Terbit: 16 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah apa yang sudah Anda konsumsi setelah makan makanan khas lebaran? Kerap dianggap sepele, bahkan terlupakan, saat lebaran, nyatanya pilihan buah saat lebaran bisa jadi hal yang penting untuk mengurangi asupan lemak dalam tubuh, lho.

4 Buah Ini Bantu Lunturkan Lemak Pasca Makan Makanan Lebaran

Ya, buah merupakan salah satu jenis makanan yang ampuh melawan lemak dalam tubuh. Hal ini tentu wajar mengingat buah kaya akan kandungan vitamin, mineral, cairan, serat hingga fitonutrien yang sangat baik untuk tubuh.

sebelum-menggunakan-masker-buah-doktersehat-1

Photo Credit: Pexels.com/
Trang Doan

Kombinasi kandungan gizi dan manfaat yang ada pada buah ini membuat buah menjadi makanan yang patut ada di setiap sajian makanan khas lebaran. Lalu, buah apa saja sih yang tepat dipilih sebagai buah saat lebaran?

Tips memilih buah yang mampu melunturkan lemak saat lebaran

Lazimnya sebagian besar buah memiliki kandungan gizi yang penting untuk tubuh, utamanya setelah mengonsumsi makanan khas lebaran.

Sehingga sebenarnya, semua buah tentu sangat baik dipilih saat lebaran, asalkan bukan buah yang tinggi lemak atau alkohol seperti durian, nangka atau alpukat dalam porsi besar, ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Selain itu pstikan bahwa kandungan gula pada buah tidak terlalu tinggi, atau tidak disajikan dengan banyak tambahan gula pula.

masker-buah-untuk-kulit-sehat-doktersehat-1

Photo Credit: Pexels.com/
Trang Doan

Untuk mendukung lancarnya metabolisme tubuh termasuk pengeluaran lemak dari saluran pencernaan, pilihan buah yang akan Anda konsumsi sebaiknya adalah buah yang tepat, yaitu buah yang tinggi akan serat dan cairan. Mengapa?

Buah yang tinggi serat akan membantu menyerap lemak tubuh dan kolesterol darah, sehingga kadar total lemak dalam tubuh bisa berkurang dengan optimal.

Sedangkan buah yang tinggi cairan telah terbukti mampu melancarkan pencernaan. Kandungan cairan yang tinggi pada buah akan beriringan dengan manfaat buah yang tinggi serat sehingga pengeluaran lemak dalam tubuh akan semakin super maksimal.

Lantas, apa pilihan buah sih yang baik saat lebaran?

Pilihan buah yang bantu lunturkan lemak saat lebaran

Beberapa pilihan jenis buah yang memiliki kandungan serat dan cairan yang tinggi adalah:

1. Buah jambu

Buah jambu memiliki kedua kandungan yang penting dalam melunuturkan lemak dalam tubuh, yaitu serat dan cairan. Kandungan serat yang ada pada satu buah jambu ukuran sedang lebih dari 3-4 gram serat. Angka ini lebih tinggi dari kandungan serat buah lain misalnya apel.

Jus-jambu-biji-doktersehat

Source: Best Herbal Health

Selain itu, buah jambu, utamanya jambu merah, memiliki kandungan cairan yang tinggi. Hal ini akan mendukung lancarnya pencernaan sehingga kadar lemak tubuh bisa ditekan.

2. Buah apel

Jika melihat kandungan serat dan cairan yang ada pada buah, maka apel bisa disebut sebagai buah yang memiliki peringkat kedua setelah jambu. Apel bisa dipilih sebagai buah yang kandungan gizinya cukup baik, utamanya serat.

Apel juga termasuk buah yang cukup mudah kita temukan, utamanya di pasar tradisional atau supermarket. Konsumsi 2 buah apel ukuran sedang hingga besar dapat mencukupi kebutuhan serat hampir separuh dari kebutuhan serat harian.

3. Buah jeruk

Mengonsumsi buah jeruk selepas makan rendang atau opor tentu sangat segar ya. Rasa manis asam dan kandungan air yang tinggi pada buah jeruk bisa menjadi pilihan buah yang super selama ramadan.

doktersehat-minyak-jeruk-untuk-kesehatan-kulit

Photo Credit: Pexels.com/Jessica Lewis

Kandungan serat pada buah jeruk hampir setara dengan satu buah apel. Selain itu, beberapa studi menyebutkan bahwa kandungan pada buah dengan rasa yang asam terbukti mampu melancarkan pencernaan sehingga metabolisme lemak dalam tubuh bisa maksimal.

4. Buah kiwi

Anda penggemar buah kiwi? Buah kiwi layak disebut buah yang paling padat gizi diantara buah lainnya.

doktersehat-gizi-kiwi

Photo Credit: Flickr.com/Kyle McDonald

Kandungan vitamin yang padat, cairan dan serat pada buah kiwi membuatnya bisa dijadikan pilihan yang tepat saat lebaran.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi