DokterSehat.Com– Anda sudah dengar tentang berita tentang buah melon berbakteri dari Australia? Belakangan ini publik digemparkan dengan berita buah rock melon (cantaloupe) dari Australia yang tercemar bakteri listeria.



Pemerintah Australia memberikan konfirmasi resmi pada Badan Karantina Pertanian (Barantan) Indonesia bahwa buah melon hasil produksi Australia tersebut berbakteri dan telah menyebabkan kematian 3 orang warga Australia.

Kondisi ini tentu membuat kita khawatir. Bagaimana tidak, mengonsumsi buah adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan zat gizi, yaitu vitamin dan mineral untuk tubuh kita. Sedangkan buah melon, baik lokal maupun impor adalah salah satu jenis buah yang cukup mudah kita peroleh di pasaran. Lalu harus bagaimana?

Menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis dalam bukunya Jus Super Ajaib tentang memilih buah yang baik, kandungan gizi buah-buahan impor tidak sebaik buah-buahan lokal. Hal ini disebabkan buah impor memembutuhkan penyimpanan lebih lama dan umumnya mengalami proses pengawetan.

Buah impor membutuhkan waktu dan berbagai proses untuk distribusinya, dimana kondisi ini dapat menyebabkan penyimpanan yang lama dan ketidaksesuaian suhu selama penyimpanan. Hal tersebut akan menyebabkan sebagaian vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayur teroksidasi.

Selain itu, pada buah impor teridentifikasi mengandung formalin dan pestisida yang pemberiannya dilakukan untuk tujuan memperpanjang daya simpan.

Maka dari itu kita sebaiknya mengonsumsi buah-buahan yang lebih aman dan sehat, yaitu buah-buahan lokal. Dibandingkan dengan buah impor, buah lokal tentu tidak melalui dan proses distribusi dan pengawetan yang terlalu lama sehingga kandungan gizinya lebih terjaga.

Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Barantan, Banun Harpini M.Sc, bahwa buah lokal seperti manggis, sirsak, mangga indramayu dan buah lokal lainnya adalah pilihan terbaik untuk kita. Ia menambahkan bahwa produksi buah lokal kita kaya nutrisi dan yang layak konsumsi.

Jadi, kini kita tidak perlu khawatir lagi, jika ingin mengonsumsi melon yang aman, pilih saja melon lokal.