Buah Ini justru Menyebabkan Kita Kekurangan Vitamin

doktersehat-buah-ackee-jamaika-beracun

DokterSehat.Com– Buah selalu kita anggap sebagai makanan yang kaya vitamin. Hal ini memang terbukti oleh berbagai macam kajian dan saran dari pakar kesahatan yang menganjurkan agar kita mengonsumsi buah sebagai sumber vitamin bagi tubuh kita. Namun ternyata, ada satu jenis buah yang ternyata bisa menyebabkan kita malah kekurangan vitamin.

Buah tersebut adalah buah ackee, buah ini adalah kerabat dari leci dan kelengkeng. Buah ini disebut sebagai buah nasional Jamaika. Masyarakat di Jamaika umumnya mengonsumsi buah ini secara langsung atau dimasak menjadi menu masakan. Bahkan buah ini sering diolah dengan menjadi sebuah hidangan yaitu ackee and saltfish yang disajikan di restoran mahal di Jamaika. Lalu bagaimana bisa buah ini justru membuat orang yang mengonsumsi kekurangan vitamin?

Berdasarkan buku Ancaman Dibalik Segarnya Buah dan Sayur, buah ackee dapat menyebabkan sindrom Jamaican Vomitting Sickness (JVC) apabila kita salah dalam menentukan tingkat kematangan buah ini. Sindrom ini ditemukan pada buah ackee karena adanya kandungan asam amino hipoglisin A dan B, kedua kandungan ini masih tinggi pada biji dan daging buah ackee yang masih muda.

Sindrom JVC ini dapat mengganggu metabolisme lemak tubuh yang berefek pada menghambatnya terbentuknya energi pada tubuh sehingga tubuh kita tidak bisa memecah cadangan glukosa di hati sebagai energi. Apabila hal ini terjadi tubuh akan mengalami hipoglikemia atau kadar gula tubuh berkurang sehingga kita merasa lemas, pusing dan pingsan. Orang dengan sindrom JVC selalu mendapatkan diagnosis malnutrisi kronis hal ini disebabkan vitamin dalam tubuh yang justru berkuang saat sindrom ini menyerang tubuh kita.

Buah ackee dapat menyebabkan kerugian apabila kita mengonsumsinya pada tingkat kematangan yang tidak tepat. Buah ini akan aman untuk dikonsumsi apabila kondisinya benar-benar matang dan merekah yang ditandai dengan buah yang masih menggantung di pohon sudah membelah penuh. Buah ini memiliki tekstur mirip durian namun rasanya adalah asin gurih, banyak yang menyebutkan justru mirip seperti keju. Apa anda tertarik mencoba buah ini?