Buah Terlarang Bagi Diabetes

Manfaat buah sawo bagi kesehatan - DokterSehat

DokterSehat.Com– Demi mencegah datangnya lonjakan kadar gula darah yang tidak terkendali yang tentu akan meningkatkan risiko komplikasi, penderita diabetes memang harus mengubah gaya hidupnya dengan drastis. Salah satunya adalah dengan menerapkan diet khusus. Sebagai contoh, penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi makanan manis atau tinggi gula karena hal ini bisa mempengaruhi kadar gula dalam tubuhnya.

Selain makanan-makanan manis atau yang bisa mengenyangkan perut dengan cepat, pakar kesehatan juga menyarankan penderita diabetes untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsi buah-buahan tertentu. Meskipun dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan nutrisi menyehatkan, dalam realitanya ada banyak buah yang memiliki rasa yang manis akibat memiliki gula alami yang cukup tinggi. Padahal, gula sebaiknya tidak dikonsumsi dengan sembarangan oleh penderita diabetes.

Salah satu buah yang sering kita konsumsi namun sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah mangga. Buah lokal yang memiliki harga terjangkau dan rasa manis ini sayangnya memiliki kadar gula alami yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi dengan berlebihan dikhawatirkan bisa memicu kenaikan kadar gula darah. Buah nanas juga bisa memberikan efek yang sama. Rasanya yang manis menandakan bahwa kandungan gulanya cukup tinggi, tepatnya sekitar 20 gram karbohidrat untuk setiap porsi setengah cangkir saja. Nilai indeks glikemiknya juga cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah dengan cepat.

Buah sawo ternyata juga sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena nilai indeks glikemiknya cukup tinggi, yakni di angka 55. Kandungan gula dan karbohidratnya juga cukup tinggi sehingga dikhawatirkan bisa memicu kenaikan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu, buah srikaya juga sebaiknya tidak dimakan penderita diabetes karena di setiap 100 gramnya memiliki kandungan 23 gram karbohidrat.

Buah pisang juga sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi penderita diabetes karena indeks glikemiknya di angka sekitar 46 hingga 70. Sementara itu, setiap setengah cangkir sajian pisang sudah menyediakan 15 gram karbohidrat.

Jika penderita diabetes ragu, mereka bisa meminta saran dokter untuk mengetahui buah apa yang aman bagi kesehatannya dan mengonsumsinya dengan porsi yang tepat.