Bukan Cuma Jambu, 4 Buah Ini Juga Baik Untuk Penderita Demam Berdarah

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata demam berdarah, Anda tentu ingat bahwa buah yang cocok untuk dikonsumsi adalah buah jambu, ya.

Hal ini memang benar karena kandungan gizi yang ada pada buah jambu, utamanya jambu merah, memiliki komposisi yang tepat dengan kebutuhan asupan penderita demam berdarah.

Jus-jambu-biji-doktersehat
Source: Best Herbal Health

Akan tetapi, ada cukup banyak buah yang kandungan gizinya juga cocok untuk penderita demam berdarah, lho. Kira-kira apa saja sih buah selain jambu merah yang baik untuk penderita demam berdarah?

Kandungan gizi pada buah yang baik untuk penderita demam berdarah

Buah yang baik untuk penderita demam berdarah adalah buah yang memiliki kandungan cairan dan padat gizi, utamanya vitamin larut air yaitu vitamin B dan C.

Kedua zat gizi tersebut meningkat kebutuhannya pada penderita demam berdarah. Akan tetapi, buah yang padat gizi seperti vitamin A dan mineral akan sangat dibutuhkan untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang.

doktersehat-buah-sembelit
Photo Credit: Flickr.com/Vegan Feast Catering

Untuk mengetahui apa saja buah yang memiliki kandungan cairan, padat gizi, dan mineral, yang penting untuk mendukung pemenuhan kebutuhan elektrolit harian tubuh penderita demam berdarah, yuk sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Buah arbei

Buah arbei merupakan salah satu jenis buah beri yang masih satu famili dengan buah stroberi. Hal ini membuat buah arbei tidak hanya kaya akan cairan namun juga kaya akan vitamin A, C, dan antioksidan.

doktersehat-blueberry-raspberry-arbeiKombinasi kandungan gizi unggulan yang ada pada buah arbei membuat buah arbei menjadi pilihan yang tepat untuk penderita demam berdarah. Dalam 100 gram buah arbei, terdapat 89 gram cairan.

Angka ini akan diperoleh dengan mengonsumsi buah arbei sebanyak 6-7 sendok makan.

Agar tidak memberikan efek yang menggangu pencernaan, selalu pastikan pilih buah arbei yang matang ditunjukkan dengan buah yang berwarna gelap, ya.

2. Buah nanas

Buah dengan warna kuning cerah ini sekaan tak pernah kehabisan manfaat.

Selain kandungan vitamin yang padat, buah nanas juga memiliki banyak kandungan cairan yaitu sebesar 88 gram dalam 100 gram buah nanas yang setara dengan 3-4 potong sedang buah nanas.

Porsi-nanas-ibu-hamil-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Kyle McDonald

Sebelum memberikan buah nanas pada penderita demam berdarah, usahakan memilih buah yang rasanya manis benar-benar matang.

Sajikan buah nanas dalam batasan porsi yang tepat yaitu 1-2 porsi dalam sehari, hal ini untuk mengurangi adanya reaksi gangguan pencernaan saat mengonsumsi nanas.

3. Jeruk bali

Jeruk bali menjadi buah dengan kandungan cairan yang cukup tinggi yaitu 86,3 gram dalam 100 gram buah jeruk bali.

Hal ini membuat buah jeruk bali bisa jadi pilihan asupan buah yang tepat untuk penderita demam berdarah. Angka di atas bisa kita peroleh dengan mengonsumsi 2-3 sendok besar buah jeruk bali.

doktersehat-jeruk-lemonBuah jeruk bali juga padat akan kandungan vitamin A dan C yang penting untuk imunitas tubuh penderita demam berdarah.

4. Semangka

Anda tentu setuju jika semangka adalah salah satu buah dengan kandungan cairan yang tinggi ya. Mengonsumsi buah semangka menjadi sangat menyegarkan karena terasa sangat segar.

manfaat-semangka-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh penderita demam berdarah mengingat buah semangka juga memiliki banyak kandungan vitamin, mineral hingga antioksidan yang juga penting untuk kesehatan tubuh penderita demam berdarah secara umum.

Nah, itu dia empat jenis buah selain jambu merah yang kandungan cairan dan gizinya cocok untuk penderita demam berdarah, jadi, bukan hanya jambu saja ya yang baik untuk penderita demam berdarah.