Terbit: 22 Maret 2018 | Diperbarui: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Air kelapa dikenal luas sebagai salah satu minuman yang paling menyegarkan untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Namun, minuman ini memiliki rasa yang manis sehingga banyak penderita diabetes yang akhirnya ragu untuk mengonsumsinya.

Bolehkah Penderita Diabetes Minum Air Kelapa?

Dikutip dari The Health Site, air kelapa kaya akan kandungan elektrolit, potasium, dan berbagai nutrisi lainnya. Air kelapa juga rendah kalori sehingga dianggap aman bagi penderita diabetes atau mereka yang sedang dalam program diet. Hanya saja, menurut Dr. Pradeep Gadge dari Shreya Diabetes Centre, Mumbai, India, memberikan pendapat yang sedikit berbeda akan hal ini.

Menurut Dr Gadge, penderita diabetes boleh-boleh saja minum air kelapa asalkan kadar gula dalam tubuhnya telah dikendalikan dengan baik. Mereka juga tidak disarankan untuk meminumnya setiap hari karena dikhawatirkan bisa menaikkan kadar gula darah yang tentu akan memperparah masalah kesehatannya.

Dr. Gadge menyebutkan bahwa penderita diabetes dan gangguan ginjal kronis sebaiknya berhati-hati dalam minum air kelapa. Meskipun termasuk dalam minuman alami, air kelapa kaya akan kandungan potasium yang bisa memengaruhi kondisi darah dan organ-organ tubuh dengan signifikan. Bahkan, jika kandungan potasium ini berlebihan, bisa saja memicu komplikasi berupa denyut jantung tidak teratur atau gagal ginjal.

Penderita diabetes rata-rata ternyata sudah mengalami penurunan fungsi ginjal dengan signifikan. Jika konsumsi air kelapa dilakukan dengan sembarangan, hal ini tentu bisa memengaruhi kesehatannya dengan fatal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, penderita diabetes memang sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter jika ingin mengonsumsi makanan atau minuman tertentu sehingga tidak akan mengalami dampak buruk dari apa yang Ia konsumsi.

Kalau Sobat Sehat biasanya minum air kelapa murni atau yang sudah ditambahi sirup atau gula?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi