Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata buah atau sayur, tentu kita akan beranggapan bahwa makanan tersebut adalah makanan yang sehat ya. Namun ternyata, lemak yang lazim kita anggap tidak menyehatkan juga ada pada buah lho.

Buah Juga Berlemak Lho, Ini Jenis Buah yang Tinggi Lemak

Ya, beberapa buah memang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Meskipun termasuk lemak nabati karena berasal dari tanaman namun asupannya juga tidak boleh berlebihan. Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja jenis buah yang kandungan lemaknya tinggi.

Dilansir dari Livestrong.com, beberapa jenis buah yang memiliki banyak kandungan lemak, adalah:

1. Alpukat

Anda penggemar alpukat? Terkenal akan berbagai manfaat dan kandungan gizinya ternyata alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi lho. Bahkan beberapa pedoman kesehatan dan makanan di Indonesia menggolongkan alpukat sebagai sumber lemak.

Dalam setengah porsi alpukat terdapat 100 kalori, dari total 120-150 kalori, yang diperoleh dari alpukat. Total lemak dalam porsi tersebut adalah 11 gram lemak.

2. Buah delima

Meskipun tidak banyak, buah delima termasuk buah yang memiliki kandungan lemak. Namun sangat rendah jika dibandingkan dengan alpukat. Dalam 100 gram buah delima, atau setara 1 buah sedang, terdapat 0,8 hingga 1 gram lemak. Dalam berat tersebut, lemak pada buah delima hanya menyumbang 5 kalori dari total 110 kalori dalam tiap porsi sajinya.

3. Buah kiwi

Sama dengan buah delima, kandungan buah kiwi hanya 1 gram dalam satu porsi sajinya. Dari total 90 kalori dari buah kiwi, lemak hanya menyumbang 10 kalori.

Meskipun buah di atas memiliki kandungan lemak, namun bukan berarti harus dihindari ya. Masing-masing buah tentu memiliki keunggulan tersendiri. Misalnya alpukat yang bebas gula, buah delima yang kaya akan vitamin C serta buah kiwi yang tinggi antioksidan.

Untuk itu, konsumsi buah yang bervariasi setiap harinya akan membuat asupan gizi dalam tubuh menjadi lebih seimbang dan manfaat dari masing-masing buah bisa kita rasakan dengan maksimal, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi