Buah Enak Ini Mampu Menurunkan Kolesterol

dampak-cuka-apel-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu penyebab utama dari masalah kolesterol tinggi adalah asupan makanan yang tidak sehat, khususnya yang kaya akan lemak. Mengingat masalah kolesterol tinggi bisa berimbas pada munculnya penyakit mematikan seperti stroke dan penyakit jantung, ada baiknya kita rajin mengonsumsi buah-buahan enak yang bisa menurunkan kolesterol.

Buah pertama yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan kolesterol adalah avokad. Buah ini kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu jantung tetap sehat dan menurunkan risiko terkena stroke. Rutin mengonsumsi buah ini juga akan membuat keseimbangan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh menjadi lebih baik.

Buah apel juga bisa memberikan efek yang baik bagi kondisi kolesterol tubuh. Tak hanya baik bagi saluran pencernaan, rutin makan apel juga bisa membantu mengendalikan kolesterol dalam darah. Kandungan serat pektin dan antioksidan polifenol dalam apel bisa membuat kadar kolesterol jahat menurun dengan signifikan. Selain itu, makan apel secara rutin juga bisa membuat proses oksidasi yang bisa memicu pengerasan pembuluh darah atau aterosklirosis semakin melambat.

Tak hanya kaya akan vitamin C yang bisa mencegah datangnya sariawan, rutin makan buah jeruk juga akan membuat kita mendapatkan asupan sehat seperti serat dan senyawa limonoid yang secara efektif bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus memperlambat proses aterosklerosis. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa rajin makan jeruk bisa mencegah stroke bagi kaum hawa.

Buah lainnya yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah adalah pepaya. United States Department of Agriculture menyebutkan bahwa rutin makan satu buah pepaya dengan ukuran 780 gram sudah cukup untuk membuat kesehatan pencernaan tubuh lebih lancar dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah.