Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menyemprotkan parfum pada bagian tubuh tertentu memang ampuh dalam menjaga keawetan aromanya. Bahkan, banyak orang yang nekat menyemprotkan parfum pada rambut. Kendati mengeluarkan aroma yang lebih kuat, ternyata cara satu ini sangat tidak dianjurkan karena berpotensi menimbulkan sejumlah masalah kesehatan untuk rambut mau pun kulit kepala Anda.

Bolehkah Menyemprot Parfum pada Rambut?

Rambut dan Kulit Kepala Jadi Kering

Salah satu dampak penyemprotan parfum pada rambut adalah menjadikan rambut atau kulit kepala kehilangan kelembapannya. Hal ini lantaran parfum menggunakan alkohol sebagai bahan utamanya. Dilansir dari laman The Cosmetist, alkohol merupakan bahan kimia yang mudah menguap dan menghilangkan kelembapan sel kulit atau sel rambut dalam waktu singkat. Kondisi yang demikian tentu saja tidak baik, mengingat rambut atau kulit kepala yang kering dapat menyebabkan sejumlah masalah. Mulai dari rambut bercabang hingga kerontokan rambut.

Hindari Menyemprotkan Langsung pada Rambut

Namun, penggunaan parfum pada rambut masih bisa diakali dengan cara lain yang lebih aman. Anda dapat menyemprotkan parfum pada sisir dibanding menyemprotkannya secara langsung pada rambut. Cara lainnya adalah dengan berjalan ke arah yang sebelumnya sudah disemprot dengan parfum. Cara tersebut terbilang lebih aman bagi kesehatan rambut dan kulit kepala karena parfum yang menempel, terutama alkohol akan lebih sedikit.

Gunakan Parfum Alcohol-Free

Anda juga masih diperbolehkan menggunakan parfum pada rambut dengan syarat parfum tersebut tidak mengandung alkohol. Biasanya, jenis parfum satu ini memang dibuat khusus untuk parfum rambut yang banyak beredar saat ini. Selain tidak mengandung alkohol, parfum rambut biasanya dibuat dari bahan-bahan yang lebih ringan dan tidak berpotensi merusak kesehatan rambut atau pun kulit kepala.

Penggunaan parfum pada rambut ternyata tidak boleh sembarangan. Terutama jika Anda berniat menyemprotkan parfum regular yang kandungan alkoholnya tinggi. Namun, untuk membuat rambut tetap wangi, Anda dapat menggunakan parfum khusus rambut yang terbebas dari kandungan alkohol sehingga aman bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi