Buah Manis, Berbahayakah bagi Kesehatan?

obat-penurun-darah-tinggi-doktersehat

DokterSehat.Com– Buah dikenal luas sebagai makanan yang sangat baik bagi kesehatan. Di dalamnya terdapat kandungan seperti vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Hanya saja, jika kita cermati, kebanyakan buah memiliki rasa yang manis.

Memang, rasa manis membuat kita nyaman untuk mengonsumsi makanan, namun banyak orang yang menyebut rasa manis sebagai tanda bahwa makanan kaya gula. Sebenarnya, apakah rasa buah yang manis ini bisa membahayakan kesehatan?

Pakar kesehatan Lisa McAnulty, Phd dari Appalachian State University menyebutkan bahwa di dalam buah terdapat kandungan alami yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Hanya saja, di dalam buah juga terdapat serat larut dan serat tak larut yang mampu menghambat penyerapan gula sekaligus mencegah kenaikan gula darah.

“Jadi, meskipun kita mengonsumsi buah manis dalam jumlah yang banyak, tubuh sebenarnya tidak menyerap gula alami dari buah tersebut sehingga tidak akan mengalami kenaikan gula darah dengan cepat,” jelas Robert Lustig dari University of California, Amerika Serikat.

Agar bisa mencegah kenaikan kadar gula darah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi 30-38 gram serat setiap hari. Serat ini bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Hanya saja, khusus untuk buah anggur, kandungan seratnya disebut-sebut tidak setinggi buah lainnya.

“Memang, belum ada penelitian terkait buah anggur, namun kandungan gula dalam buah ini sangat tinggi dan kandungan seratnya kurang banyak. Ada baiknya kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan,” ucap Lustig.

Jika kita memblender buah, maka ada kemungkinan untaian panjang serat tak larut akan mengalami kerusakan. Hal ini bisa berimbas pada tidak adanya kandungan yang menahan gula alami dari buah terserap oleh tubuh. Bagi mereka yang menderita diabetes atau mengalami kadar gula darah yang tinggi, bisa jadi hal ini membahayakan kesehatan.

Melihat adanya fakta ini, gula alami dari buah sebenarnya tidak membahayakan kesehatan, namun ada baiknya kita tidak sembarangan saat menjadikannya jus. Bagi penderita diabetes, buah bisa menjadi pilihan diet yang sehat, namun tetap saja mereka harus berkonsultasi kepada dokter untuk menentukan buah apa saja yang cocok dan aman untuk mereka konsumsi.