15 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui & Pantangannya!

buah-untuk-ibu-menyusui-doktersehat

DokterSehat.Com– Saat masa menyusui, asupan makanan bergizi bisa diperoleh dari pemilihan berbagai macam buah untuk ibu menyusui. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013 (AKG) kebutuhan gizi ibu menyusui meningkat 600 kkal, angka tersebut lebih tinggi dari kebutuhan ibu hamil. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pemilihan buah yang tepat akan sangat membantu agar kebutuhan gizi ibu terpenuhi dan produksi ASI semakin berkualitas.

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Agar produksi ASI (air susu ibu) melimpah dan bayi senantiasa sehat, berikut ini beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu menyusui:

1. Alpukat

Buah super ini sangat bagus untuk banyak hal, salah satunya bagus untuk ibu menyusui. Kandungan asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9 dalam alpukat membantu ibu menghasilkan ASI yang sangat kaya untuk si kecil!

Selain itu, buah untuk ibu menyusui ini kaya akan asam folat serta vitamin C, vitamin E dan kalium yang membantu si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Makan buah yang lembut ini juga dapat membantu menjaga kadar gula dan kolesterol darah.

2. Pepaya muda

Pepaya muda atau pepaya yang masih hijau adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui, meskipun tidak dianjurkan saat Anda hamil.

Papaya bertindak sebagai agen yang membantu laktasi meningkatkan produksi hormon oksitosin, dan produksi susu. Pepaya muda juga mengandung vitamin esensial seperti vitamin A, B, C, dan E.

3. Stroberi

Stroberi yang memiliki rasa asam ini juga termasuk dalam daftar buah untuk ibu menyusui, namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena buah ini dapat menyebabkan perut kembung pada sebagian bayi.

Tidak hanya menyegarkan, stroberi mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan si kecil untuk tumbuh kembangnya. Buah ini penuh zat besi dan vitamin seperti vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium.

Selain itu, kandungan airnya yang tinggi dapat membantu ibu tetap terhidrasi dengan baik saat menyusui bayi.

4. Pisang

Siapa yang tidak tahu pisang, buah yang familiar ini benar-benar enak dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Pisang tergolong buah berkalori tinggi yang dapat membantu rasa lapar saat menyusui dan membantu meningkatkan kadar asam folat Anda.

Manfaat pisang yang bagus untuk ibu menyusui ini juga memiliki potasium yang dapat membantu ibu menyusui menjaga kadar cairan dan elektrolitnya, untuk membantu menjaga aliran ASI yang baik.

5. Sawo

Sawo adalah buah yang baik untuk ibu menyusui. Buah yang memiliki daging cokelat ini berkalori tinggi, yang akan menghasilkan ASI lebih banyak untuk bayi Anda. Ibu menyusui akan membakar hingga 500 kalori sehari hanya dengan menyusui!

Buah yang kaya akan vitamin A dan C ini juga mengandung antioksidan dan sawo melancarkan pencernaan.

6. Blueberry

Blueberry juga buah untuk ibu menyusui, karena memiliki sifat antioksidannya yang menakjubkan. Antioksidan masuk ke bayi melalui ASI. Blueberry juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A dan K, kalsium, dan juga kalium.

Namun, jangan terlalu banyak makan buah ini karena buah yang masuk dalam keluarga beri ini dapat menyebabkan perut kembung pada sebagian bayi.

7. Blewah

Jumlah harian vitamin C yang disarankan untuk ibu menyusui adalah sekitar 100 gram. Mengonsumsi cantaloupes atau blewah atau juga disebut melon batu setiap hari dapat memenuhi setengahnya yang disarankan, karena mengandung 50 gram Vitamin C. Cantaloupes juga tinggi kadar air, yang membuat Anda tetap terhidrasi saat menyusui.

8. Mangga

Buah untuk ibu menyusui ini mengandung banyak antioksidan dan vitamin K. Kandungan serat dan kalium dalam mangga juga dapat membantu ibu menyusui memenuhi kembali gizinya, sehingga cocok sebagai buah yang bagus untuk ibu menyusui. Tentu saja, mangga matang benar-benar nikmat untuk Anda konsumsi karena menyegarkan.

9. Jeruk

Siapa yang tidak tahu, jeruk adalah sumber vitamin C sangat yang dibutuhkan ibu menyusui, bahkan lebih banyak daripada saat Anda hamil. Menurut Kid’s Health, vitamin C berperan penting dalam pertumbuhan tulang, gigi, dan otot yang sehat pada anak, termasuk bayi baru lahir.

Jeruk juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Ibu menyusui harus memenuhi vitamin C sekitar 120 miligram per hari, yang berarti sekitar dua jeruk kecil sehari.

10. Aprikot

Buah bertekstur lembut dan memiliki rasa manis ini mengandung fitoestrogen, yang meniru aktivitas estrogen dalam tubuh. Fitoestrogen membantu mengatur hormon penghasil susu dalam tubuh dan dapat meningkatkan laktasi.

Buah yang bagus untuk ibu menyusui ini juga kaya akan kalsium, kalium dan vitamin C dan A – yang semuanya berkontribusi pada kesehatan yang optimal untuk ibu dan bayi Anda.

11. Tin

Buah tin kaya akan banyak mineral seperti mangan, magnesium, tembaga, kalsium, dan kalium. Buah yang bagus untuk ibu menyusui ini juga merupakan sumber serat, vitamin K dan vitamin B6. Ini adalah alasan mengapa sejumlah masakan di negara asalnya menggunakan buah tin dalam salad dan banyak perusahaan makanan bayi menggunakannya dalam makanan bayi.

12. Pir

Buah ini aman dikonsumsi bagi ibu menyusui. Tetapi, batasi makan buah pir, dengan jumlah konsumsi paling banyak satu buah pir per hari. Buah pir adalah buah dingin yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.

Satu buah pir mengandung vitamin C, vitamin K, kalium. Juga sarak akan kalsium, zat besi, magnesium, riboflavin, vitamin B-6, dan folat.

13. Apel

Adalah buah yang kaya akan kalsium, zat besi, folat dan vitamin A dan C, yang baik untuk ibu menyusui. Selama kehamilan, kadar zat besi menurun.

Pada saat menyusui, Bunda perlu memperkuat tubuh dengan makanan kaya zat besi. Sementara kekurangan kalsium menyebabkan tulang lemah dan produksi ASI rendah,

Apel merupakan sumber serat, kalium dan fosfor yang baik. Makan satu apel berukuran sedang mengandung 80 kalori, dan merupakan makanan yang sangat baik, karena makan yang menyehatkan dan bisa mengurangi berat badan.

14. Anggur

Adalah buah bergizi tinggi yang tidak memiliki efek samping saat menyusui. Namun, dalam beberapa kasus, penelitian menyimpulkan bahwa ibu menyusui yang makan anggur menemukan bahwa bayinya mengalami masalah perut. Dalam beberapa kasus, bayi yang mengalami kolik menderita komplikasi lebih lanjut ketika ibu menyusui mengkonsumsi anggur.

Bila bunda mengkonsumsi anggur saat menyusui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya;

  • Bila makan buah anggur, pastikan Anda tidak makan buah lain selama setidaknya dua hingga tiga hari. Ini akan membantu Bunda melihat adanya perubahan pada tinja bayi atau perilaku umum. Jika bayi mengalami sakit perut, dan jika Anda tidak makan buah atau makanan baru selain anggur, Anda akan tahu pasti apakah itu disebabkan oleh makan anggur.
  • Jika bayi sakit perut, penting bagi Bunda untuk memerhatikan semua yang Anda makan saat menyusui dan perhatikan pengaruhnya terhadap bayi.
  • Ketika Anda makan anggur untuk pertama kalinya saat menyusui, jauhi makan buah-buahan lain atau makanan baru. Ini akan memberi Bunda waktu untuk mencatat jika makan anggur meningkatkan rasa tidak nyaman atau sakit perut bayi Anda.
  • Setiap kali makan anggur saat menyusui, pastikan Bunda memakannya dalam jumlah sedang. Meskipun makan beberapa buah anggur mungkin aman, tapi terlalu banyak tidak baik.

15. Nanas

Makan nanas saat hamil dianjurkan saat tahap terakhir kehamilan karena dapat menginduksi persalinan. Meski buah untuk ibu menyusui, tetapi hanya setelah menyusui bayi selama sekitar 5 sampai 6 bulan.

Alasanya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa maka buah sitrus yang lebih tinggi dalam makanan ibu menyusui dapat berbahaya bagi tubuh bayi. Ini juga termasuk nanas, karena memiliki rasa yang cukup kuat dan kandungan asamnya, yang bisa sangat kuat untuk bayi.

Nanas adalah buah yang cukup penting bagi para ibu karena sangat kaya akan vitamin dan beberapa elemen yang sangat spesifik hanya ditemukan dalam nanas. Secangkir potongan nanas mengandung nutrisi, seperti asam pantotenat, folat, serat, vitamin B1,  vitamin B6, tembaga, mangan, dan vitamin C.

Buah yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Sekarang Anda sudah tahu buah yang bagus untuk ibu menyusui, Anda juga harus tahu buah-buahan apa saja penting untuk dihindari saat menyusui:

1. Kiwi, Lemon, Jeruk Nipis, Grapefruit

Beberapa buah yang dilarang untuk ibu menyusui ini kaya akan asam sitrat, yang dapat mengiritasi gerakan usus dan sistem pencernaan bayi Anda. Bahkan beberapa orang dewasa tidak dapat menangani asam sitrat dosis tinggi.

2. Plum dan Ceri

Plum dan ceri dipercaya sebagai obat pencahar alami. Setiap kali Anda mengalami sembelit, kedua buah ini adalah buah yang Anda gunakan untuk membantu melancarkan buang air besar.

Jika makan terlalu banyak buah-buahan ini, juga dapat memengaruhi sistem pencernaan si kecil Anda. Ditambah lagi buah ini menyebabkan Anda sering ke kamar mandi dan ini tidak baik untuk Anda, karena Anda harus terhidrasi dengan baik saat menyusui.

_

Nah, itu dia daftar buah yang baik untuk ibu menyusui dan buah yang dilarang untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Antonius Hapindra Kasim

 

Sumber:

  1. Voon, Sarah. Tanpa Tahun. 8 fruits to eat when you’re breastfeeding for better milk production. https://sg.theasianparent.com/fruits-to-eat-while-breastfeeding. (Diakses 28 Juni 2019)
  2. Hosseini Sarah. 2019. 9 Fruits To Eat When You’re Breastfeeding For Better Milk Flow. https://www.romper.com/p/9-fruits-to-eat-when-youre-breastfeeding-for-better-milk-flow-15951. (Diakses 28 Juni 2019)
  3. Mrunal. 2019. Fruits to Eat and Avoid during Breastfeeding. https://parenting.firstcry.com/articles/fruits-to-eat-and-avoid-during-breastfeeding. (Diakses 28 Juni 2019)
  4. Ware, Megan. 2019. What to know about pears. https://www.medicalnewstoday.com/articles/285430.php#nutrition. (Diakses 2 Desember 2019)
  5. Anonim. Tanpa tahun. Safe To Eeat Pear. https://www.babyment.com/nutrition/safe-to-eat.php?food=Pear. (Diakses 2 Desember 2019)
  6. Raja, Debolina. 2019. Can You Eat Grapes While Breastfeeding. https://www.momjunction.com/articles/grapes-while-breastfeeding_00360429/#gref. (Diakses 2 Desember 2019)
  7. Rahkee. 2019. Is It Safe To Drink Apple Juice While Breastfeeding?. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-drink-apple-juice-while-breastfeeding_00354956/#gref. (Diakses 2 Desember 2019)