6 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah yang Aman bagi Diabetes

apel-doktersehat

DokterSehat.Com– Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang dianggap paling baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya. Hanya saja, bagi penderita diabetes, mengonsumsi buah-buahan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan gula alami di dalamnya.

Penderita diabetes sebaiknya memilih buah dengan indeks glikemik yang rendah

Setiap makanan yang kita konsumsi pasti akan memiliki indeks glikemik, termasuk buah-buahan. Sebagai informasi, indeks glikemik adalah skala yang ditujukan untuk mengukur seberapa cepat makanan ini diproses menjadi gula darah oleh tubuh. Semakin tinggi angka indeks glikemik, semakin mudah makanan ini diubah menjadi gula darah.

Memang, gula darah atau glukosa ini akan diubah menjadi energi, namun bagi penderita diabetes, kondisi kadar gula darah yang tinggi bisa jadi akan membahayakan.

Pakar kesehatan menyebut indeks glikemik yang dianggap rendah adalah yang kurang dari angka 50. Sementara itu, beberapa jenis makanan dengan indeks glikemik lebih dari 70 dianggap tinggi dan bisa membahayakan kondisi tubuh jika dikonsumsi dengan berlebihan, khususnya bagi penderita diabetes. Sayangnya, ada cukup banyak buah-buahan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi atau sedang.

Buah-buahan dengan Indeks Glikemik Rendah

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis buah-buahan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Buah-buahan ini tentu tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat pada penderita diabetes.

Berikut adalah buah-buahan tersebut.

  1. Buah apel

Apel memiliki nilai indeks glikemik hanya 39 sehingga tidak akan memicu lonjakan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu, kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi justru bisa membantu penderita diabetes tetap sehat.

  1. Jeruk

Jeruk hanya memiliki nilai indeks glikemik sebanyak 40. Sebagaimana buah dari keluarga sitrus pada umumnya, jeruk juga tinggi kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan yang justru bisa membuat penderita diabetes menjadi semakin sehat.

  1. Buah pir

Buah pir yang menyegarkan ternyata memiliki nilai indeks glikemik hanya 38 atau lebih rendah dari apel. Hal ini berarti, buah ini cocok untuk dijadikan camilan penderita diabetes.

  1. Stroberi

Buah dengan kombinasi asam dan manis ini ternyata hanya memililki indeks glikemik sebanyak 41. Kandungan antioksidan di dalam stroberi yang sangat tinggi bisa membuat penderita diabetes lebih sehat.

  1. Pisang

Tak disangka, pisang yang mengenyangkan ternyata hanya memiliki nilai indeks glikemik sebanyak 48. Selain bisa membantu mengendalikan kadar gula darah, kandungan kalium di dalamnya yang sangat tinggi juga bisa membuat tekanan darah dan pembuluh darah menjadi lebih sehat.

Bagaimana dengan buah-buahan lainnya?

Beberapa jenis buah-buahan lain terkadang memiliki indeks glikemik dengan angka yang jauh lebih dari aman bagi penderita diabetes. Buah-buahan ini sebaiknya dibatasi atau bahkan benar-benar dihindari demi mencegah lonjakan kadar gula darah.

Sebagai contoh, semangka ternyata memiliki indeks glikemik 72 yang berarti bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak tentu bisa berbahaya.

Selain itu, penderita diabetes juga sebaiknya menghindari buah-buahan yang dikeringkan atau dikemas dalam kaleng. Meskipun terbuat dari buah asli, dalam realitanya buah-buahan ini telah mendapatkan tambahan gula atau garam yang sangat tinggi. Padahal, keberadaan garam dan gula ini bisa membuat kondisi kesehatan penderita diabetes memburuk.

Mereka juga sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi jus buah karena kini banyak jus buah yang diberi tambahan gula yang bisa membahayakan kondisi kesehatannya.