Terbit: 13 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagai warga Indonesia, kita memang patur bersyukur karena dibesarkan di kawasan yang subur dan dipenuhi banyak tanaman berkhasiat. Tak perlu bingung mencari bumbu dapur untuk membuat makanan jadi lezat. Anda juga tak akan susah mendapatkan berbagai macam tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, segala tanaman yang bisa menunjang kecantikan pun bisa didapatkan di negeri kita.

Buah Asam Bisa Mengatasi Rambut Berminyak, Begini Caranya

Di antara sekian banyak tanaman, buah asam adalah salah satu yang cukup istimewa. Pasalnya, buah yang juga dikenal dengan nama tamarind ini tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, namun juga memiliki khasiat luar biasa di dunia kesehatan dan kecantikan. Bahkan, buah dengan rasa asam ini juga dapat membantu mengatasi masalah rambut berminyak.

Salah satu manfaat buah asam yang akan kita bahas kali ini adalah kegunaannya untuk mengatasi rambut dan kulit kepala berminyak. Jika dilakukan dengan baik, benar, dan teratur, maka segala macam masalah minyak di atas kepala akan musnah dalam waktu singkat. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, sediakan bahan-bahannya, yaitu dua sendok makan buah asam, satu sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok teh buttermilk. Bahan-bahan tersebut bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Setelahnya, Anda tinggal membuat campurannya.

Campurkan semua bahan, buah asam, buttermilk, dan minyak zaitun dalam wadah. Aduk hingga menjadi pasta yang tercampur sempurna. Setelahnya, Anda tinggal menggunakan pasta tersebut pada rambut. Balurkan dengan sempurna, sambil dipijat selama kurang lebih 5-10 menit. Jika dirasa sudah cukup merata, tinggalkan sebentar. Jika berkenan, Anda bisa menggunakan plastic cap agar pasta tidak mengotori baju dan benda lainnya yang ada di sekitar Anda.

Setelah didiamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas rambut hingga bersih. Jangan lupa gunakan sampoo dan kondisioner untuk hasil terbaik. Ulangi proses tersebut setidaknya seminggu sekali agar hasilnya semakin cepat terlihat. Cara ini sangat aman, mudah, namun memberikan dampak yang efektif. Selain itu, jagalah rambut dari panas matahari agar tidak mudah kering dan rapuh. Selamat melakukan perawatan rambut!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi