Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ibu menyusui membutuhkan gizi yang seimbang agar menymemerhatikan asupan gizi yang baik. Buah merupakan makanan yang penting bagi tubuh karena mengandung antioksidan, vitamin dan mineral serta serat untuk tubuh. Lalu, buah apa saja yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui?

Buah Apa Saja yang Baik Bagi Ibu Menyusui?

Buah yang baik bagi ibu menyusui

Beberapa buah pilihan untuk ibu menyusui antara lain:
1. Jeruk
Jeruk merupakan salah satu buah yang baik bagi ibu menyusui. Jeruk juga mengandung kaya akan vitamin C yang akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin C ibu menyusui. Vitamin C diperlukan bayi untuk pembentukan gigi, tulang, dan otot terutama bagi bayi yang baru lahir. Sedangkan bagi ibu menyusui, vitamin C membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui.

2. Pisang
Pisang mengandung folat dan vitamin B6 yang baik bagi gizi si kecil. Selain itu pisang juga dapat membantu menggantikan kalori yang hilang saat menyusui si kecil. Asam folat baik bagi perkembangan otak yang sehat dan baik bagi pembentukan sel darah merah dan sel darah putih.

3. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui. Ibu menyusui lebih sering lapar dari biasanya dan butuh kalori lebih banyak. Mengonsumsi alpukat dapat membantu ibu menyusui lebih kenyang tanpa perlu khawatir dengan lonjakan berat badan setelah melahirkan.

Selain itu ibu hamil memiliki kandungan asam lemak esensial seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-9 yang baik bagi pertumbuhan bayi. Alpukat juag dapat membantu menjaga kdar gula dalam darah Anda dan memenuhi asupan vitamin B, vitamin K. folat, kalium dan kebutuhan vitamin harian busui.

4. Stroberi
Anda penyuka stroberi? Ketika menyusui stroberi bisa menjadi buah pilihan Anda karena memiliki kandungan zat besi tinggi dan kaya akan vitamin C, kalsium, kalium dan magnesium.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

5. Aprikot
Aprikot juga merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi selama persalinan karena kaya akan votamin C, vitamin A, kalsium dan kalium. Selain itu aprikot juga mengandung fotoestrogen yang membantu melancarkan ASI.

Nah Mom, ternyata banyak kan pilihan buah yang sehat bagi ibu menyusui? Jangan lupa masukkan buah ke dalam menu harian Anda ya Mom!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi