat.

  1. Mangga

Mangga bisa dikonsumsi dengan berbagai jenis kematangan. Ada mangga yang dikonsumsi dalam bentuk mentah, setengah matang, dan matang. Semakin tinggi tingkat kematangan dari mangga dan buahnya menjadi empuk, glycemic index akan meningkat juga sehingga tidak cocok untuk penderita diabetes.

Satu buang mangga matang dengan ukuran sedang akan memberikan asupan nutrisi seperti vitamin C untuk daya tahan. Sayangnya buah tropis ini juga memberikan banyak sekali gula dan karbohidrat. Dalam satu kali makan Anda akan mendapatkan 26 gram gula dan 30 gram karbohidrat.

  1. Buah penghasil jus

Beberapa buah yang bisa menghasilkan jus seperti jeruk peras memang sehat kalau dikonsumsi mereka yang non diabetes. Namun, kalau mereka mengalami diabetes, kemungkinan terjadi masalah akan cukup tinggi. Satu gelas buah peras mengandung setidaknya 30 gram gula, 30 gram karbohidrat, dan tidak memiliki serat.

Seperti yang kita tahu gula dan karbohidrat adalah hal yang patut dihindari. Meminum satu gelas perasan jeruk manis sama halnya memasukkan 60 gram karbohidrat. Gula darah di dalam tubuh bisa mengalami kenaikan yang cukup signifikan sehingga gangguan tubuh bisa langsung terjadi.

  1. Buah kering

Buah kering kadang memiliki rasa manis dan asam dan bergantung jenisnya. Kalau jenis anggur mungkin agak sedikit manis seperti kismis. Nah, buah ini mengandung cukup banyak gula dan karbohidrat meski terlihat kecil dan dimampatkan. Hindari mengonsumsi buah kering terlalu banyak, kalau hanya 2-3 butir saja tidak masalah.

Inikah beberapa jenis buah yang tidak cocok untuk penderita diabetes. Semoga setelah membaca ulasan di atas, Anda yang menderita diabetes bisa lebih hati-hati saat mengonsumsi sesuatu termasuk buah yang sebenarnya sehat.