Mudah Diperoleh, Makin Awet Muda dengan Makan 3 Buah Ini

Manfaat biji alpukat bagi kesehatan

DokterSehat.Com– Apakah hanya beranggapan bahwa buah hanya mampu memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan saja? Jika iya, maka Anda sebaiknya mulai melirik manfaat lain luar biasa yang bisa diperoleh bagi buah, yaitu untuk membuat tubuh jadi makin awet muda.

Ya, konsumsi buah dengan jenis tertentu ternyata mampu memberikan manfaat untuk tubuh berupa tubuh menjadi tampak makin awet muda.

Hal ini tentu menarik untuk diketahui mengingat jenis buah yang mampu memberikan manfaat awet muda adalah buah yang tergolong mudah diperoleh, lho.

mengencangkan-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Penasaran buah apa saja yang mampu memberikan manfaat beruapa efek awet muda untuk tubuh? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan zat dan gizi pada buah yang mampu membuat awet muda

Sebagian besar buah pasti memiliki kandungan gula alami, vitamin, mineral, serat, cairan dan antioksidan yang semuanya sangat bermanfaat untuk tubuh.

Dari berbagai jenis buah tersebut, ada beberapa kandungan zat yang vital dalam memberikan manfaat berupa anti penuaan.

masker-buah-untuk-kulit-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/
Trang Doan

Manfaat tersebutlah yang mampu memberi efek awet muda pada tubuh. Zat pada buah yang bisa memberikan efek anti penuaan dini adalah:

  • Antioksidan
    Salah satu manfaat utama antioksidan adalah melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. 

    Radikal bebas adalah salah satu zat berbahaya yang membawa efek penuaan dini dalam tubuh, sehingga antioksidan merupakan zat vital yang harus dipenuhi kebutuhannya untuk melawan penuaan dini.

    buah-program-hamil-doktersehat-1
    Designed by Freepik

    Jenis antioksidan yang mampu memberikan manfaat awet muda untuk tubuh adalah antioksidan jenis antosianin, likopen, dan karotenoid.

  • Vitamin C dan EVitamin C dan E adalah jenis zat gizi atau vitamin dengan kandungan antioksidan yang paling tinggi. Hal ini membuat pemilihan buah yang bisa membuat awet muda haruslah buah yang mengandung banyak vitamin C dan E

    Vitamin C dan E juga telah terbukti memiliki manfaat untuk kulit berupa optimalisasi produksi kolagen pada kulit.

Itu dia jenis zat dan gizi yang diperlukan untuk membuat tubuh jadi lebih awet muda. Lantas, apa saja buah yang memiliki kandungan zat dan gizi tersebut?

Jenis buah yang mampu memberikan efek awet muda bagi tubuh

Buah yang mampu memberikan efek pencegahan penuaan dini untuk tubuh adalah buah:

1. Bluberi atau jenis beri lainnya

Bluberi, blackberi, atau stroberi merupakan jenis buah yang kandungan antioksidannya paling tinggi. Hal ini tentu memberi manfaat super untuk tubuh berupa anti penuaan dini, ya.

doktersehat-blueberry-raspberry-arbeiBuah jenis beri memiliki kandungan antosianin yang telah terbukti mampu memberikan manfaat maksimal untuk kesehatan sel kulit.

Anda bisa mengonsumsi 2-3 porsi buah beri setiap hari, atau setara dengan 20 sendok makan buah jenis beri setiap harinya.

2. Buah delima

Apakah Anda penggemar buah delima? Buah yang satu ini tidak hanya cocok untuk dibuat jus atau sirup, namun juga mampu memberikan manfaat berupa kandungan vitamin C dan adanya kandungan asam elagic.

nutrisi-buah-delima-untuk-rambut-doktersehat-1
Photo Credit; Pexels.com

Kedua kandungan zat tersebut mampu memberikan manfaat untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga sangat baik untuk memberi efek anti penuaan dini bagi tubuh.

3. Buah alpukat

Buah alpukat merupakan pilihan paling tepat jika Anda ingin mendapatkan manfaat awet muda bagi tubuh.

jus-alpukat-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Kjokkenutstyr Net

Alpukat memiliki kandungan antioksidan jenis lutein dan zeaxanthin, vitamin E dan asam lemak jenis alkohol polihidroksi lemak.

Kombinasi kandungan zat tersebut mampu melindungi sel kulit dan memberikan perlindungan maksimal bagi kulit.