7 Manfaat Buah Naga untuk Wanita Hamil

buah-naga-untuk-kehamilan-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Wanita yang sedang hamil memang tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan. Kalau semua makanan masuk, ada kemungkinan terjadi masalah pada janin. Masalah ini bisa muncul dalam bentuk keguguran, tumbuh tidak sehat, hingga gangguan pada organ dalam yang sangat krusial.

Beberapa makanan seperti ikan laut mentah, ikan dengan kandungan merkuri tinggi, hingga kopi tidak boleh dikonsumsi. Wanita lebih disarankan mengonsumsi sayuran hijau matang dan beberapa jenis buah yang mengandung banyak vitamin.

Nah, dari beberapa buah yang bisa dikonsumsi oleh wanita, buah naga atau dragon fruit adalah salah satu yang terbaik. Mengonsumsi buah ini dalam porsi cukup selama hamil bisa memberikan beberapa manfaat di bawah ini.

  1. Mengandung banyak vitamin

Buah naga baik yang dagingnya berwarna putih atau merah keunguan mengandung banyak sekali vitamin. Buah naga dengan rasa sedikit asam mengandung vitamin C dalam jumlah banyak. Mengonsumsi vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Selanjutnya ada vitamin B khususnya B12 dan karoten. Dua zat ini bermanfaat untuk memperkuat janin yang sedang tumbuh. Bayi akan tumbuh dengan sempurna sejak awal kehamilan hingga akhirnya wanita melakukan persalinan.

  1. Memiliki serat yang tinggi

Buah naga memiliki serat yang cukup tinggi. Serat ini akan membantu wanita saat buang air besar dan mengatasi sembelit. Saat hamil, pencernaan wanita akan mengalami penurunan sehingga sembelit terkadang terjadi. Selain itu, tekanan di perut juga menyebabkan feses susah keluar dan membuat perut jadi begah.

  1. Bisa digunakan untuk pengganti nasi

Buah naga memiliki rasa manis agak masam dan terdapat kandungan karbohidrat dengan jumlah banyak. Terkadang wanita yang hamil susah makan nasi dan sering muntah. Buah naga bisa digunakan untuk penambah energi dengan rasa yang segar sehingga bisa diterima dengan baik oleh ibu yang sedang hamil.

  1. Mengandung antioksidan

Selain vitamin C yang mencegah wanita hamil mudah sakit, buah naga juga masih memiliki antioksidan yang cukup kuat. Perpaduan dua komponen ini membuat wanita semakin sehat dan kandungannya kuat. Anda bisa mengonsumsi buah naga dalam bentuk buah atau dibuat jus dan dicampur ke yoghurt.

  1. Mencegah infeksi

Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan besar pada tubuhnya khususnya yang berkaitan dengan hormon. Perubahan ini menyebabkan area vagina mudah sekali mengalami infeksi dan sangat berbahaya untuk janin yang sedang tumbuh di dalam rahim.

Buah naga akan membuat tubuh wanita semakin kebal dengan infeksi. Manfaat ini akan diperolah oleh wanita kalau mereka juga selalu memperhatikan masalah sanitasi tubuhnya.

  1. Mencegah cacat lahir

Bayi yang tumbuh di dalam rahim akan mengalami pertumbuhan organ mulai dari alat gerak hingga organ penting di dalam tubuh. Mengonsumsi  buah naga akan membuat pertumbuhan bayi berjalan lancar dan mencegah adanya cacat saat lahir.

Segala bentuk penyakit yang masuk ke dalam tubuh akan dibersihkan. Pertumbuhan janin di rahim akan terus berjalan dan nutrisinya juga tercukupi.

  1. Menurunkan risiko keguguran

Buah naga yang kayak akan air dan serat juga mengandung banyak asam folat. Kandungan asam folat baik sekali untuk kesuburan wanita dan saat sedang hamil bisa meningkatkan kekuatan janin yang sedang tumbuh. Konsumsi buah naga dengan porsi cukup di trimester awal kehamilan. Asam folat akan mencegah keguguran dan memberikan asupan nutrisi yang seimbang.

Inilah beberapa manfaat dari buah naga yang sangat besar untuk ibu hamil. Nah, pernahkah Anda mencoba buah ini?