Terbit: 14 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes memang harus cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Jika sampai mereka mengonsumsi makanan yang tinggi kalori atau gula, maka risiko untuk mengalami kenaikan gula darah atau komplikasi pun meningkat. Hanya saja, apakah hal ini berarti mereka juga harus berhati-hati saat makan buah mengingat banyak buah dengan rasa yang manis?

7 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Beberapa jenis buah yang tidak boleh sembarangan dikonsumsi penderita diabetes

Pakar kesehatan menyebut penderita diabetes memang harus pandai-pandai memilih buah yang tepat dan mengonsumsinya dengan porsi yang pas demi mencegah lonjakan gula darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan karbohidrat di dalam sebagian buah. Selain itu, ternyata ada beberapa jenis buah yang memiliki nilai indeks glikemik tinggi. Jika sembarangan dimakan, kadar gula darah bisa naik dengan cepat dan membahayakan kondisi tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis buah yang sebaiknya dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes.

  1. Mangga

Salah satu buah lokal yang paling digemari masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan menyegarkan ini ternyata tidak boleh sembarangan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Masalahnya adalah, kenikmatan mangga bisa membuat kita memakannya dalam jumlah yang banyak. Padahal, di dalam satu buah mangga saja kita sudah bisa mendapatkan karbohidrat sebanyak 30 gram dan gula sebanyak 26 gram. Hal ini tentu bisa membahayakan penderita diabetes, bukan?

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes membatasi konsumsi mangga maksimal setengah porsi saja. Pastikan bahwa mangga yang dikonsumsi tidak terlalu matang karena indeks glikemiknya biasanya sangat tinggi dan bisa meningkatkan kadar gula darah naik dengan sangat cepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Anggur

Anggur ternyata memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jika kita makan sebutir anggur dengan ukuran kecil saja, maka kita sudah mendapatkan 1 gram karbohidrat. Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk membatasi konsumsi anggur maksimal 15 butir sehari. Hanya saja, pastikan untuk meminta saran pada dokter demi mengetahui porsi makan anggur yang aman.

  1. Nanas

Nanas yang sering dijadikan campuran rujak ini ternyata juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Hal ini berarti, makan nanas dengan sembarangan bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah dengan cepat. Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk membatasi nanas maksimal setengah cangkir saja. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi nanas kalengan karena biasanya sudah memiliki tambahan gula yang cukup banyak.

  1. Pisang

Pisang bisa memberikan sensasi kenyang setelah dikonsumsi. Kandungan potasiumnya yang tinggi juga baik bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, pisang ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga sebaiknya tidak sembarangan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Mereka juga sebaiknya membatasi konsumsi buah ini maksimal setengah buah saja demi mencegah kenaikan gula darah.

  1. Buah ceri

Beberapa jenis buah ceri ternyata bisa menyebabkan kenaikan gula darah dengan cepat jika sembarangan untuk dikonsumsi. Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk meminta saran ke dokter demi memastikan apakah mereka masih boleh mengonsumsi buah ini atau tidak.

  1. Buah kering

Meski bahan utamanya adalah buah, buah kering layaknya kismis ternyata memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang sangat tinggi. Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk menghindari buah ini sebagai camilan.

  1. Jus buah

Tak disangka, jus buah ternyata sangat tidak direkomendasikan bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan gula di dalamnya. Apalagi jika jus buah ini adalah jus kemasan yang dijual di swalayan. Kandungan gulanya bisa membahayakan penderita diabetes!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi