12 Buah Penurun Panas Tanpa Efek Samping

demam-buah-penurun-panas-doktersehat

DokterSehat.Com – Suhu tubuh yang sedang panas tidak harus langsung diatasi dengan obat-obatan kimia. Anda bisa mengonsumsi beberapa buah penurun panas yang bisa mengatasi demam. Langkah ini merupakan cara menurunkan panas secara alami tanpa efek samping. Simak informasi di bawah ini tentang apa saja buah penurun panas.

Buah penurun panas yang mampu mengatasi demam

Banyak orang yang telah sadar dan membuktikan bahwa makanan termasuk buah-buahan bisa menjadi obat. Salah satu kondisi medis yang bisa diobati dengan mengonsumsi buah adalah demam. Ada beberapa buah penurun panas yang bisa menjadi solusi bagi demam.

Berikut ini adalah beberapa buah penurun panas untuk mengatasi demam:

1. Jeruk

Buah penurun panas yang bisa digunakan untuk mengatasi demam adalah jeruk. Anda bisa menggunakan jeruk sunkist atau jeruk sitrun alias lemon untuk menurunkan suhu tubuh yang panas. Orang yang sedang memiliki suhu tubuh tinggi sebaiknya mengonsumsi jeruk.

Di dalam buah jeruk baik jeruk lemon maupun jeruk sunkist terdapat kandungan flavonoid yang beragam. Kandungan flavonoid yang beranekaragam ini bisa membantu metabolisme tubuh untuk menurunkan suhu tubuh. Sebaiknya Anda mengonsumsi buah jeruk secara langsung atau dalam bentuk minuman jeruk yang telah diperas.

2. Pisang

Penampilan pisang yang cukup bersahaja memang berbeda dengan manfaat yang dimilikinya. Berbagai manfaat pisang bagi kesehatan tubuh telah dikenal secara luas. Salah satunya adalah untuk menurunkan suhu tubuh.

Pisang adalah salah buah penurun panas. Orang-orang yang sedang sakit demam sebaiknya mengonsumsi pisang yang juga kaya akan potasium. Buah pisang juga mengandung kalori yang cukup besar.

Ini membuat orang-orang yang sedang memiliki suhu tubuh yang tinggi mendapatkanj energi dalam jumlah yang cukup. Anda bisa mengonsumsi pisang secara langsung atau dalam bentuk minuman teh herbal.

3. Anggur

Anggur adalah buah yang memiliki kelas cukup tinggi di mata masyarakat. Ternyata buah berkelas ini tidak hanya lezat tetpai juga bisa menurunkan panas. Kandungan zat-zat gizi di dalam anggur bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem imunitas yang membaik akan meningkatkan jumlah sel T di dalam tubuh sehingga tubuh mampu mengobati demam. Suhu tubuh pun berhasil diturunkan. Anda bisa mengonsumsi anggur secara langsung, dalam bentuk jus, atau kismis (anggur kering).

4. Delima

Delima juga termasuk ke dalam salah buah penurun panas. Infeksi sering kali menjadi penyebab suhu tubuh panas secara tiba-tiba. Buah delima mengandung zat-zat yang bersifat antibakteri dan antivirus sehingga bisa mengatasi masalah infeksi di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan flavonoid pada delima juga bisa menurunkan panas tubuh. Konsumsilah buah delima selama suhu tubuh Anda masih tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah delima dalam bentuk jus yang segar.

5. Air kelapa

Mungkin Anda tidak mengetahui sebelum bila ternyata air kelapa bisa menurunkan panas. Ya, air kelapa bisa menjadi solusi demam. Konsumsi air tentunya sebuah keharusan untuk menurunkan suhu tubuh.

Air kelapa adalah buah penurun panas yang secara total mengandung air. Minum air kelapa akan membuat tubuh tetap terhidrai sehingga akan mengeluarkan banyak keringat dan air seni. Panas dari dalam tubuh bisa dibawa keluar melalui keringat dan air seni sehingga panas menjadi berkurang.

6. Apel

Pernahkah Anda mendengar bahwa konsumsi satu buah apel setiap hari maka Anda tidak membutuhkan dokter. Hal tersebut adalah benar karena buah apel memiliki kandungan zat gizi yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Apel merupakan salah satu buah terbaik yang bisa membuang racun-racun dan meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin B serta flavonoid di dalam apel membuat apel mampu mengobati demam dan beberapa masalah medis lainnya.

Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung, dalam bentuk jus, atau berupa cuka sari apel. Cuka sari apel mampu menurunkan panas dengan efektif. Tubuh yang sedang panas akan bisa segera diatasi dengan menggunakan cuka sari apel.

7. Aneka beri

Aneka buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan cranberry adalah buah penurun panas yang berada dalam satu golongan. Di dalam buah-buah beri tersebut terdapat zat antosianin. Antosianin adalah salah satu jenis flavonoid.

Antosianin memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antosianin juga dapat merangsang respon imunitas tubuh untuk menurunkan panas.

8. Semangka

Selain air kelapa, buah-buahan yang memiliki kandungan air melimpah adalah buah semangka. Kandungan air yang cukup banyak di dalam buah semangka bisa mengurangi suhu tubuh yang tinggi.

Tubuh akan tetap terhidasi sehingga proses metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik. Semangka akan membantu menurunkan panas dengan cepat. Anda akan mengeluarkan keringat dan buang air kecil dalam jumlah banyak.

Panas dari dalam tubuh pun akan ikut terbuang bersama air keringat dan air seni sehingga panas tubuh menurun dan demam pun bisa segera diobati. Konsumsilah buah semangka secara langsung atau dalam bentuk jus.

9. Melon

Walaupun tidak sebanyak kandungan air pada semangka, buah melon juga memiliki kandungan air dalam jumlah banyak. Ini membuat buah melon bisa menurunkan panas tubuh. Rasa buah melon yang segar dan manis akan membuat Anda lupa bahwa melon bisa bertindak seperti obat pereda demam.

Anda bisa mengonsumsi buah melon dalam berbagai bentuk sesuai selera. Melon bisa disajikan sebagai buah segar, jus, atau salad buah bersama buah penurun panas lainnya. Konsumsilah buah melon hingga suhu tubuh menurun hingga kembali normal.

10. Alpukat

Selain kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, alpukat juga baik untuk mengobati demam. Sederet lemak sehat ada di dalam buah alpukat. Asam oleat adalah salah satu lemak nabati sehat yang dikandung oleh alpukat.

Kandungan asam oleat ini memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat meredakan peradangan yang sering kali menjadi penyebab demam. Suhu tubuh yang tinggi akibat adanya peradangan bisa diatasi dengan mengonsumsi alpukat.

11. Pomelo

Apakah Anda pernah mendengar buah pomelo? Buah pomelo sering juga disebut jeruk bali. Meskipun tidak populer, manfaat buah pomelo atau jeruk bali perlu Anda ketahui. Buah pomelo bisa digunakan untuk mengurangi demam.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa jeruk bali termasuk buah penurun panas. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C yang banyak akan meningkatkan produksi sel darah putih.

Peningkatan produksi sel darah putih di dalam tubuh membuat tubuh mampu melawan berbagai hal yang menyebabkan demam. Setelah penyebab demam berhasil disingkirkan maka panas tubuh akan menurun.

12. Mentimun

Apakah Anda termasuk orang yang suka makan lalapan mentimun? Mentimun tidak hanya bisa dijadikan sebagai lalapan tetapi juga bisa menurunkan panas. Kandungan zat dan air yang cukup banyak pada mentimun mampu menurunkan suhu tubuh secara efektif.