Buah Naga Bisa Turunkan Kolesterol

kandungan-buah-naga-doktersehat

DokterSehat.Com– Terdapat banyak sekali manfaat kesehatan dari buah naga, yakni menurunkan kolesterol, membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, menurunkan stres dan emosi, hingga menetralkan racun. Sebenarnya, bagaimana buah ini bisa membantu kita menurunkan kolesterol?

Pakar kesehatan menyebut buah naga sebagai buah dengan kandungan air yang tinggi. Selain itu, rasa dari buah naga juga cukup manis karena kadar gula alaminya mencapai 13 hingga 18 briks. Di dalam buah naga juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh ganda yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan lemak tak jenuh ganda ini mampu mengikat kolesterol yang ada di dalam darah sehingga membuatnya tidak mudah memicu penumpukan plak di dalam pembuluh darah dan akhirnya ikut diluruhkan bersama dengan kotoran. Selain itu, kandungan ini juga mampu membuat kadar gula darah tetap seimbang sehingga membuat sirkulasi darah semakin lancar.

Buah naga juga termasuk dalam makanan yang tinggi kandungan serat. Di dalam 100 gram buah naga terdapat 0,7 hingga 0,9 gram serat. Tak hanya baik bagi saluran pencernaan, serat juga sangat baik bagi kondisi kolesterol tubuh. Sebagai contoh, saat berada di dalam saluran pencernaan, serat mampu mengikat asam empedu, salah satu produk kolesterol, dan kemudian mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsi lebih banyak serat, maka semakin banyak pula lemak dan asam empedu yang dibuang dari dalam tubuh.

Di dalam buah naga juga tinggi kandungan vitamin dan mineral. Sebagai contoh, jumlah vitamin B1 bisa saja mencapai 0,3 miligram di dalam 100 gram buah ini. Di dalamnya juga kaya akan kandungan beta karoten yang akan berpengaruh besar bagi proses metabolisme tubuh. Selain itu, beta karoten mampu berperan sebagai antioksidan yang melawan paparan buruk radikal bebas pemicu datangnya penyakit.

Buah naga juga kaya akan kandungan kalium, zat besi, kalsium, serta protein. Berbagai kandungan ini akan mampu membuat daya tahan tubuh meningkat sekaligus membantu proses penawaran racun.

Melihat fakta ini, tidak masalah jika kita rutin mengonsumsi buah naga karena memang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.