Buah Apel Makin Sehat jika Dikonsumsi Bersama 3 Makanan Ini!

doktersehat-masker-cokelat
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar buah apel? Buah yang satu ini memang cukup mudah diperoleh di pasaran maupun supermarket dan umumnya selalu tersedia sepanjang tahun.

Hal ini membuat apel menjadi salah satu jenis buah yang banyak dipilih sebagai buah harian.

Lazimnya, apel hanya dikonsumsi sebagai buah tunggal atau dibuat sebagai jus, ya. Akan tetapi, tahukah Anda jika buah apel bisa jadi lebih sehat jika dikonsumsi dengan bahan makanan atau buah lain?

Ya, ternyata buah apel, yang termasuk dalam salah satu buah padat gizi ini bisa menjadi super sehat jika dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang juga cukup mudah kita peroleh.

Penasaran apa saja bahan makanan yang membuat buah apel menjadi makin sehat, yuk sama-sama kita simak di bawah ini!

Kandungan fitonutrien pada buah apel

Buah apel merupakan buah yang banyak mengandung vitamin, mineral, serat dan fitonutrien. Kombinasi kandungan zat penting yang ada pada buah apel tersebut membuat buah apel sendiri menjadi pilihan bahan makanan yang sehat.

apel-merah-atau-apel-hijau-doktersehat
Photo Credit: Apple and Pear Australia Ltd

Beberapa jenis zat gizi yang ada pada buah apel, utamanya fitonutrien yang unggul pada buah apel, yaitu jenis qurcentin, membuat buah apel menjadi bisa lebih sehat jika dikonsumsi bersama dengan bahan makanan lain.

Perlu diketahui, querentin adalah salah salah satu jenis antioksidan flovonoid, yang termasuk dalam antioksidan jenis kuat dan sangat bermanfaat untuk tubuh, antara lain bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, menekan terjadinya inflamasi atau peradangan pada sel tubuh, baik untuk kesehatan jantung, meningkatka imunitas tubuh, dan tentu saja melawan kanker.

Lantas, apa saja bahan makanan yang baik jika dikonsumsi bersama dengan apel?

Berikut beberapa bahan makanan yang membuat buah apel semakin sehat:

1. Konsumsi buah apel dengan cokelat

Pernah mencoba mengonsumsi buah apel dengan cokelat? Jika belum, maka kini tambahkan cokelat pada buah apel yang Anda konsumsi, karena ternyata kombinasi ini super sehat untuk tubuh.

cokelat-dokrtersehat
Photo Credit: flickr.com

Cokelat merupakan bahan makanan yang banyak mengandung fitonutrien, salah satunya adalah jenis polifenol katekin yang bisa memberikan manfaat yang mendukung fungsi zat quercentin pada buah apel.

Anda bisa membuat apel lapis cokelat, membuat saus dari cokelat untuk apel atau mengonsumsi cokelat dan apel bersaman. Agar makin sehat, pilih cokelat jenis cokelat hitam yang memiliki kandungan antikosidan paling tinggi, ya.

2. Apel dan kacang-kacangan

Selain cokelat, kacang-kacangan juga merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung antioksidan jenis flavonoid.
masker-wajah-doktersehatMirip dengan cokelat, kandungan zat tersebut memberikan manfaat quercentin yang optimal untuk diserap dalam tubuh.

Anda bisa menambahkan selai kacang tanah di atas apel, atau mengonsumsi apel bersamaan dengan kacang-kacangan utuh.

3. Apel dengan buah beri atau buah delima

Suatu penelitian yang dipublikasikan Journal of Nutrition menyebutkan bahwa kandungan asam allegic yang tinggi pada buah beri, misalnya buah raspberi, dan buah delima, bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk mendukung fungsi kerja quercentin pada buah apel.

buah-beri-berry-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dengan mengombinasikan ketiga jenis buah ini.

Agar lebih mudah, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus. Kombinasi jus buah apel dengan raspberi atau apel dengan buah delima, tentu super nikmat dan sehat, bukan?

Nah, itu dia tiga bahan makanan yang bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah apel. Kini Anda bisa mengonsumsi buah apel dengan makin sehat dan tentu dengan cita rasa yang semakin beragam, bukan?