Terbit: 7 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa ibu hamil haruslah mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, bukan? Ya, ibu hamil memang wajib memenuhi kebutuhan gizinya yang sedang meningkat melalui asupan makanan yang sehat.

4 Buah Paling Padat Gizi untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Akan tetapi, waktu makan yang terbatas, utamanya saat puasa, tak ayal menjadi tantangan terbesar dalam memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil yang sedang meningkat. Lalu, harus bagaimana?

Buah sebagai pilihan makanan padat gizi

Nah, agar asupan makan ibu hamil tetap terpenuhi kebutuhhan gizinya, maka pilihan makanan haruslah dipilih dengan cermat.

Makanan sebaiknya memiliki asupan gizi yang padat meskipun dikonsumsi dalam jumlah atau porsi yang kecil, ya. Hal ini akan sangat membantu memenuhi peningkatan asupan gizi ibu hamil saat berpuasa.

Salah satu makanan yang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi asupan gizi, utamanya vitamin dan mineral adalah buah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Seperti yang kita tahu, buah adalah salah satu sumber vitamin dan mineral utama yang dilengkapi dengan cairan, fitonutrien dan antioksidan.

doktersehat-buah-anggur-pisang

pic credit: john janssen

Kombinasi kandungan zat dan gizi pada buah yang padat ini membuat buah menjadi makanan bergizi lengkap dan padat yang sangat cocok dikonsumsi ibu hamil saat berpuasa, bukan?

Sebagian besar buah memiliki kandungan zat dan gizi seperti yang telah disebutkan di atas. Akan tetapi, saat puasa, buah yang boleh dikonsumsi ibu hamil tidak boleh asal, namun dianjurkan tetap padat gizi.

Hal ini penting agar buah yang dikonsuumsi ibu hamil selama puasa tidak mengganggu kondisi kesehatan, utamanya pencernaan, dan gizinya dapat diserap oleh tubuh ibu hamil dengan maksimal.

Lalu, buah apa saja yang baik dikonsumsi ibu hamil saat berpuasa?

Agar lebih jelas, yuk ketahui buah apa saja yang termasuk dalam buah padat gizi yang baik dikonsumsi ibu hamil selama puasa, di bawah ini!

1. Buah jambu

Buah jambu menjadi salah satu buah yang paling dianjurkan untuk ibu hamil selama berpuasa, mengapa? Buah jambu merupakan salah satu jenis buah yang kandungan gizinya, utamanya serat, vitamin A dan C yang tinggi.

doktersehat-buah-jambu-daun

Dibandingkan dengan buah lain pada ukuran yang sama, buah jambu umum memiliki kandungan serat dan cairan yang paling tinggi.

2. Buah apel

Buah yang kerap dianggap sebagai simbol makanan dan buah yang paling sehat ini ternyata memang merupakan buah yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil saat berpuasa.

doktersehat-lapisan-lilin-buah

Photo Credit: Flickr.com/ewan traveler

Kandungan vitamin dan mineral yang lengkap pada buah apel membuat buah apel menjadi salah satu buah paling padat gizi yang cocok dikonsumsi saat puasa. Agar manfaatnya maksimal, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi buah apel bersamaan dengan kulitnya, asal sudah dipastikan dilakukannya pembersihan dari perstisida dengan benar, ya.

3. Buah jenis beri yang rasanya manis

Buah bluberi atau blacberi merupakan jenis buah yang kandungan antioksidannya tinggi, diikuti dengan vitamin dan mineral yang cukup padat. Hal ini yang membuat buah jenis beri ini dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Buah bluberi merupakan buah yang padat gizi dan lebih mudah dikonsumsi karena ukurannya yang kecil. Hal ini akan sangat membantu karena pada jumlah yang cenderung lebih sedikit asupan zat dan gizi dari buah beri tetap tinggi.

Akan tetapi, pastikan bahwa buah beri yang dikonsumsi ibu hamil saat puasa adalah buah yang sudah benar matang ditandai dengan rasa manis yang lebih dominan dan pastikan kult buah dicuci dengan bersih hingga pastisidanya hilang.

4. Buah kiwi yang sudah matang dan rasanya cukup manis

Buah kiwi sudah terkenal sebagai buah yang kaya akan berbagai vitamin mulai dari vitamin A, C, vitamin B kompleks, asupan mineral yang lengkap dan cairan serta serat yang cukup.

doktersehat-gizi-kiwi

Photo Credit: Flickr.com/Kyle McDonald

Akan tetapi, buah kiwi yang dikonsumsi ibu hamil haruslah buah yang sudah matang betul sehingga rasanya manis.

Buah yang rasanya cenderung asam, seperti kiwi, harus dikonsumsi ibu hamil dengan hati-hati saat puasa agar tidak mengganggu produksi asam lambung, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi