Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dari begitu banyaknya jenis buah-buahan, tentunya pernah terpikirkan oleh Anda tentang buah apa yang paling sehat sedunia, bukan? Dari pertanyaan besar tersebut, banyak yang melakukan klaim atas buah-buahan tertentu sehingga tidak jelas, mana buah yang paling sehat sebenarnya. Begitu pula pada buah yang satu ini, yakni tepurang.

Mengenal Buah Tepurang yang Katanya Paling Sehat Sedunia

Mungkin Anda masih sedikit asing dengan buah tepurang. Tapi buah ini cukup populer di wilayah Asia, khususnya Asia Tenggara. Buah yang memiliki nama latin momordica cochinchinensis ini adalah sejenis buah labu-labuan yang merambat dan mudah ditemukan pada hutan dengan daratan rendah. Di Indonesia sendiri, buah tepurang bisa Anda temukan pada hutan di daerah Sulawesi dan sekitarnya.

Bentuknya pun cukup unik, yakni bulat oval dengan tekstur kulit bergigi. Kulitnya berwarna oranye kemerahan, sedangkan buahnya berwarna merah pekat. Untuk urusan rasa, kabar punya kabar buah yang satu ini punya kombinasi rasa yang cukup unik, yakni manis dan pahit.

Namun walau rasanya sedikit pahit, buah yang satu ini diklaim sebagai buah yang paling menyehatkan di dunia. Bagaimana tidak, hampir semua masalah kesehatan bisa ditangani oleh buah tepurang. Misalnya sakit mata, sakit tulang, masalah kulit, masalah rambut, kekebalan tubuh, pencernaan, hingga kaki terkilir pun bisa disembuhkan dengan tepurang.

Mungkin di Indonesia keberadaan buah ini masih tidak familiar, sehingga Anda masih sedikit asing dengan buahh tepurang, tapi berbeda di Vietnam dan Tiongkok. Di sana, buah yang satu ini sering dijadikan menu andalan dalam setiap masakan setiap hari. Misalnya digunakan sebagai campuran sayur ataupun diolah sebagai jus. Adapun kandungan yang dimilikinya adalah beta karoten, zeaxantine, lycopene, serta vitamin C yang membuatnya diklaim menjadi buah paling menyehatkan di dunia.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi