Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal perawatan kulit secara tradisional, tentu hal tersebut berkaitan dengan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah borage oil yang sudah digunakan untuk merawat kulit sejak ratusan tahun yang lalu.

Mengenal Borage Oil dan Manfaatnya untuk Kulit

Borage oil adalah salah satu minyak esensial yang dihasilkan dari ekstraksi bunga dengan nama latin Borago Officinalis. Dilansir dari laman milik Dr. Axe, borage oil juga dikenal sebagai salah satu minyak esensial yang ampuh dalam mengatasi peradangan pada kulit.

Kendati demikian, ternyata borago oil juga memiliki sejumlah khasiat seperti berikut.

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Salah satu kandungan borago oil adalah fatty acid. Zat aktif satu ini sangat penting karena berperan untuk menjaga kelembapan kulit. Tidak heran jika borage oil juga kerap disarankan untuk Anda yang tengah memiliki masalah dengan kulit kering.

Lebih lanjut, khasiat borage oil tidak hanya ampuh dalam menjaga kulit tetap lembap, tetapi juga dapat mengembalikan kelembapan kulit secara optimal. Tidak heran jika borago oil biasa digunakan untuk mengatasi masalah eksim, psoriasis atau pun breakout.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Meredakan Jerawat

Kandungan omega-3 dan omega-6 pada borage oil ternyata dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alami untuk meredakan masalah peradangan kulit. Ini juga termasuk peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Tidak heran jika mengoleskan borage oil pada kulit yang berjerawat, maka akan mempercepat proses penyembuhan kulit berjerawat.

3. Mencegah Keriput

Kandungan antioksidan pada borage oil ternyata juga menjadikan minyak satu ini sebagai salah satu bahan alami yang cukup menjanjikan. Ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang tengah bermasalah dengan munculnya garis-garis halus pada kulit wajah.

Sebagai tambahan informasi, antioksidan merupakan zat aktif yang berperan dalam melindungi kulit secara optimal dari dampak buruk radikal bebas. Tidak hanya membentuk lapisan pelindung agar sinar UV tidak merusak sel-sel kulit, antioksidan juga merangsang pembentukan kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.

Melihat banyaknya khasiat borage oil, tidak heran jika minyak satu ini menjadi salah satu referensi minyak esensial yang direkomendasikan untuk merawat kulit. Bahkan borage oil juga kerap menjadi bahan pelengkap pada beberapa produk perawatan kulit, khususnya untuk kulit kering, berjerawat dan produk anti penuaan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi