10 Buah untuk Buka Puasa yang Kembalikan Energi & Menyehatkan

DokterSehat.Com – Buah adalah makanan yang penting saat puasa Ramadan. Untuk mengembalikan kesegaran tubuh, buah dibutuhkan setiap hari khususnya saat berbuka puasa. Buah untuk berbuka puasa bisa memberikan tambahan energi dari rasa manis yang dihasilkan, aneka vitamin bermanfaat, dan serat yang dapat melancarkan pencernaan.

Buah yang Cocok untuk Buka Puasa

Selama berbuka puasa di bulan Ramadan, sempatkan untuk mengonsumsi buah secara rutin. Anda bisa memakannya secara langsung atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi makanan atau mungkin es buah yang segar. Nah, berikut buah terbaik untuk berbuka puasa yang sehat:

1. Kurma

Buah untuk berbuka puasa yang pertama adalah kurma, karena sangat dianjurkan untuk ada saat berbuka puasa. Buah ini bisa dikonsumsi sebanyak tiga butir dengan minum segelas air putih. Kurma akan memberikan energi secara langsung dari rasa manis yang diberikan. Energi tubuh akan langsung terangkat dengan instan.

Selain memberikan energi, kurma juga mengandung cukup banyak vitamin seperti B1, B2, B3, B5, dan C. Vitamin ini akan melindungi tubuh sehingga kita tidak mudah sakit dan organ terjaga kinerjanya.

2. Semangka

Puasa akan menyebabkan tubuh dehidrasi setiap harinya karena menahan haus selama 14 jam. Bila tidak minum cukup air saat sahur, tubuh akan mengalami penurunan jumlah cairan dan menyebabkan kepala pusing atau mungkin mual.

Untuk membuat tubuh kembali terhidrasi, buah untuk buka puasa yang cocok Anda konsumsi adalah semangka. Buah semangka dapat dinikmati sebagai makanan pembuka atau pencuci mulut ketika berbuka puasa.

Semangka mengandung 91% air di dalam dagingnya. Selain itu daging buah ini juga mengandung likopen yang bekerja sebagai antioksidan. Selebihnya, semangka juga mengandung citrulline dan arginine yang baik untuk mengaja kesehatan jantung dan mengurangi timbunan lemak yang menyebabkan kolesterol dan serangan jantung.

Baca juga: 11 Menu Makanan Buka Puasa yang Sehat & Enak

3. Melon

Melon adalah buah yang rendah kalori dan memiliki banyak kandungan air, yang membuat tubuh kembali terhidrasi saat buka puasa.

Hanya 1 cangkir melon (150-160 gram), seperti melon atau semangka, menghasilkan 46-61 kalori. Meskipun rendah kalori, melon kaya akan serat, kalium, dan antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, dan lycopene.

Mengonsumsi buah-buahan dengan kadar air yang tinggi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, semangka memang memiliki indeks glikemik yang tinggi, jadi kontrol porsinya ya.

Buah yang cocok untuk buka puasa ini dapat dinikmati dalam keadaan segar, seperti dipotong dadu, campuan es buah, smoothie, atau dibuat salad buah.

4. Buah berry

Aneka buah berry seperti strawberry hingga blueberry baik untuk kesehatan dan direkomendasikan sebagai buah untuk buka puasa dan sahur. Buah untuk berbuka puasa ini mengandung banyak vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan. Selain itu, buah jenis ini juga baik untuk mencegah serangan jantung dan meringankan risiko hipertensi.

Konsumsi berry saat buka puasa sebagai makanan pencuci mulut. Selanjutnya konsumsi juga saat sahur sebagai jus atau dimakan langsung. Kandungan vitamin dan mineralnya akan meningkatkan kebutuhan kognitif sehingga Anda tidak kehilangan fokus saat bekerja.

Baca juga: 15 Pilihan Minuman Buka Puasa Paling Praktis

5. Pisang

Buah untuk buka puasa selanjutnya adalah pisang, yang harus tersedia saat Ramadan. Buah ini mengandung cukup banyak karbohidrat yang akan membuat Anda langsung kenyang. Selain dapat mengganjal perut sebelum menyantap makanan berat, pisang juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah heartburn.

6. Jeruk

Jeruk adalah buah yang cocok untuk buka puasa karena mengandung Vitamin C dan mineral yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi jeruk akan memberikan rasa segar secara instan dan membuat Anda menjadi lebih kebal dengan penyakit seperti flu yang sering muncul saat musim kemarau.

7. Alpukat

Avokad adalah salah satu buah yang bisa jadi alternatif selain kurma. Kandungan lemak nabati yang banyak akan membuat energi dalam tubuh langsung meningkat.

Buah untuk berbuka puasa ini dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, smoothie atau langsung dimakan bersama susu cokelat.

8. Apel

Apel adalah buah yang rendah kalori (116 kalori) dan tinggi serat (5,4 gram) per buah (223 gram). Mengonsumsi buah-buahan rendah kalori seperti apel lebih mengenyangkan. Bahakan mengonsumsi buah apel dapat menahan lapar seharian.

Penelitian menunjukkan bahwa apel paling baik dimakan utuh daripada dijus. Namun apel dapat dinikmati dengan berbagai cara baik dimasak maupun mentah. Cobalah menambahkannya pada sereal hangat dan dingin, yoghurt, salad buah, atau memanggangnya menjadi apple pie.

Baca juga: 5 Makanan yang Memberikan Energi Instan Saat Berbuka Puasa

9. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang rendah fruktosa dibandingkan buah lain. Dengan komponen ini gula darah di dalam tubuh tidak akan mudah naik dengan cepat. Selain itu kiwi juga mengandung cukup banyak serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Anda akan jarang sembelit yang menyebabkan perut sakit.

10. Markisa

Satu buah markisa (18 gram) yang segar mengandung 17 kalori dan kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalium. Markisa juga memiliki serat makanan yang cukup.

Selain itu, biji markisa mengandung piceatannol, zat yang terkait dengan pengurangan tekanan darah dan peningkatan sensitivitas insulin pada pria yang kelebihan berat badan. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian.

Serat dalam markisa memperlambat pencernaan, membantu merasa lebih kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan.

Markisa paling baik dikonsumsi utuh, digunakan sebagai topping, es buah, sebagai makanan penutup, atau ditambahkan pada minuman.

Nah, itulah beberapa buah yang cocok untuk buka puasa. Apa buah kesukaan Anda, Teman Sehat?