Terbit: 26 Oktober 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Apakah Anda tahu buah lobi-lobi? Lobi-lobi adalah buah dari daerah subtropis Asia dan Afrika dengan rasa manis keasaman yang juga digunakan sebagai obat tradisional. Ketahui apa itu buah lobi-lobi, kandungan, manfaat, dan efek samping.

10 Manfaat Buah Lobi-Lobi bagi Kesehatan yang Belum Diketahui

Apa Itu Buah Lobi-Lobi?

Lobi-lobi adalah buah asli dari negara subtropis seperti Asia dan Afrika. Buah ini memiliki nama Latin Flacourtia inermis dan berbagai nama lain seperti:

  • India: Loika, Lavalolikka, dan Kerala.
  • Indonesia: Lobi-lobi, Sosononga, Patikan kebo, Lubi-lubi, atau Tomi-tomi. 
  • Philippines: lovi-lovi atau batoko plum.
  • Thailand: Takhop-thai.
  • Malaysia: Lovi-lovi atau rukam masam. 
  • Inggris: Governor plum atau Madagascar plum. 

Buah Flacourtia inermis memiliki karakteristik buah bulat kecil dengan diameter sekitar 1-3 cm (seperti buah ceri) dari pohon bersemak kecil. Lobi-lobi muda memiliki warna hijau kekuningan dan ketika matang berwarna merah tua atau ungu kehitaman. 

Bila Anda penasaran bagaimana rasanya, lobi-lobi terasa manis asam seperti buah plum pada umumnya. Anda dapat memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi selai, manisan, sirup, rujak, dan lainnya. Buah ini juga dijadikan obat herbal di beberapa wilayah.

Kandungan Buah Lobi-Lobi

Lobi-lobi memiliki nutrisi yang cukup komplit untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Walaupun masih membutuhkan banyak penelitian untuk mengungkapkan vitamin dan mineral apa saja yang terkandung dalam lobi-lobi, berikut di antaranya: 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  • Flavonoid
  • Enzim lipase
  • Antioksidan
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Mineral
  • Zat besi
  • Zinc
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Tiamin (Vitamin B1)
  • Riboflavin (Vitamin B2)

Buah kecil ini ternyata mengandung banyak vitamin dan nutrisi alami. Masyarakat tradisional bahkan menggunakan lobi-lobi sebagai pengobatan alternatif untuk memelihara kesehatan. 

Manfaat Buah Lobi-Lobi bagi Kesehatan 

Lobi-lobi, baik buah, daun, atau akarnya banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan obat alternatif. Masyarakat tradisional menggunakannya untuk mengatasi batuk, pilek, demam, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Ketahui apa saja manfaat buah lobi-lobi, sebagai berikut: 

1. Mengatasi Diare 

Beberapa kalangan masyarakat menggunakan jus buah lobi-lobi untuk membantu meredakan gejala diare dan mencegah dehidrasi saat diare. Nutrisi dan mineral alami dari lobi-lobi dapat menggantikan mineral yang terbuang selama diare. 

2. Mengatasi Gigitan Ular 

Gigitan ular dapat berbahaya bila tidak mendapat penanganan cepat. Gejala awal gigitan ular adalah pembengkakan pada area gigitan, nyeri, dan kulit kebiruan. Bila bisa ular sangat beracun dan menyebar ke seluruh aliran darah, maka dapat menyebabkan kematian. 

Salah satu alternatif cepat untuk mencegah penyebaran bisa ular adalah dengan mengaplikasikan bulir-bulir dari buah Flacourtia inermis ke area gigitan ular. Daun lobi-lobi juga dapat digunakan sebagai penangkal gigitan ular. 

3. Meningkatkan Sistem Imun 

Sistem imun adalah jaringan kompleks dalam tubuh yang bertugas untuk melindungi tubuh dari infeksi akibat paparan virus, bakteri, jamur, atau patogen lainnya. Salah satu cara meningkatkan kekuatan sistem imun dengan konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan seperti lobi-lobi. 

Baca Juga: 20 Jenis Buah Berry yang Lezat dan Kaya Manfaat

4. Mengatasi Alergi 

Lobi-lobi dipercaya dapat membantu mencegah alergi kulit dan reaksi pernapasan. Lobi-lobi diduga memiliki efek antiinflamasi dan penyembuhan untuk alergi kulit, namun belum ada penelitian sempurna mengenai manfaat buah lobi-lobi ini. 

