DokterSehat.Com– Setelah melahirkan, banyak ibu yang ingin segera mengembalikan tubuhnya ke bentuk semula. Karena itu tidak jarang banyak para ibu yang kembali berolahraga beberapa lama setelah melahirkan. Beberapa pilihan olahraga yang banyak diminati adalah jalan kaki, berenang dan yoga. Namun amankah melakukan yoga setelah persalinan caesar?

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

Kapan boleh berolahraga setelah melahirkan?

Melahirkan merupakan momen yang menguras tenaga bagi seorang ibu. Baik ibu yang menjalani persalinan normal dan persalinan caesar sama-sama membutuhkan waktu untuk pemulihan. Namun ibu yang mengalami persalinan cengan operasi caesar perlu menjalani masa pemulihan lebih lama terkait dengan luka jahitan yang cukup dalam.

Operasi caesar dalah operasi besar yang dapat menyebabkan ibu kehilangan darah cukup banyak, dan sayatan operasi tersebut juga cukup besar sehingga sebaiknya ibu tidak melakukan banyak aktivitas berat ketika masa pemulihan.

Dikutip dari Baby Center, ibu yang menjalani operasi caesar disarankan menunggu hingga 8 minggu untuk memulai olahraga. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk berolahraga, ibu melakukan konsultasi dulu dengan dokter atau instruktur yoga.

Manfaat yoga setelah operasi caesar

Beberapa manfaat yoga setelah melahirkan antara lain:
1. Yoga membantu proses pemulihan.
2. Yoga dapat membantu mengembalikan kelenturan badan dan memperkuat otot
3. Yoga dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres yang dapat menjauhkan Anda dari baby blues

Tips melakukan yoga setelah operasi caesar

Meskipun Anda sudah mendapat lampu hijau untuk melakukan operasi caesar, namun Anda tetap berhati-hati saat melakukan gerakan yoga. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan lakukan gerakan yoga secara bertahap, mulai dari gerakan dasar atau yang paling mudah. Selain itu, hentikan jika terjadi keluhan atau muncul infeksi pada luka jahitan. Yang terpenting, pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi setelah berolahraga.

Selamat berolahraga!