Terbit: 17 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu sayuran yang paling sering kita konsumsi adalah brokoli. Sayuran ini memang memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Hanya saja, pakar kesehatan mewanti-wanti kita untuk tidak merebus brokoli. Apa alasan dari saran ini?

Ini Alasan Mengapa Brokoli Tidak Boleh Direbus

Pakar kesehatan menyebut brokoli sebagai salah satu super food, makanan yang kaya akan kandungan yang menyehatkan tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan seperti vitamin, mineral, asam folat, zat besi, magnesium, antioksidan, serta berbagai macam vitamin. Selain itu, brokoli mentah juga kaya akan enzim myrosinase, enzim yang bisa membentuk senyawa sulforaphane yang bisa mencegah kanker.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa senyawa sulfarophane mampu membunuh bakteri helicobacter pylori, bakteri pemicu masalah tukak lambung dan kanker lambung. Sayangnya, jika kita merebusnya hingga 9-16 menit, maka enzim myrosinase ini bisa mengalami kerusakan dan gagal membentuk senyawa ini. Selain itu, merebusnya selama ini juga akan menghilangkan sekitar 60 persen nutrisi di dalam brokoli, khususnya vitamin.

Lantas, seperti apakah cara pengolahan brokoli yang lebih baik? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengukusnya saja. Waktu mengukus juga dibatasi agar tidak sampai melebihi 7 menit. Ada baiknya kita melakukannya sekitar 3 atau 4 menit saja. Proses pengukusan yang tidak banyak ini hanya akan menghilangkan kadar antioksidan di dalam brokoli tidak sampai 11 persen.

Hanya saja, sebelum mengolah brokoli, pastikan untuk benar-benar mencucinya dengan bersih. Selain yang ditanam dengan cara yang organik, pakar kesehatan menyebut brokoli ini biasanya memiliki kandungan pestisida yang tentu harus dibersihkan terlebih dahulu agar tidak sampai masuk ke dalam tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi