Buah Sehat yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

DokterSehat.Com– Saat masa menyusui, asupan makanan bergizi bagi ibu bisa diperoleh dari pemilihan buah-buahan yang tepat. Lalu, apa saja sih buah baik dikonsumsi oleh ibu menyusui?

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013 kebutuhan gizi ibu pada masa menyusui meningkat 600 kkal, angka tersebut lebih tinggi dari kebutuhan ibu saat hamil.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pemilihan buah yang tepat akan sangat membantu agar kebutuhan gizi ibu terpenuhi dan produksi ASI semakin berkualitas.

Inilah beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui:

1. Buah yang memiliki banyak kalori

Ibu menyusui dianjurkan mengonsumsi buah yang memiliki banyak kalori sehingga pemenuhan kebutuhan energi ibu menyusui bisa tercukupi. Pilihan buah dengan banyak kalori juga akan membuat tubuh merasa lebih kenyang.

Buah yang memiliki banyak kalori diantaranya adalah buah alpukat, pisang, dan sawo. Pastikan ibu mengonsumsi buah tidak dengan banyak penambahan pemanis buatan, ya!

2. Buah dengan banyak cairan

Tidak hanya energi, kebutuhan cairan ibu menyusui juga meningkat. Memilih buah yang memiliki banyak cairan akan sangat membantu asupan cairan dalam tubuh.

Sebagian besar buah memiliki cukup banyak cairan, namun buah dengan kandungan cairan paling banyak adalah buah nanas, lemon, buah beri misalnya blueberry atau blackberry, jambu air, jeruk serta semangka.

3. Buah yang padat gizi

Asupan gizi berupa vitamin dan mineral tentu menjadi alasan utama mengonsumsi buah ya. Hal ini tentu juga berlaku untuk ibu menyusui.

Memilih buah yang padat kandungan gizi sangat dianjurkan agar kebutuhan vitamin dan mineral yang meningkat juga dapat terpenuhi. Pilihan buah yang padat kandungan gizinya adalah buah apel, kiwi dan pepaya.

Pilihan buah yang tepat pada masa menyusui akan sangat membantu memenenuhi kebutuhan harian ibu menyusui dan mendukung produksi ASI, ya!