Terbit: 13 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal kecantikan, kadang kita hanya terpaku pada skincare modern yang menggunakan bahan dasar kimia. Kalau bukan skincare, perhatian kita sudah terpusat pada treatment dokter yang pastinya akan memakan cukup banyak biaya. Kita kadang lupa bahwa ada bahan alami yang lebih aman dan punya khasiat tak kalah ampuh dari treatment modern.

Manfaat Buah Asam untuk Mencegah Kerontokan Rambut

Bahkan bumbu dapur pun kadang memiliki khasiat menakjubkan untuk kecantikan. Salah satunya buah asam, yang tak hanya baik untuk perawatan kulit, namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Buah yang juga dikenal dengan nama tamarind ini punya kemampuan mencegah kerontokan rambut. Kandungan vitamin di dalamnya ternyaa cukup ampuh untuk mengatasi segala masalah yang berhubungan dengan rambut. Cara penggunaannya pun tidak terlalu rumit. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Pertama-tama sediakan setidaknya 15 gram buah asam, yang kira-kira besarnya sama dengan buah lemon. Rendam dalam air panas selama kurang lebih 10 menit, kemudian ambil air ekstraknya. Ekstrak tamarind ini bisa Anda gunakan sebagai masker rambut.

Caranya, usapkan dengan lembut ke kulit kepala dan rambut. Sementara itu, celupkan handuk ke dalam air panas, kemudian peras. Handuk panas ini Anda gunakan untuk membungkus rambut dan kulit kepala. Setelahnya, diamkan selama satu setengah jam.

Setelah cukup, maka buka handuk dan bilas rambut hingga bersih. Sebaiknya Anda menggunakan sampoo agar rambut benar-benar bersih. Setelahnya, jangan lupa gunakan kondisioner. Lakukan perawatan ini secara teratur, dan perlahan kerontokan rambut akan berkurang.

Jika dilakukan dengan baik dan benar, perawatan rambut ini tentunya juga akan membawa hasil yang indah untuk penampilan Anda. Jangan lupa juga untuk menjaganya dari sinar matahari agar tidak mudah patah. Selain buah asam, Anda juga bisa memadukannya dengan bahan lain seperti kemiri dan madu.

Itulah cara mudah untuk merawat rambut dengan menggunakan buah asam. Jangan hanya fokus pada perawatan kulit, rambut Anda pun juga perlu perawatan. Karena rambut kusam tentunya juga akan membuat kepercayaan diri menjadi berkurang.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi