10 Buah Berkalori Tinggi yang Cocok untuk Menaikkan Berat Badan

buah-kalori-tinggi-doktersehat

DokterSehat.Com – Ada dua jenis orang di dunia ini, pertama yang mudah sekali mengalami kenaikan berat badan dan mereka yang sulit. Mereka yang muda mengalami kenaikan berat badan biasanya makan terlalu banyak dan over kalori bisa menjadi lemak. Sebaliknya yang susah naik berat badan, makan agak banyak, kadang tidak mendapatkan kenaikan berat badan.

Buah yang menaikkan berat badan

Salah satu trik untuk menaikkan berat badan adalah dengan menaikkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalau jumlah kalori yang masuk ke tubuh banyak dan selalu surplus, kemungkinan terjadi kenaikan berat badan akan besar. Oleh karena itu Anda yang terlalu kurus dan susah menaikkan berat badan, berikut cemilan buah sehat yang harus dikonsumsi.

  1. Pisang

Pisang adalah salah satu sumber kalori yang sangat besar dari kelas buah-buahan dan memiliki rasa nikmat. Pisang juga bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi apa pun baik minuman hingga makanan. Satu buah pisang ukuran sedang dengan berat sekitar 115 garn mengandung setidaknya 105 kalori dan mayoritas kalori itu berasal dari karbohidrat, sebanyak 27 gram.

Mengonsumsi pisang juga akan membuat Anda mendapatkan vitamin A dan C yang meningkatkan daya tahan. Selanjutnya, pisang juga mengandung potasium yang baik untuk menjaga tekanan darah agar selalu normal dan pada pria bisa meningkatkan kesuburan. Pisang bisa dimakan setiap hari sebagai camilan atau pengganjal perut sebelum tidur.

  1. Daging kelapa

Kelapa adalah salah satu sumber dari lemak yang sangat alami dan menyehatkan. Selain itu, kelapa juga mengandung banyak karbohidrat. Dua kombinasi ini membuat daging kepala menjadi berkalori tinggi. Sekitar 28 gram daging kelapa mengandung 99 kalori yang terdiri dari 9,4 gram lemak da 4,3 protein. Sisanya ada protein dan serat.

Daging kepala bisa digunakan menjadi berbagai jenis makanan atau minuman. Anda bisa membuat kelapa jadi serbuk lalu dikeringkan untuk ditabur di kue. Atau dibuat semacam smoothies dengan beberapa buah dan susu. Daging kelapa yang bisa dikonsumsi secara langsung dan masih enak biasanya yang tidak terlalu muda dan tua.

  1. Alpukat

Ada beberapa alasan mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi alpukat secara rutin kalau ingin menaikkan berat badan. Pertama, kandungan kalorinya sangat tinggi per 100 gram buah kupas. Anda bisa mendapatkan sekitar 161 kalori dengan lemak mendominasi 15 gram lalu disusul karbohidrat dan serat yang tinggi.

Dalam alpukat juga mengandung beberapa vitamin seperti potasium, vitamin K, C, B5, dan B6. Anda bisa menggunakan alpukat untuk membuat jus atau puree. Tambahkan buah lain atau cukup dengan susu. Beberapa orang ada yang menggunakan alpukat untuk membuat semacam salad atau dicampur dengan protein lainnya.

  1. Mangga

Alternatif dari pisang yang bisa dimakan dan menyuplai cukup banyak kalori ke tubuh adalah mangga. Buah mangga mengandung banyak karbohidrat dan rasanya masih nikmat. Buah ini bisa dibuat menjadi apa saja mulai dari jus, smoothies, es krim, hingga langsung dimakan.

Dalam 165 gram mangga mengandung sekitar 99 kalori. Sebagian besar kalori berasal dari karbohidrat lalu sisanya serat dan protein. Selain karbohidrat, mangga yang jenisnya ada banyak ini juga mengandung vitamin B, A, dan E. Anda bisa mengonsumsi mangga setiap hari kalau membutuhkan cemilan.

  1. Kurma

Kurma dikenal sebagai buah yang memberikan suplai kalori dalam jumlah banyak dan instan. Itulah kenapa buah ini dalam kondisi kering atau segar direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Anda bisa makan buah ini kapan saja secara langsung atau dicampur susu dan buah untuk smoothies. Satu takaran saji atau 24 gram kurma mengandung 67 kalori.

  1. Buah Tin kering

Buah tin bisa dikonsumsi dalam kondisi segar, setengah kering, atau kering. Buah yang sudah kering mengandung kalori yang jauh lebih banyak karena terkonsentrasi dan menjadi sangat manis. Satu takaran saji buah tin mengandung 70 kalori dan hampir semua berasal dari karbohidrat.

  1. Kismis

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan cenderung memiliki rasa asam dan sedikit manis. Meski demikian, buah kering ini memiliki kalori yang banyak per satu takaran sajinya. Sekitar 28 gram buah anggur kering ini mengandung 85 kalori dan semuanya berasal dari karbohidrat. Kismis juga masih mengandung mangan, magnesium, dan vitamin B.

  1. Aprikot kering

Aprikot kering memiliki cukup banyak kalori per satu takaran saji atau 28 gram. Dalam satu takaran saji terdapat 67 kalori dan semuanya berasal dari karbohidrat. Aprikot kering mengandung kalori tinggi karena kadar airnya rendah dan nutrisinya lebih terkonsentrasi. Konsumsi aprikot untuk kesehatan kulit dan mata.

  1. Buah batu

Buah batu yang dimaksud di sini adalah apel dan pir. Dua buah ini juga memiliki kalori tinggi dan cocok untuk camilan sehat. Kandungan karbohidrat dan serat dua buah ini cukup tinggi dan bisa dikonsumsi setiap hari. Anda bisa mengolahnya jadi makanan atau dimakan langsung.

  1. Blueberry

Satu takaran saji dari blueberry mengandung sekitar 85 kalori dan hampir semuanya berasal dari karbohidrat. Anda bisa makan blueberry dalam kondisi segar atau diolah menjadi berbagai jenis makan. Kandungan antioksidannya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Inilah ulasan tentang beberapa cemilan buah berkalori tinggi yang bisa membantu Anda dalam menaikkan berat badan. Nah, dari beberapa ulasan di atas, kira-kira buah mana saja yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari secara rutin? Semoga ulasan di atas bisa menjadi salah satu alternatif menaikkan berat badan daripada makan sembarangan.