Terbit: 21 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah Anda jika kolesterol tinggi termasuk dalam penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia? Berdasarkan data dari WHO yang dikeluarkan pada 2011 silam, diketahui bahwa 35 persen masyarakat Tanah Air memiliki masalah kadar kolesterol yang lebih tinggi dari normal. Yang menjadi masalah adalah, kolesterol tinggi bisa berimbas menjadi penyakit lain yang jauh lebih serius jika dibiarkan begitu saja.

Buah Pir Bisa Turunkan Kolesterol?

Demi mengatasi masalah kolesterol tinggi, mau tidak mau kita harus mengubah gaya hidup seperti menerapkan pola makan yang jauh lebih sehat atau rajin berolahraga. Selain itu, kita juga sebaiknya mulai rajin mengonsumsi buah pir. Sebenarnya, mengapa kita harus makan buah pir demi mencegah datangnya masalah kolesterol?

Buah yang kaya akan kandungan air ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi. Sebagai informasi, selain buah pir, pektin juga bisa ditemukan di dalam apel, pisang, kacang-kacangan, buah ceri, dan buah jeruk. Dengan rajin mengonsumsi pektin yang ada di dalam buah pir, maka kita bisa menekan kadar kolesterol hingga 20 persen.

Pektin memiliki kemampuan untuk mencegah saluran pencernaan, tepatnya usus, menyerap kolesterol yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu, kandungan di dalam buah pir juga akan membuat usus terlindungi dari infeksi atau luka dengan lebih baik.

Kandungan lain di dalam buah pir yang sangat baik bagi kesehatan tubuh adalah serat, mineral, dan vitamin. Berbagai kandungan ini bisa membuat jantung dan pembuluh darah menjadi lebih sehat, memperkuat sistem imun tubuh, sekaligus menyehatkan saluran pencernaan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, penderita kolesterol tinggi ataupun mereka yang masih sehat sebaiknya mulai rajin mengonsumsi buah pir demi menjaga kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi