Terbit: 17 Februari 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penyakit kanker menjadi salah satu jenis panyakit yang menduduki peringkat tertinggi penyebab kematian belakangan ini. Kejadian penyakit kanker semakin meningkat dari tahun ke tahun dan diprediksi kejadiannya juga akan melonjak dalam beberapa puluh tahun dapat ke depan.

Buah Ini Ternyata Bisa Mencegah Kanker

Pengembangan berbagai macam jenis pengobatan secara medis serta farmasis semakin ditingkatkan baik dengan tujuan mengobati atau mencegah. Disamping itu peneliti dan pakar kesehatan juga semakin gencar mencari cara alami pencegahan kanker. Pencegahan kanker dari segi jenis makanan dan pengolahannya, pola pengaturan makan, serta jenis pangan lain yang bersifat fungsional semakin didalami untuk mengetahui manfaat potensial dari berbagai jenis bahan makanan.

Beberapa jenis pangan fungsional telah terbukti dapat mencegah kanker dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Kini buah plum mulai diteliti manfaatnya untuk mencegah kanker. Meskipun masih banyak dari kita yang belum familiar dengan jenis buah ini dan jenis buah ini masih cukup jarang kita temui di pasaran. Buah plum disebut mempunyai banyak manfaat yang potensial sebagai bahan makanan yang mampu mencegah kanker.

Buah plum berasal dari genus prunus, beberapa tanaman dari genus ini telah terbukti mempunyai efek untuk mencegah kanker contohnya seperti almond. Selain itu, buah plum memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, antioksidan pada buah plum ini diteliti oleh Universitas Udayana untuk mengetahui bagaimana efeknya dalam mencegah kanker.

Berdasarkan hasil studi tersebut, ekstrak biji buah plum terbukti memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Beberapa senyawa antioksidan yang terdapat pada bagian daging buah plum antara lain cryptoxanthin dan zeaxanthin juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Meskipun buah plum masih belum familiar untuk kita, tapi tidak ada salahnya kita mencoba buah ini untuk merasakan kandungan antioksidannya yang bermanfaat untuk tubuh kita.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi