Terbit: 10 September 2018 | Diperbarui: 7 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Apakah Anda menderita anemia? Anemia bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi, kehilangan darah, dan kekurangan asam folat. Tak perlu khawatir karena masalah anemia bisa di atasi dengan memperbaiki pola diet Anda, yakni dengan mengonsumsi buah penambah darah.

solusi-anemia-buah-penambah-darah-doktersehat

Ada beberapa buah penambah darah yang bisa meningkatkan sel-sel darah merah dan hemoglobin. Baca lebih lanjut untuk mengetahui beberapa jenis buah penambah darah yang bisa mengatasi anemia sehingga Anda tidak merasa lelah dan pusing lagi.

Buah penambah darah

Beberapa buah perlu ditambahkan ke dalam diet Anda. Buah-buahan yang akan vitamin dan mineral ini bisa meningkatkan jumlah darah dan juga hemoglobin. Konsumsilah beberapa buah penambah darah di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa buah penambah darah untuk mengatasi anemia:

1. Buah delima

Buah delima adalah salah satu buah penambah darah yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah darah Anda. Di dalam buah delima terkandung zat besi yang melimpah. Selain itu, buah delima juga kaya akan beberapa vitamin seperti vitamin C, E, dan A.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit Anda

Asam askorbat yang dikandung oleh buah delima bermanfaat untuk meningkatkan zat besi yang digunakan untuk membuat hemoglobin. Jadi, buah delima juga bisa untuk meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam darah Anda.

2. Kurma

Buah yang berasal dari negeri Arab ini juga merupakan buah penambah darah. Kurma termasuk ke dalam buah yang memiliki banyak kandungan zat-zat gizi. Di dalam buah kurma terkandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah sehingga anemia bisa di atasi.

3. Pisang

Konsumsilah buah pisang untuk meningkatkan jumlah darah Anda. Pisang merupakan buah yang baik untuk dipilih menjadi buah haria bagi penderita diabetes. Buah pisang kaya akan zat besi yang bisa mengatasi anemia. Selain itu, pisang juga sumber asam folat yang berfungsi untuk membuat sel darah merah.

4. Semangka

Apakah Anda suka makan semangka? Buah yang satu ini memiliki kandungan air yang banyak hingga mencapai angka 90 persen. Meskipun memiliki kandungan air yang tinggi, buah semangka mengandung vitamin C tingkat tinggi sehingga bisa menyerap zat besi lebih baik. Konsumsilah buah penambah darah ini secara rutin.

5. Jeruk

Buah yang sering terlihat ini juga merupakan buah penambah darah. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jeruk berfungsi untuk menyerap zat besi secara menyeluruh. Konsumsilah satu jeruk setiap hari untuk meningkatkan darah.

6. Kismis

Kismis merupakan buah yang sangat kaya akan kandungan zat bisi. Di dalam setengah cangkir kismis mengandung 1,6 mg zat besi. Jadi, konsumsilah setengah cangkir kismis setiap hari untuk meningkatkan jumlah darah Anda. Anda bisa menyantap buah kismis bersama kue yang manis.

7. Apel

Apakah Anda pernah mendengar bahwa dengan makan satu apel per hari akan menjaga kesehatan Anda? Ya, satu apel akan menjaga kesehatan sehingga Anda tidak perlu mengunjungi dokter. Buah penambah darah yang satu ini merupakan sumber zat besi sehingga cocok untuk mengatasi anemia.

8. Prune

Buah prune adalah buah prem yang kering. Ukuran dari buah ini cukup kecil tetapi memiliki manfaat yang banyak. Prune kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi sehingga bisa mengatasi anemia. Magnesium di dalam buah prune bisa meningkatkan rangsangan sel darah merah.

9. Persik

Persik sebagai buah penambah darah kaya akan vitamin C dan zat besi. Kandungan gizi di dalam buah persik bisa untuk mencegah duplikasi sel darah merah yang rusak. Dengan mengonsumsi buah persik maka penyerapan zat besi akan lebih baik lagi sehingga memiliki pengaruh terhadap peningkatan hemoglobin.

Baca juga: Alasan Mengapa Buah Persik Bisa Menurunkan Berat Badan

10. Mulberi

Apakah Anda pernah melihat buah mulberi? Buah penambah darah yang satu ini memiliki variasi warna yaitu putih, hitam, dan merah. Ketiga variasi buah mulberi ini memiliki fungsi yang sama yakni untuk meningkatkan darah dan mengatasi anemia.

Buah mulberi memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia. Konsumsilah buah ini untuk meningkatkan kada hemoglobin. Banyak orang yang menyantap buah mulberi sebagai makanan penutup. Ada juga yang menyantapnya pada saat sarapan bersama oatmeal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi