7 Buah Tinggi Potasium Penurun Tekanan Darah

delima_pomegranate_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ancientartpodcast

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengonsumsi mentimun banyak-banyak demi menurunkan tekanan darah. Meskipun menyegarkan, mentimun cenderung memiliki rasa yang hambar sehingga kurang nikmat untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Alih-alih makan mentimun, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Apa sajakah buah-buahan tersebut?

Buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah

Mengingat hipertensi bisa berlanjut menjadi masalah kesehatan yang lebih serius layaknya penyakit jantung dan stroke, kita memang sebaiknya menjaga keseimbangan tekanan darah dengan cara mengonsumsi makanan dengan kandungan potasium. Kandungan ini sebaiknya dikonsumsi sekitar 4.700 mg setiap hari demi memberikan manfaat tersebut.

Berikut adalah beberapa buah yang tinggi kandungan potasium sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

  1. Buah jeruk

Siapa sangka, buah jeruk ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium di dalamnya. Selain itu, jika kita mengonsumsi 100 gram saja buah jeruk, maka kita sudah mendapatkan asupan vitamin C dan 181 miligram mineral yang bisa membantu menyehatkan pembuluh darah. Rutin mengonsumsinya juga bisa membuat sistem kekebalan menjadi lebih kuat.

Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk bisa dijadikan jus atau dicampurkan dalam salad.

  1. Pisang

Tak hanya mengenyangkan, pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium yang cukup tinggi di dalamnya. Sebagai informasi, jika kita makan 100 gram buah pisang, maka kita sudah bisa mendapatkan 358 miligram potasium. Selain itu, kandungan serat di dalam pisang juga cukup tinggi sehingga bisa membantu mencegah kenaikan kolesterol, salah satu faktor penyebab meningkatnya tekanan darah.

  1. Alpukat

Alpukat tak hanya baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Buah yang mengenyangkan ini ternyata juga tinggi nutrisi. Kandungan potasium di dalam alpukat ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pisang, yakni sekitar 458 miligram untuk setiap 100 gram buah ini.

Selain dimakan secara langsung, alpukat bisa dijadikan isian roti atau smoothie yang sangat nikmat.

  1. Tomat

Selain dijadikan campuran sayur, tomat juga bisa dimakan secara utuh atau dijadikan jus. Rutin mengonsumsinya telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya 237 miligram potasium di dalam 100 gram sayuran ini.

Hanya saja, jika kita ingin mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal, sebaiknya tidak memilih tomat kalengan karena biasanya telah diberi tambahan garam yang cukup tinggi. Padahal, jika sampai kita berlebihan mengonsumsi garam, risiko terkena kenaikan tekanan darah juga akan meningkat.

  1. Jambu biji

Jambu biji atau jambu merah yang nikmat untuk dimakan langsung atau dijadikan jus ini ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain tinggi kandungan vitamin C, di dalam jambu biji terdapat kandungan potasium yang sangat tinggi. Sebagai informasi, jika kita mengonsumsi 100 gram jambu biji, kita sudah mendapatkan 417 miligram potasium.

Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula pada jus jambu biji demi mendapatkan manfaat kesehatannya.

  1. Kiwi

Buah yang memiliki rasa sedikit masam dan menyegarkan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan 312 miligram potasium di dalam 100 gramnya. Rutin mengonsumsinya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Delima

Buah delima yang bisa dijadikan salad atau smoothie ini juga tinggi kandungan potasium. Di dalam 100 gram buah ini terdapat 236 miligram potasium yang bisa membantu mengatasi masalah hipertensi.