5. Mengatasi Pilek 

Pilek dan flu adalah infeksi virus umum akibat faktor cuaca atau paparan rhinovirus dari orang lain yang terinfeksi. Cara mengatasi pilek dan flu secara alami adalah dengan memenuhi asupan vitamin A, C, dan B2 yang tinggi, seperti pada sari buah lobi-lobi.

Jenis vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan sistem imun, sehingga sistem imun dapat melawan virus penyebab flu dan pilek. Selain itu, Anda harus istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan nutrisi lainnya, dan minum obat antivirus bila perlu.

6. Mengatasi Anemia 

Anemia adalah kekurangan darah merah yang salah satunya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Cara alami untuk mencegah anemia dengan konsumsi buah kaya zat besi seperti buah lobi-lobi. Makanan lain yang kaya akan zat besi dan bagus untuk penderita anemia adalah sayuran berdaun hijau seperti kale dan bayam, daging merah, daging unggas, hati, seafood, dan kacang-kacangan. 

7. Mengatasi Arthritis 

Lobi-lobi mengandung kalsium, zinc, dan fosfor untuk meredakan gejala radang sendi. Bukan berarti konsumsi buah ini secara rutin dapat menyembuhkan radang sendi, namun cukup bagus untuk meredakan gejalanya. Anda tetap membutuhkan konsultasi dan perawatan dari dokter untuk menyembuhkan radang sendi sepenuhnya. 

8. Menjaga Kesehatan Tulang 

Kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium dalam lobi-lobi dipercaya dapat membantu stimulasi kesehatan tulang, juga dapat mencegah kerapuhan tulang dini. Selain itu, penuhi kebutuhan vitamin D untuk tulang yang kuat. 

9. Mengatasi Demam 

Tanaman lobi-lobi adalah salah satu bahan ramuan tradisional yang penting dalam pengobatan Ayurveda. Ekstrak dari bulir buah, daun, kulit kayu, dan akarnya berguna sebagai obat tradisional untuk demam dan peradangan. 

10. Menjaga Kesehatan Kulit 

Bulir dari lobi-lobi dikatakan mengandung antijamur yang kemudian dimanfaatkan sebagai alternatif perawatan kulit, kuku, dan rambut alami. Beberapa masyarakat di kawasan tradisional juga menggunakannya sebagai obat tradisional untuk penyakit kulit. 

Baca Juga: 11 Manfaat Lo Han Kuo, Si Buah Biksu

Efek Samping Buah Lobi-Lobi

Lobi-lobi tergolong aman namun beberapa orang mungkin memiliki alergi yang tidak diketahui. Anda juga disarankan tidak memakannya dalam jumlah berlebihan. 

Manfaat buah lobi-lobi yang disebutkan tidak berarti dapat menyembuhkan berbagai penyakit, namun dapat membantu meredakan gejala dan merawat kesehatan secara keseluruhan. Anda tetap perlu konsultasi ke dokter untuk gejala penyakit serius. 

Cara Mengolah Buah Lobi-Lobi 

Anda dapat memakan buah ini secara langsung atau mengolahnya menjadi berbagai hidangan, seperti:

  • Selai.
  • Agar-agar.
  • Bulir lobi-lobi sebagai campuran wine. 
  • Campuran kue. 
  • Acar dengan campuran bawang putih dan jahe. 

Itulah manfaat buah lobi-lobi untuk kesehatan. Baik buah, akar, daun, atau kulit kayu tanaman lobi-lobi juga diolah untuk keperluan obat herbal. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

  1. Asian Plants. 2020. Flacourtia inermis Roxb., Pl. Coromandel 3: 16 (1811). http://www.asianplant.net/Salicaceae/Flacourtia_inermis.htm. (Diakses pada 26 September 2020). 
  2. Health Benefits Times. 2020. Lobi-Lobi (Louvi plum). https://www.healthbenefitstimes.com/lobi-lobi/. (Diakses pada 26 September 2020). 
  3. Health Benefits Times. 2020. Governor’s plum-Flacourtia indica. https://www.healthbenefitstimes.com/governors-plum/. (Diakses pada 26 September 2020). 
  4. Useful Tropical Plants. 2020. Flacourtia indica. http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Flacourtia+indica. (Diakses pada 26 September 2020). 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi