Terbit: 9 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jerawat memang sudah jadi public enemy bagi semua orang. Keberadaannya tak hanya mengganggu penampilan, namun juga kerap disertai rasa sakit akibat pembengkakan dan iritasi. Tidak heran jika semua orang ingin mengusirnya jauh-jauh dari kehidupan.

Buah Asam dan Kunyit, Cara Cepat Usir Jerawat dari Hidupmu

Cara paling cepat mengusir jerawat mungkin adalah dengan melakukan treatment dari dokter. Namun selain karena risiko terkena paparan bahan kimia, cara ini juga membuat kita harus menyiapkan banyak dana. Ditambah lagi, proses penghilangan jerawat juga kerap menimbulkan bekas yang tidak nyaman dilihat.

Padahal, ada cara yang lebih aman untuk menghilangkan masalah jerawat, yaitu dengan menggunakan bahan alami. Selama ini, kita mengenal banyak bahan untuk mengatasi masalah ini. Dari sekian banyak bahan alam yang punya kekuatan melawan jerawat, salah satu yang patut dicoba adalah dengan menggunakan buah asam, atau juga dikenal dengan nama tamarind. Jika dipadukan dengan kunyit, maka dua bumbu dapur ini akan memberikan manfaat luar biasa untuk mengusir jerawat.

Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan, antara lain buah asam dan kunyit yang masing-masing sebanyak 1 sendok makan dan setengah sendok makan. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan satu sendok makan yogurt. Masing-masing bahan ini memang dikenal mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat.

Setelahnya, campurkan semua bahan, dan pastikan tercampur dengan sempurna. Jika sudah, balurkan ke wajah dan bagian lain yang ditumbuhi jerawat. Biarkan hingga mengering, kurang lebih 15 hingga 20 menit. Jika sudah kering, bilang dengan air hangat dan keringkan. Jangan lupa menggunakan moisturizer agar kelembaban kulit tetap terjaga. Lakukan seminggu sekali dan jerawat akan perlahan memudar.

Nyatanya, masker home-made tidak hanya cocok untuk menghilangkan jerawat. Jika digunakan secara teratur, wajah Anda akan ternutrisi dengan baik sehingga tampak lebih glowing. Pasalnya, buah asam memang mengandung vitamin A dan C yang merupakan nutrisi alami untuk kulit lebih cantik dan sehat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi