Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ada beberapa faktor yang memengaruhi kesehatan penis secara menyeluruh. Pertama adalah kebiasaan pria dalam mencuci kemaluan ini. Kalau pria jarang mencucinya saat kencing, masalah bisa saja muncul. Kedua adalah penyakit menular seks yang bisa didapatkan dari hubungan seks yang tidak sehat.

Brief atau Boxer, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Penis?

Selanjutnya, kesehatan penis juga ditentukan dari celana dalam yang dipakai. Celana dalam yang sering dipakai oleh pria bisanya berjenis brief atau boxer. Dua celana dalam ini dipilih karena mudah didapat dan memberikan kenyamanan.

Nah, kira-kira di antara boxer dan brief ini mana yang lebih baik?

Fungsi dari boxer

Boxer memiliki fungsi untuk memberi ruangan di dalam celana. Berbeda dengan celana dalam lain yang lebih sempit, brief lebih lebar sehingga cocok untuk mereka yang mudah berkeringat. Selain itu pria dengan tubuh badan besar juga cocok untuk menggunakan pakaian dalam ini.

Boxer juga bisa dipakai untuk tidur. Area penis akan lebih segar sehingga bau tidak sedap yang sering keluar tidak akan muncul lagi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Fungsi dari brief (sempak)

Brief atau sering dikenal dengan nama sempak ini memiliki ukuran lebih kecil dengan potongan pendek. Dibandingkan dengan boxer, sempak cenderung lebih sempit dan menempel ke tubuh dengan sempurna.

Meski sempak memberi sedikit ruangan, celana dalam ini cocok untuk Anda yang aktif bergerak dan olahraga. Potongannya yang pendek akan mengurangi gesekan di dalam celana.

Mana yang lebih baik?

Jadi, mana yang terbaik? Keduanya sama-sama baik dan bisa digunakan. Untuk mendapatkan manfaat dari keduanya, gunakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu penis tetap bisa sehat dan gangguan tidak berarti bisa dihindari.

Terpenting dari semuanya, gantilah celana dalam secara rutin setiap hari. Kalau malas ganti celana dalam, mau pakai jenis apa pun tetap berisiko membuat penis jadi bermasalah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi